Destinasi Wisata di Kyoto Jepang

29+ Destinasi Wisata di Kyoto Jepang Paling Terkenal

Kyoto adalah sebuah kota yang terletak di pulau Honshu, Jepang. Kyoto berada di selatan dari Prefektur kyoto. Dalam kota ini ada beberapa sungai dibagian timur Kamogawa, di barat Katsurgawa, di selatan Ujigawa. Artikel ini akan membahas wisata di Kyoto.

Dikelilingi oleh pegunungan menyebabkan iklimnya bersifat darat. Perubahan iklim antara siang dan malam pun sangat terasa. Bagian-bagian pusat di kota di desain kotak-kotak seperti papan catur. Dan setiap jalanpun memiliki nama sendiri-sendiri.

Baca juga: 33+ Tempat Wisata di Osaka Jepang

Untuk budaya, walaupun mengalami banyak perang, kebakaran dan gempa bumi Kyoto masih memiliki kebudayaan yang terjaga. Kyoto memiliki 2000 kuil Shinto dan Budha, ditambah dengan beberapa taman, istana dan peninggalan arsitektur lain. Warisan sejarah Kyoto kuno merupakan peninggalan sejarah yang tercatat dan ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Untuk transportasi stasiun kereta api menjadi pusat transportasi di kota ini. Stasiun kereta apa Kyoto adalah stasiun kereta api terbesar kedua di Jepang. Stasiun ini juga dilengkapi dengan pusat perbelanjaan dan yang paling besar yang bisa kalian kunjungi yaitu ISETAN.

Kyoto bisa kalian tempuh dengan kereta Shinkansen selam 2 jam dari Tokyo, dan 15 menit dari Osaka. Stasiun ini juga dihubungkan langsung dengan beberapa jalur lokal kereta bawah tanah.

Jika untuk transportasi di dalam kota kalian bisa menggunakan bus. Bus menyebar luas dan menjangkau hampir seluruh kota. Terminal bus juga ada yang letaknya di depan stasiun kereta api. Sistem tarif bus adalah satu tarif baik tujuan jauh atau dekat. Selain itu tiketnya juga dapat digunakan selama satu hari bebas untuk bus yang berada di dalam kota.

Untuk wisata kuliner di Kyoto, kalian bisa mencoba Kyoto Kaiseki. Kyo Kaiseki adalah makanan jepang yang cocok disantap di 4 musim. Namun harga kaiseki ini cukup mahal , tapi kebanyakan berkisar 15.000-40.000 Yen perorang dan belum termasuk minuman. Kaiseki sendiri memiliki arti hidangan yang indah, semua bahan makanan harus segar dan tanpa bahan pengawet.

Tempat Wisata di Kyoto

Kiyomizudera

Kiyomizudera

1-chōme-294 Kiyomizu, Higashiyama-ku, Kyoto, 605-0862, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
davond sawa
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Harus mempunyai tenaga yg cukup utk dapat menuju kuil ini, karena jalannya menanjak, persiapkan diri utk membawa minuman, dilarang mengambil foto maupun video didalam kuil, daunnya memerah hanya ketika menuju musim dingin

baeti kholifah noviana
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

bagus, siapkan tenaga dan stamina biar waktu ksini kuat. posisi nanjak,, jalan kaki banyak turis pakai kimono… ada tempat penyewaan nya. makanan khas nya seperti moci tapi bentuk segitiga, green tea khas kyoto.

Asep Mulyadi LDN
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Tempat yg bagus dan indah untuk melihat momiji di musim gugur dan souvenir

Fushimi Inari Taisha

Fushimi Inari Taisha

68 Fukakusa Yabunouchichō, Fushimi Ward, Kyoto, 612-0882, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Leo Lefkas
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Tempat yang sejuk dan indah, sebisa mungkin jangan berkunjung saat weekend, karena sangat ramai, persiapkan budget cash anda, karena banyak makanan tradisional dijual disini!!

Afri Farina
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Temple besar dan terkenal untuk penganut agama shinto di jepang. Akan sangat penuh di weekend dan hari besar. Untuk menuju temple harus berjalan cukup jauh karena letak parkiran jauh dari temple.

Asep Mulyadi LDN
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Keren, bs melihat Tori gate berwarna orange yang berjajar banyak sekali…

Arashiyama

Arashiyama

Arashiyama Genrokuzancho, Ukyo Ward, Kyoto, 616-0007, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Ragil Aseb
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Saya kesini untuk foto prewedd saat momen momiji di bulan menjelanh musim dingin Tempat nya sangat istimewa indah ini akan menjadi kenangan untuk saya dan pasangan

cucu suryani
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Tempatnya rame bingit, paling rekomen kalau sampai Sana pagi sehingga bisa leluasa ambil foto

bimo hendrawan
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Hutan bambu yang indah, udara yang bersih, pemandangan yang indah, pokoknya enak deh buat nyantai 😆

Istana Nijo

Istana Nijo

541 Nijōjōchō, Nakagyō-ku, Kyoto, 604-8301, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Gity Srinita
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Flower by naked di istana nijo memang indah Tapi menurut saya kurang sebanding dengan harga tiketnya tidak sebagus ekspektasi saya

Novianto Liang
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

oke tp ga wah

gerobak kuliner
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Mudah dicapai dari Kyoto station dengan naik bus.

Ginkaku-ji

Ginkaku-ji

2 Ginkakujichō, Sakyō-ku, Kyoto, 606-8402, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Wahidah Arsyad
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Kompleks kuil yang terjaga, bersih, penuh pepohonan khas jepang. Taman2 jepang terkenal dengan keindahannya, selalu memadukan unsur pohon dan air. Sangat artistik. Saat ke sini lagi banyak2nya turis, jadinya…. tidak terlalu menikmati suasana sekeliling, terlalu ribut 🤔

Sylvia Rhodia
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Kompleks temple yang luas. Taman yang indah. Penuh pengunjung. Sulit sekali mau foto. Tempat berburu momiji terbaik.

Vera Rina Dewi
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Setelah dari kinkakuji.. sekalian ke ginkakuji suoya lengkap dan tahu apa bedanya dari kedua tempat bersejarah di Kyoto ini.

Nishiki Market

Nishiki Market

609番地 Nishidaimonjicho, Nakagyō-ku, Kyoto, 604-8054, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
damdam damiyana
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Saya kira itu nama pasar ternyata nama gerbang pintu ke pasarnya ya…

Fweaky Blues
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Jalan sampai kaki patah xD

Arifien Munandar
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Cukup ramai. Susah untuk berhenti mampir dan beli. Karena sempit dan ramainya jalan. Ada makanan halal juga kok.

Heian Jingū

Heian Jingū

Okazaki Nishitennocho, Sakyo Ward, Kyoto, 606-8341, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Stefanus rainir
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

salah satu ikon kota Kyoto.

dieta pratiwy
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Bagi yang suka ke tample ini lumayan bagus tempat ini adalah temple agama shinto. Jarang dari parkiran bisa lumayan dekat. Tp agak jauh dari station. Datang ke sini saat musim semi atau musim gugur tempat ini jadi lebih cantik. Yang suka foto tempat ini bagus di jadikan objek foto. Di depan temple ada tori besar yang pemandangannya sangat bagus. Tidak akan menyesal datang ke heian shrine

ADE DWIANSYAH
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Tempat yg keren

Istana Kekaisaran Kyoto

Istana Kekaisaran Kyoto

3 Kyōtogyoen, Kamigyō-ku, Kyoto, 602-0881, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
banu arwanto
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Kalau pas Sakura bagus..jalannya cukup jauh

Faridatul Anisah
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Destinasi wisata wajib kalau sedang berkunjung ke kyoto. Istana ini dibuka untuk umum mulai dari jam 9 pagi hingga 5 sore. Free tiket masuk. Disini kita bisa berkeliling melihat keindahan dan kemegahan istana raja. Walau kita tidak bisa masuk kedalam gedung utama istana dan kita hanya bisa melihat lihat dari luar, namun itu saja sudah merupakan pengalaman yang seru. Taman dan bangunannya masih terpelihara sengan sangant baik. Pemanadangan tamannya juga indah. Apalagi saat musim semi. Sayangnya saya berkunjung saat musim panas.. 😔 Setelah lelah berkeliling kita bisa beristirahat di guest room yang tersedia.

Sylvia Rhodia
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Istana yang megah. Taman yang indah. Gratis. Luas juga. Tersedia guided tour. Tidak terlalu penuh pengunjung.

Philosopher’s Path (Tetsugaku no michi)

Philosopher's Path (Tetsugaku no michi)

Shishigatani Honenin Nishimachi, Sakyo Ward, Kyoto, 606-8427, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Musica Kaizer
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Tempat yang tepat untuk menikmati sakura

Yasaka Shrine

Yasaka Shrine

625 Gionmachi Kitagawa, Higashiyama-ku, Kyoto, 605-0073, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Sukiman Hidajat
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Lokasi tempat foto kuil jepang yg eksotik san indah

Asep Mulyadi LDN
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Salah satu shrine yang harus di kunjungi ketika berada di kyoto…

amin tohari
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Pintu masuk wisata budaya (kuil) di Gion – Kyoto

Ryōan-ji

Ryōan-ji

13 Ryōanji Goryōnoshitachō, Ukyo Ward, Kyoto, 616-8001, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Jack Febrian Rusdi
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Kuil ini memiliki taman yang cukup luas dan indah, termasuk di dalamnya sebuah lapangan yang berisi pasir sekitar seluas lapangan badminton. Anda dapat melihat isi dari istana ini dan melihat bagaimana istana ditata berdasarkan penggunaan ruangannya masing-masing. Sangat disarankan untuk dikunjungi.

Tenryuji Temple

Tenryuji Temple

Jepang, 〒616-8385 京都府京都市右京区嵯峨天龍寺芒ノ馬場町68

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
alexandria kristy87
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Sangat tidak disarankan pakai heels/separu yg ada haknya ya..karena banyak jalan kaki..pakai sepatu yg nyaman saja. Pemandangan di sini selain ada kuil, ada juga danau indah dan bening banget di mata. Wow bgt. (Waktu saya ke sana pakai sepatu boot yg agak sempit..kaki sampai lecet..😅)

Hauw Hian
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Sangat direkomendasikan kuil yang luas ini dengan taman yang menakjubkan. Biaya masuk relatif murah. Halaman kuil dirawat dengan sangat baik dan pohon-pohon terawat, semak-semak, dan taman. Ada sebuah kuil, tetapi kami tidak bisa menjadi sangat dekat (sepertinya Anda harus membayar untuk berdoa dan mendekat). Ada juga bel yang sangat besar tempat Anda berdoa. Naik tangga batu besar di bagian belakang / samping kuil membawa Anda ke berbagai batu nisan dari beberapa keluarga dan orang terkenal. Ada juga jalan tanah “tersembunyi” di atas dan ke kiri yang membawa Anda ke kuburan penyair (saya percaya?) Dan pemandangan yang luar biasa. Saya merekomendasikan perjalanan singkat untuk melihat tempat ini untuk Anda sendiri! Musim gugur sangat indah disini.

cindy claudia
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Ngga begitu harus dikunjungi

Tō-ji

Tō-ji

1 Kujōchō, Minami-ku, Kyoto, 601-8473, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Madhenya KNaya
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Hujan gerimis tak kunjung berhenti.

Rendi Rona
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Tempat nya cukup nyaman, sunyi, dan indah

Menara Kyoto

Menara Kyoto

721-1 Higashishiokōjichō, Shimogyō-ku, Kyoto, 600-8216, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Sofiati Zainuddin DR.
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Menara pandangnya bagus dan menarik utk melihat kota Kyoto dari ketinggian. Terdapat papan informasi touchscreen yg sangat membantu dan modern. Jumlahnya juga byk, jadi tsk rebutan.

tri putri utami
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Ada musola di Kyoto Tower musolanya bersih,nyaman dan rapi.. disediakan mukenah dan sajadah juga

agung mawardi
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

tempat melihat kota kyoto dari ketinggian

Togetsu-kyō Bridge

Togetsu-kyō Bridge

Saganakanoshimacho, Ukyo Ward, Kyoto, 616-8383, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Asep Mulyadi LDN
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Berada di sekitar Arashiyama bamboo forest, lokasinya adem ditambah pepohonan dan sungai yang indah

Abie Jambers
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Wajib beli es krim.smbil santai ditapi kali

Harry Saputra
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Biasa2 saja. Lumayanlah daripada bengong .

Rengeoin Sanjusangendo

Rengeoin Sanjusangendo

657 Sanjūsangendōmawari, Higashiyama-ku, Kyoto, 605-0941, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Grace CLR
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Berlokasi di Kyoto, dapat menggukan bus menuju ke sini. Untuk masuk perlu membayar tiket masuk. Sebelum masuk kita perlu melepas sepatu dan di dalam kita dilarang memotret. Jika suka dengan temple2, ke Kyoto merupakan pilihan tepat karena banyak temple, bisa gunakan pass 1 hari untuk bus bisa jalan dari pagi sampai malam selama tidak capek.

agung mawardi
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

kuil megah dengan banyak patung buddha..

Arashiyama Monkey Park Iwatayama

Arashiyama Monkey Park Iwatayama

Jepang, 〒616-0004 Kyoto, Nishikyō-ku, Arashiyama Nakaoshitachō, 61

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Helty fatimah bakri
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Lebih baik u/ tidak membawa ransel yg berat saat berangkat kesini, karena jalurnya agak mendaki.

Byodoin

Byodoin

Renge-116 Uji, Kyoto 611-0021, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Prima Abadi
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Sebuah bangunan lama banget yg di design & dibuat dengan tingkat seni yang tinggi. Tingkat kesulitan dan kehebohannya biasa saja.

dayat stedy
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

benar benar tempat yang menakjubkan ..dan saat saya kesana bunga wisteria sedang bermekaran..indah sekali

Tuti Suryaningsih
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Byodoin tmpt wisata bgus ramai byk yg dtg tmpt ini kiraii

Kuil Chanlin Yongzhentang

禅林寺 永観堂

48 Eikandōchō, Sakyō-ku, Kyoto, 606-8445, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Amar Rohalif
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Letaknya cukup jauh dari stasiun kyoto ataupun stasiun hankyu kawaramachi. Bisa ditempuh dengan bus namun harus seringkali berdesak desakkan pada musim gugur dan musin semi. Karena memang daun daun begitu merah merona di musik gugur sehingga banyak sekali pengunjungnya pada musim tersebut

Sanneizaka (Sannenzaka)

Sanneizaka (Sannenzaka)

2 Chome-221 Kiyomizu, Higashiyama Ward, Kyoto, 605-0862, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Arfah Ariestian
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Kita bisa menemukan bangunan tradisional Jepang ,lokasi dekat dengan daerah Gion.Spot menarik untuk berfoto,terutama petang hari.

Sap Toro
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Destinasi wisata yg menarik, banyak tempat jual oleh-oleh sepanjang jalan.

Cashback Man
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Jalanan tua, lurus2 saja untuk menuju kiiyomizudera, alias kuil yang terkenal buat para turis

Saiho-ji

Saiho-ji

56 Matsuojingatanichō, Nishikyō-ku, Kyoto, 615-8286, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
林潮瑜
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Ini seharusnya kuil pertama dalam daftar reservasi Kyoto. Tiba-tiba memutuskan untuk pergi. Beberapa teman bekerja sebentar dan hanya satu hari yang bisa pergi. Hasilnya benar-benar bagus.

Museum Nasional Kyoto

Museum Nasional Kyoto

527 Chayachō, Higashiyama-ku, Kyoto, 605-0931, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Wakhidin Bin Kumaeri
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Bagus untuk yang ingin tahu sejarah bangsa jepang

Higashi-Honganji Temple

Higashi-Honganji Temple

754 Tokiwachō, Shimogyō-ku, Kyoto, 600-8505, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
dayat stedy
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

tempat yang luas dan istana yang megah …berasa kembali ke jaman dulu ketika memasuki tempat ini

Sylvia Rhodia
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Dari luar terkesan biasa saja, karena terhalang pagar. Ternyata temple ini sangat besar. Karena sudah lelah, saya tidak masuk ke dalam temple, hanya foto di halamannya saja.

Kyoto Aquarium

Kyoto Aquarium

35-1 Kankijichō, Shimogyō-ku, Kyoto, 600-8835, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Asep Sunendar
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

bagus

Didi Lazuardi
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Biotanya beda sedikit dengan indonesia. Salamander raksasa dan kepiting raksasa. Tapi lebih gede akuarium di osaka

Jōjakkō-ji Temple

Jōjakkō-ji Temple

3 Sagaogurayama Oguracho, Ukyo Ward, Kyoto, 616-8397, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Nji Chan
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Baguuuussss… Kalo ke jepang pas musim gugur wajib kesini yaaaak Dan juga kalian harus cobain becak jepang Bagus ramah dan nice take a picture Rekomendasi naik becak Soalnya nanti kita dipotoin hasilnya bagussss Dan ada yang bisa bahasa indonesia meskipun bahaya terima kasih aja Hahahhahaha Tapi ini pengalaman pertama aku jadi super super bahagia guyssss 😘😘😘😘😘😘

Okochi Sanso Garden

Okochi Sanso Garden

8 Sagaogurayama Tabuchiyamacho, Ukyo Ward, Kyoto, 616-8394, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Meilinda Rosmala Dewi Doloksaribu
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Keren nehh tempatnya pingin ke sinii lagi dahh

Tuti Gunawan
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Tenang

Gion Shirakawa

Gion Shirakawa

Jepang, 〒605-0087 Kyoto, Higashiyama-ku, Motoyoshichō, 巽町 605-0085 京都府京都市東山区の白川南通沿い(川端通橋の間

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Hilal Nurdin
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Bersih asri banget

dayat stedy
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

sangat ramai saat saya kesana karena saya datang siang hari..namun senang dengan suasana dan dapat beberapa foto yang menurut saya lumayan bagus

Arifien Munandar
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Enak buat jalan sore menjelang malam.

Lake Biwa Canal

Lake Biwa Canal

7 Miideracho, Otsu, Shiga 520-0034, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
はなまつりゆきの
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Musim bunga sakura akan menjadi indah. Saya juga tertarik dengan terowongan itu. Saya ingin naik, tetapi kali ini saya bersabar dari luar. Tergantung pada musim, biaya naik kapal berbeda, dan diperlukan reservasi.

野瀬政次
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Saya pergi untuk pertama kalinya, tetapi lokasinya cukup bagus! Sangat menyenangkan bisa turun hidrofobik, tetapi Anda tidak bisa melakukan reservasi.

Kyoto Gyoen National Garden

Kyoto Gyoen National Garden

3 Kyōtogyoen, Kamigyō-ku, Kyoto, 602-0881, Jepang

placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder
Piere Hutasoit
placeholderplaceholderplaceholderplaceholderplaceholder

Taman Gyoen; tempat dimana para wanita-wanita bangsawan terkenal di seluruh Jepang bersosialisasi dan bercerita dengan penuh tata krama Feodalisme yang “Inner Court” mengikat dangan kuat. Tak hanya itu, bisa jadi tempat dimana Kaisar Jepang dan Maharani berserta keluarga Inti kekaisaran menghabiskan waktu Istirahat dengan seni melihat Ekosisten hijau yang ada di Taman ini. 😄