Tampaksiring Bali

Pura Tirta Empul dan Istana Presiden

Lokasi:Tirta, Manukaya, Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar - Bali
Open:Senin: 08.00 - 17.00 WITA Selasa: 08.00 - 17.00 WITA Rabu: 08.00 - 17.00 WITA Kamis: 08.00 - 17.00 WITA Jumat: 08.00 - 17.00 WITA Sabtu: 08.00 - 17.00 WITA Minggu: 08.00 - 17.00 WITA
Tiket:15000
Telepon:

Tampaksiring Bali ➤ Informasi harga tiket masuk, rute menuju lokasi, jam buka wisata Pura Tirta Empul dan Istana Tampaksiring Bali.

Berbicara tentang Kecamatan Tampaksiring, tentunya ingatan akan langsung melayang kepada objek wisata Pura Tirta Empul dan juga Istana Tampaksiring yang sudah sangat terkenal. Bukan rahasia umum lagi, tempat ini adalah destinasi kunjungan favorit wisatawan yang sedang menghabiskan waktu di Bali. Kenapa? Karena tentunya ada banyak hal yang bisa di eksplore disini.

Rute Menuju Pura Tirta Empul Tampaksiring

Lokasi persisnya ada di Jl. Tirta, Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar – Bali. Kalau kamu datang dari arah Denpasar, maka akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam-an, guys. Selain itu, kalau ini merupakan pertama kalinya kamu akan mengunjungi tempat ini, bisa menggunakan Gps saja sebagai panduan. Titik lokasinya dijamin akurat sehingga kamu ngga bakal nyasar.

Waktu Terbaik Untuk Datang ke Pura Tirta Empul

Jam buka Pura Tirta Empul Tampaksiring adalah pukul 08.00 – 17.00 WITA (Senin – Minggu). Namun apabila kamu ingin mendapatkan moment kunjungan yang tepat, disarankan untuk datang pada pagi hari, guys. Kenapa? Karena tentunya tempat ini akan lebih sepi dan suasana sakralnya lebih terasa. Selain itu, sebaiknya hindari datang di saat musim melukat karena antriannya bisa sangat panjang.

Hal Yang Bisa Dilakukan di Pura Tirta Empul

Pengen berkunjung ke Pura Tirta Empul tapi masih blank mau ngapain aja setelah sampai di tempat ini? Jangan ragu ataupun bimbang guys, beberapa hal menarik di bawah ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang akan berkunjung ke pura ini.

1. Melukat atau menyucikan diri di aliran air

Tampaksiring Bali
IG @littlenomadid

Pura Tirta Empul sangat populer dengan keberadaan mata air sucinya yang biasa digunakan oleh masyarakat pemeluk Hindu Bali untuk melukat atau menyucikan diri. Untuk mendapatkan penyucian ini, maka kamu diharuskan mandi di mata air tersebut. Selain itu, ritual ini juga bisa digunakan sebagai sarana permohonan tirta suci.

2. Menelisik Istana Presiden Indonesia

Bukan hanya disuguhi bangunan Pura, disini kamu juga berdiri istana presiden yang didirikan pada masa pemerintahan Ir. Soekarno. Istana ini sengaja beliau dirikan sebagai tempat untuk beristirahat dan bersantai ketika mengunjungi Pulau Dewata. Menurut catatan sejarah, istana ini dibangun mulai 1957 – 1960.

3. Berfoto dibawah pohon besar yang asri

Tidak ada perjalanan wisata yang lengkap tanpa foto selfie. Bener ngga, guys? Nah, di Pura Tirta Empul ini ada satu spot foto yang bagus banget untuk berselfie ria. Dimanakah tempat itu? Spot ini adalah di depan pohon besar yang ada tepat di depan pintu masuk Pura. Saat menginjakkan kaki di tempat ini, kamu pasti bakal langsung lihat pohon super besar ini kok.

4. Bagi yang percaya, bisa berdoa meminta jodoh

Kamu yang sudah terlalu lama menjomblo sampai lupa bagaimana rasanya bergandengan tangan dengan orang yang dicintai. Ngga ada salahnya berdo’a memohon agar diberikan jodoh saat berwisata ke tempat ini. Sebagai salah satu tempat yang disakralkan, dan dianggap suci oleh agama Hindu.

5. Belajar sejarah agama Hindu Bali

Kalau kamu tertarik dengan sejarah dan mitologi Hindu Bali. Maka Pura Tirta Empul adalah salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi, guys. Disini, kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru mengenai legenda mata air di tempat ini berasal. Tentunya kamu bisa dapat bonus plus-plus selama liburan di Bali, bukan cuma foto tapi juga informasi berharga lainnya.

Harga Tiket Masuk Tampaksiring Bali

Harga tiket terbaru yang berhasil Travelbos dapatkan adalah 15.000 per orang. Dan diwajibkan untuk memakai sarung atau kain yang telah disediakan.

Gimana, Pura Tirta Empul Tampaksiring ternyata sangat unik dan menarik sekali untuk dikunjungi, kan? Jadi, sekarang kamu ngga perlu mikir kelamaan untuk segera datang kesini dong ya.

 

Referensi: Wikipedia

Ulasan Asli Pengunjung

  • Kadek Salendri
    sebulan yang lalu
    Ini merupakan tempat melukat yang tidak pernah saya lewatkan. Setiap saya melukat di sini, saya merasa kulit saya lebih lembut satu tingkat. Saya merasa lebih cerah. Melukat di tempat ini cukup membawa satu pejati dan dua ajuman. Jika tidak sempat mempersiapkan Banten, kadang-kadang saya membawa canang saja. Pertama sampai di Pura Tirta Mpul, kalian akan melihat pelinggih. Biasanya di sana saya sembahyang menghaturkan canang atau ajuman memohon ijin untuk penglukatan. Setelah itu, saya akan menaruh Banten saya di tempat Banten di depan areal penglukatan lalu saya akan menyewa loker untuk tempat menaruh tas dan baju ganti. Harga sewa loker Rp. 15.000. Setelah menaruh barang-barang saya lalu menghaturkan ajuman di asagan yang ada di areal penglukatan Dari sana, saya memohon ijin lagi agar penglukatan berjalan lancar. Setelah itu, saya melakukan ritual penglukatan. Penglukatan dilakukan dari areal kiri ke kanan. Ada dua pancuran yang tidak dianjurkan karena hanya digunakan untuk orang yang sudah meninggal. Setelah saya selesai melukat saya akan mengganti pakaian saya yang basah, lalu sembahyang ke daerah utama mandala. Setelah selesai sembahyang, kalian bisa melihat-lihat istana presiden dan ikan-ikan yang cantik yang ada di kolam di sana. Saya tidak akan pernah bosan untuk sembahyang ke pura ini. Oia, di luar pura juga ada tempat belanja oleh-oleh seperti di pasar Sukawati. Tempat ini sangat Indah. Saya harap tempat ini tetap cantik dan terawat. Semoga perawatannya lebih baik lagi. Semoga tidak ada yang membuang sampah sembarangan di sini. 🙏🙏🙏
  • Rusmadi AG
    3 minggu yang lalu
    Pura Tirta Empul yang terletak di Tapaksiring Bali ini merupakan satu dari sekian destinasi wisata yang ramai di Bali. Banyak pengunjung khususnya wisatawan asing yang berkunjung ke tempat ini. Selain pura, yang terkenal dari tempat ini adalah air pemandian suci. Menurut kepercayaan orang sekitar jika mandi di tempat ini maka hajatnya akan terkabul. Banyak wisatawan, khususnya wisatawan asing yang tertarik untuk mandi di pemandian ini. Hal menarik lagi yang ada di tempat ini adalah, setiap pengunjung dewasa baik pria maupun wanita yang akan masuk ke tempat ini wajib mengenakan kain sarung khas. Namun tidak perlu khawatir karena tempat ini menyediakan sarung tersebut yang boleh dikenakan secara cuma cuma atau sumbangan seikhlasnya untuk mengenakan sarung tersebut.
  • wion reivandro
    seminggu yang lalu
    tempat sakral bagi umat hindu dalam salah satu ceremonial mereka, bahwa jika mereka berdoa dan mandi di tempat itu dipercaya bahwa dosa mereka telah dibersihkan. lepas dari itu bagi saya pribadi senang mengunjungi tempat tempat bersejarah seperti pura tirta empul. sangat bagus mengunjungi wisata tirta empul dan antri agar bisa iku merasakan kesegaran air dari pancuran.
  • Rita Anita
    seminggu yang lalu
    Pura yg letaknya disebelah istana tampak Siring. Selalu memikat siapa saja untuk berkunjung ke kesini. Kita harus memakai kain yg sudah disiapkan oleh pengelola. Terdapat mata air suci yang biasa digunakan untuk mandi. Harga tiket terjangkau. Staf ramah. Banyak jasa fotografi dgn harga terjangkau dan kebetulan saya dapat orang yang ramah
  • Reggie Budi
    seminggu yang lalu
    Puta ini memiliki pemandian yang di aliri oleh 7 sunber mata air yang menjadi satu di pura ini. 6 sumber mata air dipergunakan untuk mandi atau mensucikan diri sedangkangkan 1 sumber di pergunakan untuk mensucikan mayat atau orang meninggal. Didalamnya juga ada peninggalan rumah atau vila presiden sukarno

Kasih Tanggapanmu Dong