Tebing Breksi

Lokasi:Sambirejo, Prambanan, Sleman, DIY
Open:Senin: 06.30–22.00 Selasa: 06.30–22.00 Rabu: 06.30–22.00 Kamis: 06.30–22.00 Jumat: 06.30–22.00 Sabtu: 06.30–22.00 Minggu: 06.30–22.00
Tiket:2000
Telepon:

Kamu yang pengen eksis update foto tempat kekinian di Jogja ke media sosial. Wajib banget untuk mengunjungi Tebing Breksi, guys! Yups, tempat ini memang lagi nge-hits di Instagram. Jadi ngga heran kalau objek wisata yang terbentuk dari bekas galian tambang ini jadi buah bibir di seantero dunia maya. Bukan cuma dikunjungi warga lokal, wisatawan dari luar kota dan luar negeri ngga mau kalah.

Cara Menuju ke Tebing Breksi

Kalau kamu mau berangkat dari arah kota Jogja, tempat ini gampang banget kok ditemukan. Kamu tinggal ambil rute ke Jalan Solo arah Prambanan. Karena lokasinya ada persis di bagian sebelah selatan Candi Perambanan dan dekat dengan kompleks Candi Ratu Boko serta Candi Ijo. Tepatnya, ada di Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman – Yogyakarta. Sekitar 1 km sebelum Candi Ijo karena berada satu arah.

Karena untuk masuk kesini ngga ada angkutan umum, jadi kamu harus bawa kendaraan pribadi, guys. Atau kalau datang dari luar kota dan ngga mau ribet sewa motor, bisa naik bus Trans Jogja dan turun di shelter Prambanan. Setelah itu tinggal lanjutin perjalanan naik ojek saja. Tarif yang dikenakan ojek konvensional biasanya mulai Rp. 20.000.

Waktu Terbaik Untuk Datang ke Tebing Breksi

Tebing Breksi ini sangat terkenal dengan pemandangan sunset-nya yang indah. Jadi kalau mau dapat moment yang pas untuk foto, sebaiknya datang di sore hari pas matahari udah mulai turun. Di samping itu, kalau datang di siang hari kurang recommended juga karena saat cuaca panas, kamu bisa jadi gosong disini. Karena tempatnya terbuka dan selain itu ngga ada pondokan untuk berteduh.

Hal Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Breksi

Bingung mau ngapain aja pas berkunjung ke Tebing Breksi? Nah, ini nih kegiatan yang bisa kamu lakuin saat berkujung. Check it out, guys!

1. Hunting foto dengan background sunset di Tebing Breksi

Wisata Foto di Tebing Breksi
Instagram: ragabatu

Hunting foto dengan background sunset di Tebing Breksi memang luar biasa sekali. Jadi inget sama lagunya Led Zeppelin, Stairways to Heaven. Kok bisa? Disini ada tangga super epic untuk naik ke atas tebing dan kalau angle fotonya tepat, kamu pasti bisa mendapatkan hasil yang super bagus. Dan bakalan langsung lupa kalau kamu ternyata masih ada di Jogja.

2. Panjat Tebing

Kamu yang berjiwa petualangan dan pengen ngerasain sensasi liburan berbeda di Jogja seperti panjat tebing, bisa langsung cus ke Tebing Breksi, guys. Disini ada spot foto untuk itu, dan dijamin kamu bakalan ngerasain sensasi petualangan yang berbeda di tempat ini.

3. Pre-wedding dengan latar belakang alami

Pre Wedding di Tebing Breksi

Yang punya pasangan dan pengen punya foto ala pre-wedding juga bisa menjadikan Tebing Breksi sebagai salah satu alternatif lho. Ngga perlu sewa fotografer profesional dan bawa DSLR segala. Kamu bisa minta bantuan sama teman yang hobi fotografi dan berbekal Hp dengan kamera lumayan canggih aja. Karena arsitekturnya yang memang udah mendukung, jadi foto juga bakal bagus. Tapi kalo untuk keperluan serius ya, bawa fotografer beneran dong.

4. Menikmati Keindahan Alam

View Tebing Breksi dari Atas
Foto: halojogja com

Setelah menempuh perjalanan melalui banyak anak tangga untuk bisa sampai ke atas bukit. Kelelahan kamu itu akan langsung tebayar tuntas, guys. Pemandangan yang bisa kamu nikmati dari atas tebing ini benar-benar bisa membuat pikiran melayang jauh. Dari atas, kamu bisa menyaksikan kemegahan Gunung Merapi, Candi Prambanan dan Candi Barong yang sangat menakjubkan.

5. Belajar Geologi

Eitss, selain sebagai ojek wisata. Tebing Breksi ini juga bisa dijadikan sebagai tempat belajar lho. Terutama bagi kamu yang mengambil mata kuliah Geologi. Nah, disini kamu bisa belajar banyak hal tentang proses terjadinya pembentukan tanah bekas pertambangan ini. Selain itu, ada berbagai ornamen artistik baik dalam bentuk seperti pahatan dan juga arsitektur yang terjadi secara alami.

Gimana guys, banyak banget kan hal yang bisa kamu lakuin di Tebing Breksi? Jadi ngga perlu ragu dan takut kecewa buat yang pengen berkunjung kesini. Selain itu, budget yang dibutuhkan juga amat sangat minim. Karena masuk tempat ini free dan cuma dikenakan biaya parkir doang. So, what are you waiting for?

Featured photo by: maleostory

Ulasan Asli Pengunjung

  • Agus Setiawan
    sebulan yang lalu
    Berawal dr iklan yg berseliweran di google, jd penasaran bgt ama destinasi ini. Jarak tempuh yg cukup menantang krn hrs lewat tanjakan terjal. Saat di pintu msk sempat terkagetkan krn htmnya cuma SEIKHLASNYA. Ini yg sy salut dgn objek wisata disekitaran jogja. Gak matre...😁 Istirahat minum juspun harganya bnr2 serasa bkn di t4 objek wisata deh... Bukitnya bnr2 bikin kagum... spot foto terbaik dibawah tebing yaitu di pahatan naga. Bnr2 keren... Naik ke atas tebing, lbh takjub lg... pemandangannya luar biasa. Gak perlu lg ke bukit bintang. Cukup disini aja kita dah dpt pemandangan kota jogja yg luar biasa. Ada terdapat spot2 selfie yg sgt2 kreatif buatan warga sekitar. Ada "pintu kemana aja" doraemon, lollipop, sangkar, kembang, perahu kertas dll. Smua blh dipake dgn bayaran SEIKHLASNYA, dgn mengisi kaleng uang yg ada di msg2 spot. Klo mo di fotoin jg bisa kok... warga yg berjaga disitu akan baik hati akan membantu memfotonya dgn cara yg cukup profesional. Sy bnr2 terkesan dgn destinasi wisata tebing breksi ini. Klo ke jogja lg, mgkn akan sy kunjungi lg tempat ini. Makasih jogja...
  • Elisabeth Nurbetty
    dalam minggu terakhir
    Aduuuh tempatnya bagus banget. Jadi pengen foto foto terus. Pemandangan dari ketinggian bukitnya bagus. Corak batuan breksi yang bekas ditambang dulu juga bikin tempat ini jadi unik. Apalagi sekarang di beberapa tempat, tebingnya diukir jadi bentuk ular, wayang dan lain lain. Disini tersedia juga paket wisata naik Jeep, biayanya 300rb utk ber5 mengunjungi beberapa destinasi di sekitar tebing breksi seperti misalnya Candi Ijo, dll. Bila datang saat siang hari, sebaiknya bawa payung atau topi soalnya panas banget, masi jarang ada pohon
  • Abdurahman A.
    dalam minggu terakhir
    Tak kalah dengan kota Semarang yang memiliki brown canyon yang eksotis, ternyata jogjakarta juga memiliki tempat wisata yang merupakan bekas galian yang tak kalah cantik bernama bukit breksi. Bukit Breksi merupakan salah satu tempat wisata baru di Jogja yang berhasil menarik perhatian banyak orang. Mulanya, bukit ini hanyalah sebuah tambang batu biasa yang menyerupai bukit kecil setinggi kurang lebih 20 m. Namun akhir-akhir ini, para wisatawan yang hendak berkunjung ke Candi Ijo menyempatkan diri mampir ke tempat ini untuk sekedar berfoto.
  • Fera Indriani
    2 bulan lalu
    Tebing Breksi, Beh, tempatnya seru banget... bisa liat semua spot tanah Jawa buat kalian yang suka foto ditempat yang josssss banget deh pokoknya, ini cocok banget, Mulai dari Tebingnya, Tangga yang tinggi, Taman Jepang, Bunga udara, Pintu tanpa jendela, Jendela diatas awan, dan... masih banyak lagi..! Kalo kalian yang suka banget mendaki, ini juga cocok banget, namanya juga bukit, hehehe, jangan lupa bawa minum ya.. Nah, pas kemaren ana sama temen-temen naik kesana, kalian tau kita pake apa? jalan kaki... beh, rasanya... udah kaya mau copot nih kaki, hehehe lebay yak Tapi.. karena rezeki anak-anak sholeh dan Sholihah, akhirnya... belum ada setengah jalan sih.. kita ikutan jeep orang yang lagi arah bukit juga, Waw... 9 orang bayangkan.. naik jeep, seru banget... sambil pada teriak bahagia gtu deh, alay yak, hehehe, biasa.. namanya.. juga... anak tukang kuy. hihihi pemandangannya amazing banget sih! Terus... semua rasa lelah, terbayar dengan semua tempat wahana buat foto. Asal kalian tau ya, disana itu, kita gratis.. tis... masuknya nggak bayar, foto setiap wahana nggak bayar. Pokoknya sepuasnya deh...! Lah, kok bisa? Mau tau kenapa? ini tips ya.. Kalian bisa datang dipagi hari, sekalian.. maraton.. Pagi-pagi itu.. belum ada petugas yang dateng. Wah, males dong Petugas nya? Bukan itu...! semua itu sengaja... itu namanya.. bonus buat orang-orang yang rajin bangun dipagi hari... hehehe Hey.. masih ada satu lagi. Kalian tau, turunnya, kita naik apa? Alhamdulillah... kita turun naik mobil angkutan barang, wkwkw Itu penawaran langsung dari orang yang punya mobil, kebetulan ngelewatin kita, Terakhir... .. pokoknya... puas banget deh, penduduk disana, baik-baik semua, Tunggu info selanjutnya ya... ditempat wisata lainnya.. tentunya... bye... Ana nggak kirim foto banyak ya.. biar kalian penasaran... dan. bisa dateng langsung..
  • Ariyanto Joan
    seminggu yang lalu
    Wisata alam dengan bebatuan breksi yang begitu bagus sekali..dengan banyaknya spot2nya..dengan latar belakang kota jogjakarta dan area candi boko.prambanan dan candi ijo..ditambah dengan pesona matahari terbenam yg sangat mempesona..datang dan buktikan keindahan panorama di tebing breksi bokoharjo prambanan sleman...

Kasih Tanggapanmu Dong