Tipe Kamar Hotel yang Umum di Indonesia

Tipe Kamar Hotel yang Umum di Indonesia

Penjelasan tipe kamar hotel berdasarkan fasilitas dan jumlah tempat tidur yang umum ada di Indonesia terbaru.

Saat berwisata tentu Kamu membutuhkan tempat penginapan seperti halnya hotel, terlebih jika dalam berhari-hari. Tidak heran jika setiap destinasi wisata menyediakan tempat penginapan di sekitarnya baik itu wisata bahari, tempat bersejarah, atau pun yang lainnya. Fasilitas tersebut dapat memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

Namun, tahukah Kamu bahwa kamar hotel mempunyai banyak tipe? Tipe itulah yang harus Kamu ketahui agar mudah saat memesannya sesuai dengan kebutuhan dan budget. Mengingat setiap tipe mempunyai ukuran dan fasilitas yang berbeda-beda, sehingga tentu dengan harga yang berbeda pula.

Tipe Kamar Hotel Berdasarkan Fasilitas

Fasilitas di setiap penginapan memang sangat penting, khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan mandi dan makan. Karena itu, tidak ada salahnya bagi Kamu untuk memperhatikan dan mengetahui sebanyak mungkin mengenai tipe kamar hotel berdasarkan fasilitasnya agar kunjungan maupun wisata Kamu tetap nyaman dan aman. Berikut adalah rincian tipe kamar hotel:

1. Kamar Standar

Kamar tipe ini mempunyai jumlah ranjang yang berbeda-beda untuk setiap hotel. Ada yang hanya terdapat satu ranjang atau dua ranjang. Biasanya harganya juga relatif murah jika dibanding dengan tipe kamar lainnya.

Adapun fasilitas lainnya yang ada dalam tipe kamar standar adalah meja, televisi, telepon, pembuat kopi, dan kamar mandi. Setiap jenis hotel mempunyai standar fasilitas tersebut berbeda-beda, dimana hotel bintang tiga tentu berbeda dengan hotel bintang lima.

2. Kamar Premium

Tipe kamar ini mempunyai fasilitas dan desain yang lebih baik daripada kamar standar. Namun, di beberapa hotel juga mengartikan kamar premium berdasarkan letak dan pemandangan yang disajikan di sekitar hotel. Demikianlah, sebelum Kamu memesannya tidak ada salahnya untuk bertanya mengenai fasilitasnya terlebih dahulu agar lebih pasti.

3. Kamar Deluxe

Merupakan tipe kamar yang didesain lebih elegan dan bagus, sehingga tampak begitu berkelas. Hal itu terlihat dari desain interior, tata letak barang, dan sebagainya. Tentu saja harganya juga lebih mahal jika dibanding dengan tipe yang standar.

4. Kamar Suite

Merupakan tipe kamar yang memiliki ukuran lebih luas jika dibanding ukuran dan tipe standar. Hal itu disebabkan dalam satu kamar terdapat banyak fasilitas seperti ruang tidur, ruang tamu, ruang khusus memasak, hingga kamar mandi. Tipe kamar ini sangat cocok bagi para pebisnis atau pariwisata yang berkunjung dengan waktu yang lebih lama.

5. Kamar Presidential

Tipe kamar ini bisa dikatakan sangat lengkap baik dari segi fasilitas maupun pemandangan yang disajikan. Umumnya kamar tipe ini lebih luas lagi dari kamar suite dengan fasilitas dasar serta penunjang seperti ruang tamu hingga ruang masak. Setiap ruangan juga terdapat sekat tersendiri yang memisahkan, namun tetap dalam satu kamar.

Kamar presidential ini merupakan yang paling mahal dalam setiap hotel, mengingat fasilitasnya yang begitu lengkap dan membuat banyak orang nyaman. Tidak heran jika kamar tipe ini sering disebut sebagai apartemen dalam hotel.

6. Kamar Junior Suite

Merupakan tipe kamar yang mempunyai ukuran sedikit lebih kecil daripada suite room. Fasilitasnya berupa ruang tidur, ruang duduk, hingga kamar mandi, dimana antara ruang duduk dengan tempat tidur terdapat pembatas kecil dan relatif sederhana.

Tipe Kamar Hotel Berdasar Jumlah Tempat Tidur

Selain berdasarkan fasilitas dan luas kamarnya, tipe kamar hotel juga dibagi menjadi beberapa berdasarkan jumlah tempat tidur. Berikut adalah pembagian-nya:

1. Single room

Merupakan kamar hotel yang hanya mempunyai satu tempat tidur saja dan tentunya hanya bisa digunakan untuk satu orang. Adapun ukuran tempat tidur tersebut umumnya berukuran tidak begitu besar.

2. Twin room

Merupakan kamar hotel yang mempunyai dua tempat tidur yang terpisah, dimana masing-masing berukuran seperti tempat tidur single. Hal itu sangat cocok digunakan oleh dua orang pengunjung sekaligus seperti halnya sesama teman atau pun keluarga.

3. Double room

Adalah kamar hotel yang mempunyai satu kamar tidur saja, namun ukurannya sangat besar dan luas, sehingga bisa memuat dua orang.

4. Triple room

Atau yang sering disebut dengan family room adalah kamar hotel yang mempunyai dua tempat tidur, dimana satu berukuran single dan satu lagi berukuran double. Hal itu bisa digunakan oleh tiga orang, sehingga cocok untuk disewa satu keluarga maupun  rombongan teman sekelas dan semacamnya.

Triple room ini biasanya juga terdiri atas tiga tempat tidur sekaligus yang masing-masing berukuran single. Tentu saja kamar ini mempunyai ukuran yang sangat luas, mengingat jumlah ranjang-nya cukup banyak. Adapun tata letaknya ada yang saling berdekatan ada juga terpisah antara satu dengan yang lainnya.

Baca juga: Cara Naik Kereta Api Pertama Kali

Berlibur selama beberapa hari, memang tidak nyaman rasanya jika tidak memesan dan menggunakan fasilitas penginapan seperti hotel. Kamu bahkan bisa memilih tipe kamar sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada tanpa harus bingung.

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Hotel

Kasih Tanggapanmu Dong