Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Lokasi:Jl. Gn. Malang, Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610
Open:Buka Setiap Hari
Tiket:5000
Telepon:
Kategori:

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta Bogor ➤ Informasi wisata, rute jalan, harga tiket masuk, dan sejarah Pura Parahyangan Agung Jagatkarta Tamansari

Bogor selalu bisa menjadi tempat yang tepat untuk menghabiskan weekend bagi penduduk Jawa Barat dan Jakarta. Tak butuh banyak budget dan waktu, kamu bisa menikmati waktu senggangmu di Bogor karena di sini banyak objek wisata yang ngga kalah sama destinasi lain. Tapi, objek wisata di Bogor bukan Cuma Puncak lho.

Selain Bali, ternyata Bogor juga punya Pura yang ga kalah indahnya sama Pura di Bali, namanya Pura Parahyangan Agung Jagatkarta. Pura yang satu ini merupakan yang terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih di Bali. Dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektar di kaki Gunung Salak, kamu bakal nemuin banyak banget pengalaman baru yang ga ada duanya.

Cara Menuju ke Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Dari pusat kota Bogor, kamu bisa naik angkot yang menuju Ciapus hingga kamu sampai di pertigaan yang menuju Pura Parahyangan. Dari sana, kamu bisa ngelanjutin perjalanan naik ojek. Tapi kalo kuat, kamu juga bisa jalan kaki. Di sepanjang perjalanan, kamu bakal dimanjain dengan pemandangan perbukitan hijau Gunung Salak, juga ga bakalan ngerasa capek banget karena udaranya sejuk.

Kalo kamu nemuin jalan menanjak, tandanya kamu udah deket ke Pura. Jalanan ini bersih banget lho! Sebagai tempat ibadah, pastinya kebersihan di Pura Parahyangan harus selalu dijaga.

Kegiatan di Pura Parahyangan Agung Jagatkarta dan Sekitarnya

1. Menikmati Pemandangan Alam

Karena letaknya di kaki Gunung Salak, ngga heran dong kalo Pura Parahyangan Agung ini dikelilingi sama pemandangan yang indah banget. Di jalan menuju lokasi aja, kamu udah bisa nikmatin rasanya jalan kaki di jalan yang bersih. Adanya tumbuhan di sekitar lokasi ini juga nambah rasa sejuk saat kamu jalan-jalan di sini.

2. Melihat Arsitektur Pura Yang Menawan

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta Bogor
@triniamori

Pura ini adalah bangunan yang bersejarah, jadi kamu bisa ngeliat betapa hebatnya orang dari zaman dulu membangun tempat ini tanpa bantuan alat berat dan mesin-mesin modern. Tempat ini terbuka untuk umum, tapi kamu harus mematuhi aturan yang ada sebelum masuk. Salah satunya, kamu harus memakai baju yang sopan.

Kalo berkunjung ke Pura ini, jangan pake celana pendek dan sandal jepit. Usahain juga pake baju yang berlengan. Tapi kalo udah terlanjur, pihak pengelola Pura bakal minjemin kamu sarung buat dipake selama kamu ada di lokasi. Setelah syarat berpakaian udah kamu penuhi, kamu akan dapet pita kuning buat dipake di pinggang.

3. Foto-foto

Meskipun harus dihormati sebagai tempat ibadah, foto-foto narsis ngga dilarang kok. Jadi sayang banget kalo kamu ngelewatin kesempatan dapet banyak foto yang bagus di sini.

Banyak banget spot buat foto yang cantik di sini. contohnya halaman depan Pura, di mana kamu bisa ngeliat 3 gerbang utama Pura sekaligus. Setelah itu, coba liat relief di tembok-tembok yang ada. Intinya ke mana pun kamu beranjak, selalu ada pemandangan bagus yang bisa dinikmatin.

4. Meditasi

Buat kamu yang butuh ketenangan, coba deh meditasi di sini. area yang bisa dijadiin tempat meditasi namanya Jaba Jero yang terletak di tengah lokasi Pura Parahyangan.. Tempat ini mendukung banget buat meditasi karena diselimuti rumput hijau, plus suasananya tenang dan adem.

5. Mampir ke Air Terjun Nangka

Setelah puas mengunjungi Pura Parahyangan, kamu bisa mampir ke Curug Nangka. Lokasinya Cuma berjarak 2,5 km. Tapi hati-hati ya, di sini banyak monyet yang suka nyolong barang turis.

Harga Tiket Masuk Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Harga tiket masuk ke Pura Parahyangan Agung Jagatkarta adalah pada kisaran Rp 5.000 saja, harga yang terbilang murah bukan? Yuk, tunggu apa lagi, segera atur waktu buat bisa mengunjungi tempat yang satu ini.

Ulasan Asli Pengunjung

  • I Wayan Musnarendra
    2 minggu yang lalu
    Pura Parahyangan Agung Jagatkarta, terletak di Jl. Gn. Malang, Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610. Pada tanggal 19 Agustus 2018/seminggu menjelang Pujawali ke XIII (saat Purnamaning Ketiga tanggal 26 Agustus 2018), umat Hindu yang berada diseantero JABODETABEK berduyun duyun ngaturang ayah setelah melakukan Yoga Bersama dan kegiatan olahraga lain dipagi harinya.
  • Rieke
    2 bulan lalu
    Gak direncanain sih mau kesini . Waktu itu lagi nginep di sekitaran stasiun Bogor , di kamar penginapan ada koleksi foto di pura jagatkarta tsb . tanya2 ke pemilik kamar ternyata itu di Bogor . wah cus harus kesitu pemilik kamar juga mendadak jadi Tour Guide Sewa mobil lah kita , PP 175rb. kita berangkat jam6 pagi menempuh perjalanan sekitar 1,5jam Lokasi di kaki gunung Salak , tapi gak pedalaman bgt pemukiman lumayan padat Pura ini bukan untuk wisata , Sebelum masuk kita beli perlengkapan doa sprti seserahan / kembang juga dupa di warung persis sebelum masuk pura . kedalam hanya untuk yang berdoa aja & bawa perlengkapan doa. Buat cewek yg lagi haid gaboleh masuk yes. Baru masuk belum boleh foto2 , berdoa di tiga tempat brbeda . selesai berdoa sambil jalan keluar pura barulah foto2 , itu pun gak boleh trlalu bnyak menghormati yg lagi ibadah. Pura ini luas bgt dibanding pura2 di Bali , cek google ternyata ini pura terbesar ke 2 di indonesia
  • Puspa ningsih
    sebulan yang lalu
    Pura dengan lingkungan yg bersih, halaman yg luas, suasana asri, hening dan damai, bersembahyang jadi lebih khusyuk. Tersedia 20 Toilet yg bersih dan luas (peruntukan 10 untuk wanita dan 10 untuk pria) 🕉😇🙏
  • Dila Fadila
    2 bulan lalu
    Yang sedang datang bulan tidak boleh masuk ke area pura. Kalau melanggar bisa kesurupan. Pura ini bukan untuk berwisata. Untuk mengambil foto juga dibatasi. Tempatnya bagus sejuk dan ada suasana mistisnya. Disarankan untuk menyewa mobil kalau mau kesana karena jalannya menanjak.
  • sebatas mimpi
    2 bulan lalu
    Minggu kemaren kesini,ternyata blm bisa dikunjungi,akhirnya singgah ke lokasi agak diatasnya sedikit,kampung salaka,saran aja,jalannya nanjak bgt.. hati2 bawa motornya aja...periksa kondisi rem..lumayan terjal

Kasih Tanggapanmu Dong