Wisata di Watu Giring Semanu

Watu Giring Semanu

Lokasi:Jelok, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Open:24 Jam
Tiket:2000
Telepon:
Kategori:

Watu Giring Semanu ➤ Informasi wisata, cara menuju, hal yang bisa dilakukan, dan harga tiket masuk ke Watu Giring Gunung Kidul Yogyakarta. Wisata alam di Jogja yang populer dan wajib dikunjungi.

Kalau selama ini Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta cuma terkenal dengan keindahan pantai atau wisata menjelajah goa saja. Sepertinya sejak saat hal tersebut akan berubah. Karena ada sebuah objek wisata baru yang menawarkan pemandangan unik dan eksotis. Tempat itu bernama Watu Giring Semanu yang menyuguhkan ornamen batu berundak seperti peninggalan zaman Megalitikum.

Cara Menuju ke Watu Giring Semanu

Watu Giring berada di Dusun Pacarejo, Jelok, Semanu – Gunung Kidul. Dari pusat kota Jogja, kamu bisa mengambil rute Jalan Jogja – Wonosari lalu ambil arah Semanu. Nah, nantinya kamu langsung ambil rute jalan belok kanan sebelum Rumah Sakit Pelita Husada. Setelah itu, tinggal ikuti aja petunjuk yang mengarah ke Watu Giring. Ngga perlu panik karena ada banyak petunjuk arah yang bisa membantu kamu.

Waktu Terbaik Untuk Datang ke Watu Giring Semanu

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Watu Giring adalah di pagi hari atau di sore hari. Kenapa? Karena tempat ini sangat terbuka, jadi sinar matahari akan langsung menusuk ubun-ubun kamu. Pastinya kegiatan wisata jadi ngga seru kalau kamu sibuk sendiri untuk mencari perlindungan ke tempat dingin. Oleh karena itu, kalaupun ingin datang di siang hari, jangan lupa bawa jaket atau sunblock juga.

Hal Yang Bisa Dilakukan di Watu Giring

Saat merencanakan untuk berkunjung ke sebuah destinasi wisata baru yang belum pernah kamu datangi, pastinya kamu bakal cari referensi tentang hal menarik apa aja yang bisa dilakuin, kan? Nah, di bawah ini adalah beberapa kegiatan unik, menarik dan menghasilkan yang bisa kamu cobain saat berkunjung ke Watu Giring Semanu, Gunung Kidul lho guys!

1. Hunting foto diatas tumpukan batu tua

Hunting Foto di Watu Giring Semanu
Instagram: @taufikstrauss

Tempat yang menyerupai peninggalan dari zaman Megalitikum ini memang menyajikan keindahan yang ngga ada duanya. Tentunya bakal langsung menggelitik minat untuk berfoto. Terutama untuk kamu yang memang hobi foto dan narsis dimana-dimana. Disini ada banyak spot background berbeda yang bisa membuat hasil dari jepretan kamu nampak super keren lho!

2. Piknik

 

Berkunjung ke objek wisata sekaligus piknik pasti bakal terasa lebih seru, guys? Nah, di Watu Giring ini kamu bisa sekalian menggelar karpet aladin *Opps. Maksudnya karpet untuk pinknik. Jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman juga sekalian. Supaya acara piknik bisa makin seru, jadi ngga cuma nongkrong dengan mulut kosong aja. Kalau bisa, ajakin keluarga dan teman juga biar lebih rame.

3. Cari Gebetan

Foto Cewek di Watu Giring

Bagi para jomblowan dan jomblowati yang lagi galau karena ngga punya pasangan. Berwisata ke Watu Giring bisa jadi alternatif refreshing sekaligus cari gebetan. Karena di tempat yang lagi nge-hits ini, pastinya ada banyak cewek atau cewek jomblo yang datang. Kesempatan ini cocok banget buat kamu yang lagi bingung mau mencari pasangan dimana. Gimana, boleh juga kan?

4. Berburu Sunset

Apabila tujuan kalian datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan sunset alias matahari terbenam ala Watu Giring. Maka disarankan untuk datang pada sore hari. Sunset disini memang bisa dikatakan sangat berbeda dengan destinasi lainnya. Terlebih menjelang senja ketika sebagian cahaya matahari sudah pergi, eksotisme purba Watu Giring akan semakin terasa memesona dan membuat lupa diri.

5. Pre-wedding

Ingin mengambil sesi foto pre-wedding dengan background keren dan mengesankan? Watu Giring bisa menjadi alternatif menarik nih, guys! Ada beberapa spot foto yang memang cocok banget untuk dijadikan sebagai pilihan. Tapi yang paling unik adalah di area undakan tangga. Dengan busana yang tepat (disarankan memakai longdress berwarna cerah), akan membuat foto tampak lebih bagus.

Gimana menurut kamu setelah membaca keseruan aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Watu Giring? Pasti makin tambah penasaran, kan? Jadi nggausah mikir lama lagi deh untuk datang kesini. Yuk, segera check out biar jadi yang terupdate. Kebetulan juga tempat ini belum lama dibuka, jadi belum banyak orang yang memiliki foto epik dari Watu Giring ini.

Ulasan Asli Pengunjung

  • Ndinndit Setyobudi
    3 minggu yang lalu
    Lokasi bekas tambang batu gamping yang sudah tidak beroperasi lagi. Tempat yang sangat bagus dan cocok bagi yang ingin foto dengan latar belakang pemandangan yang anti-mainstream. Paling pas dan terkesan dramatis bila pengambilan foto saat sunset. Kegiatan wisata di kelola masyarakat setempat (Pokdarwis). Tempat untuk parkir kendaraan lumayan luas, tapi hanya bus kecil yang bisa masuk ke lokasi wisata. Di sekitar lokasi wisata bisa didapatkan kuliner khas Gunungikidul termasuk walang goreng.
  • Andromeda Noholo
    sebulan yang lalu
    - Lokasi masih harus banyak dibenahi - Saat ini hanya membayar parkir dan sumbangan sukarela - Sebaiknya datang pada saat sinar matahari tidak terlalu condong (kepagian/kesorean) karena bagian batu akan banyak tertutup bayangan. - Skill penentuan angle foto sangat dibutuhkan agar hasil fotonya bisa tampak bagus
  • Ayuni Khoerunisa
    sebulan yang lalu
    Bagus spot untuk foto2 disini. Tetapi untuk keamanan tolong di tingkatkan lagi. Untuk tarif hanya membayar parkir 2k. Tempatnya juga dipinggir jalan jd tidak sulit untuk mengunjunginya
  • Tyty Dewanti
    sebulan yang lalu
    Tempat buat sekedar foto2,batugiring salah satu tempat bekas tambang batu gamping di daerah desa pacarejo,semanu,gunungkidul ,DIY.
  • Theresia Seismika
    2 bulan lalu
    Tempatnya sangat bagus dan menurut saya lumayan instagramable cocok untuk orang2 yang ingin foto dengan pemandangan yang anti-mainstream. Menurut saya lebih bagus bila ingin berfoto disini saat sore sambil menikmati sunset. Disana parkirannya luas, tapi hanya bus kecil yang bisa masuk. Bila mengunjungi batu giring, kita tidak dipungut biaya.

Kasih Tanggapanmu Dong