Pura Besakih

Pura Besakih Bali

Lokasi:Desa Besakih
Open:Buka Setiap Hari Jam 09.00 - 17.00 WIB
Tiket:15000
Telepon:
Kategori:

Pura Besakih ➤ Informasi harga tiket masuk, rute menuju lokasi, jam buka, menikmati keindahan Bali Mother Temple, dan berburu sunset terbaik di Pura Besakih

Komplek peribadatan umat Hindu yang terdiri dari satu pura utama dan beberapa pura pendamping ini memang sangat terkenal dikalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Pesona keindahan dan kemegahannya menjadikan Besakih masuk ke dalam salah satu daftar warisan dunia UNESCO. Jadi wajar saja kalau tempat yang mendapat julukan Mother Temple Besakih ini selalu ramai oleh pengunjung.

Cara Menuju ke Pura Besakih

Lokasi Pura Besakih berada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem – Bali. Apabila kamu datang dari arah Kota Denpasar, jarak yang harus ditempuh untuk sampai kesini adalah 53 KM, atau kurang lebih satu setengah jam. Dari Denpasar, kamu bisa rental kendaraan pribadi, ikut open trip atau menggunakan angkutan umum yang tentunya akan memakan waktu lebih lama. BacaJuga: Pengen Tahu Tempat Tracking Seru, Nyaman dan Asri? Yuk Kunjungi Destinasi Wisata Berikut

Waktu Terbaik Untuk Datang ke Pura Besakih

Waktu terbaik untuk datang ke Pura Besakih sebenarnya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu, guys. Kalau ingin melakukan kunjungan wisata, tempat ini dibuka pukul 08.00 – 17.00 WITA. Tapi kalau ingin beribada, tempat ini dibuka selama 24 jam. Tapi sebaiknya kamu datang menjelang matahari terbenam deh, keindahan sunset disini sangat terkenal lho.

Hal Yang Bisa Dilakukan di Pura Besakih

Banyak hal yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi “Bali Mother Temple” ini, berikut di bawah ini adalah beberapa kegiatan yang mungkin bisa menjadi referensi bagi kamu.

1. Menyaksikan Umat Hindu Beribadah

Apabila kamu datang dari luar kota, tentunya kunjungan ke Bali tidak akan terasa lengkap kalau belum menyaksikan kegiatan beribadah Umat Hindu, bukan? Nah, Pura Besakih adalah tempat yang sangat tepat untuk bisa menyaksikan aktivitas agama Hindu secara lebih dekat. Yang penting menyesuaikan dengan hari beribadah saja supaya moment religi-nya lebih terasa kental. Baca Juga: Begini Hal Yang Bisa Dilakukan di Sangeh Monkey Forest Bali

2. Hunting Foto-Foto Ethnic

Bagi kamu yang tertarik mengabadikan warisan bersejarah dalam bentuk foto. Pura Besakih sangat direkomendasikan kepada kamu. Disini ada banyak pura yang bisa kamu jepret satu-persatu. Dan ngga lupa pula, desain arsitektur dan ukiran yang ada pada pura di kompleks ini juga berbeda. Jadi kamu bisa sekalian mempelajarinya nih, guys.

3. Menikmati Kemegahan Gunung Agung

Berdiri di area lereng Gunung Agung yang sangat populer, Pura Besakih memang menawarkan keindahan alam yang sangat menawan. Tidak heran kalau wisatawan sangat betah menghabiskan waktu dengan berlama-lama disini. Ditambah lagi udara yang sejuk juga akan membuai kamu, kalau tidak kuat iman maka kamu bisa ketiduran nih di tempat ini. Baca Juga: Di Tempat Ini Kamu Bisa Menyaksikan Pesona Tari Kecak Yang Legendaris

4. Berburu Sunset

Bali Mother Temple
@agusleohalim

Pura Besakih sangat terkenal dengan fenomena matahari tenggelam atau sunset-nya yang sangat mempesona. Jadi ngga heran kalau kawasan ini akan dikerubungi pengunjung saat senja hari. Bukan hanya itu, sensasi mistis Pura Besakih saat sunset juga sangat terasa sehingga akan membuat jiwa merasa damai. Oleh karena itu, jangan sampai kamu melewatkan sunset disini, guys.

5. Menentramkan Jiwa

Kamu yang selama ini dipenuhi keresahan akibat berbagai problema yang tidak kunjung selesai, maka bisa mengunjungi Pura Besakih untuk mencari ketenangan. Udara lereng pegunungan yang sejuk, tempat yang damai, dan juga suasana yang religius bisa membuat hati merasa lebih tenang. Berada disini, kamu dijamin bisa sampai lupa waktu.

Harga Tiket Masuk Pura Besakih

Harga tiket masuk Pura Besakih atau Bali Mother Temple adalah sekitar Rp 15.000/orang, kita akan mendapatkan pengalaman wisata yang berbeda ketika mengunjungi tempat ini.

Gimana guys? Jadi pastikan kalau kamu akan datang ke Mother Temple of Bali ini saat berkunjung ke Pulau Dewata, ya. Dijamin kamu ngga bakalan merasa menyesal, deh.

Ulasan Asli Pengunjung

  • Le Reve Premium Invitation
    seminggu yang lalu
    Pura Besakih sangat bagus dan terawat sekali, salah satu destinasi wajib saat ke Bali, namun sayang tidak didukung SDM yg baik. Di informasi awal saat pembelian tiket, biaya masuk turis domestik Rp 40.000 itu sudah termasuk tiket masuk, ojek, dan guide. Pada awalnya senang donk kami (saya dan suami), dengan harga 40rb per orang sudah dapat paket lengkap. Guidenya pun pengertian, tiap tempat beliau dengan sigap tanpa diminta membantu kami mengambil foto bersama. Wah luar biasa pikir saya. Namun keanehan mulai terasa. Guide belum ada seperempat jalan sudah terburu-buru berjalan, menjelaskan hanya sepotong-potong, dan parahnya ada tempat yang sengaja tidak dilewati (pura paling atas dewa angin), untung suami saya pernah menonton dokumentasi pura besakih, dan minta diantarkan kesana juga. Saat di akhir perjalanan beliau menjelaskan bahwa mereka tidak dibayar, mereka bisa hidup hanya dari tips turis saja. Saat itu saya langsung berikan Rp 50.000 yg sudah saya persiapkan sebelumnya. Apa yang terjadi? Guide tsb langsung membuka uang tipsnya di depan kami (dimana menurut kami itu tidak sopan), dan bilang tips tidak cukup, lalu meminta Rp 150.000 lah minimal, begitu. Setelah tips kami berikan, beliau berterima kasih, lalu beranjak pergi. Sebenarnya tidak masalah guide meminta tips kepada pengunjung, asalkan tidak dengan memaksa, dan mematok jumlah nominal tips yang diberikan, mengingat tips itu "keikhlasan" masing-masing orang. Kalau seperti ini terus-menerus, sayang sekali Pura Besakih ini, dengan keindahan luar biasa namun harus tercoreng perbuatan nakal oknum tertentu. JUJUR lah sedari awal, berikan pengunjung PILIHAN untuk MEMAKAI GUIDE atau TIDAK, sediakan buku panduan untuk yang memilih tidak menggunakan guide, kasihan bila ada pengunjung dengan dana terbatas yg harus mengalami hal seperti ini. Sakit tapi tidak berdarah namanya.
  • Dephie Dephonk
    sebulan yang lalu
    Ya Tuhan padahal Besakih in keren view na, kental sekali dan berasa religina. Aset Indonesia trutama Bali.. tp sayang pengelola'an trhadap para sdm diarea masuk pura dan di dalam pura kurang pengawasan..jadi semena2 terhadap wisatawan.. tahun 2005 sampai sekarang 2017 masih seperti itu malah tambah buanyak yg nggetok. Haaadeeh. seharusna di loket masuk dicantumkan dan dijelaskan yg diharuskan dipakai dalam pura apa saja dan jika tdk bawa bisa sewa dengan harga yg sudah dicantumkan.terutama dan yg paling penting adalah harga sewa guide itu paling penting banget spya mereka tidak semena2 terhadap wisatawan, dan rata kebagian semua.. seperti giliran gitu, jadi gak rebutan..kayak pasar aja.... contohna seperti di Borobudur, Yogyakarta..pengelola'ana q acungin jempol..semua dicantumkan jadi pengunjung merasa nyaman n aman.. ad asuransi jg.. itu masukan semoga didengar supaya besakih membuat kangen para wisatawan n gak kapok kesana lg.. panjang bener ya..... abis kesel bgt sama pungli
  • Dans
    sebulan yang lalu
    Tiket 40 ribu untuk domestik, termasuk tiket masuk, kain sarung, tour guide di pura, ojek naek dr tempat tiket ke pura ( tidak termasuk turun dr pura ke tempat parkir ) yg perlu diperhatikan ketika sampai di depan pura, hati2 terhadap para pedagang bunga buat sembayang, mereka akan mengerubungi kita & memaksa beli dengan harga yg cukup mahal dan dengan tambahan ini itu tentu dengan menambah harga juga tentunya. Saran saya abaikan mereka & cepet2 masuk pura. Untuk tour guide di pura sebenarnya sudah include sama tiket, tapi tidak ada salahnya kita memberikan tip, seiklasnya saja untuk tip & ucapan terima kasih. Hal ini karena mereka sangat ramah & detail dlm memberi informasi k kita.
  • Wiyono Zulqarnain
    3 bulan lalu
    Ternyata sudah banyak yg menjadi korban tidak menyenangkan di tempat yg disakaralkan dan disucikan. Banyak oknum yang memaksa dan tidak memikirkan nama baik tempat itu dan hanya berorientasi uang. 1. Waktu sampai di parkiran banyak ibu2 mendatangi wisatawan dan memakaikan bunga serta menyewakan sarung dan udeng dan sesaji yg masing masing disuruh bayar 20ribu-30ribu dengan memaksa dengan kata harus. 2. Ada guide local yang memandu wisatawan saat memasuki pura. Mereka tidak memperkenalkan diri tetapi lagsung mengarahkan dan menjelaskan sejarah pura. Di dalam pura tour guide ini membawa wisatawan berdoa dan disitu diwajibkan untuk membayar / bahasa halus nya beramal tapi mereka mematok harga 100rb per orang. Kita bisa menolaknya dengan cara yg baik dan memberi amal seiklasnya. 2000 atau 5000 3. Selepas mengantar keliling pura, tour guide tanpa basa basi meminta tips dengan cara paksa. Mereka meminta 100rb per orang. Tapi kasih aja seiklasnya. Jangan takut dimarahi krn itu sifatnya cuma tips. 4. Banyak anak kecil berkeliaran menawarkan kartu pos dengan memaksa juga. Alasan mereka untuk beli buku dll. Kl tidak mau beli katakan saja tidak. Atau kasih aja uang 2 ribu tanpa meminta kartu pos nya. Semoga bisa jadi saran dan tips sebelum anda berkunjung ke sana. Semoga pemerintah setempat dapat membuat regulasi yg lebih baik dan tidak merugikan bagi wisatawan. Tanpa wisatawan mereka tidak akan dapat apapun. Maka hendaklah perlakukan wisatawan dengan ramah dan tanpa memaksa.
  • hendri solo
    2 bulan lalu
    do not visit yhis yemple JANGAN BERKUNJUNG ke PURA INI. Oknum guide sangat tdak menyenangkan. Anda akan dipaksa u memakai jasa guide. Setelahnya anda di paksa u membayar dana punian dan setelah sampai di pura shiwa disana saya di suruh memberikan dana punian dan sang guide meminta dana punian dan berpura pura menaruh di belakang tempat pemujaan oadahal di kantongin sendiri. Kebetulan saya hamoir kena 1juta total u dana paksaan dana punian tersebut. Saya mau ngasuh 10 ribu ga bokeh heus lebih. Namanya beli kadek saya ada saksinya. Dan setelah membayar dana guide di awal setelah turun masih dimintai tips lagi. Saya kirim ke pemda setempat tudak ada jawaban. Sayang tempat suci dinodai dgn oknum guide sampah.

Kasih Tanggapanmu Dong