Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu Malang

Lokasi:Pulau Sempu, Hutan, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
Open:Buka Setiap Hari
Tiket:8000
Telepon:
Kategori:

Pulau Sempu Malang ➤ Informasi harga tiket masuk, rute menuju lokasi, jam buka, dan rasakan romantisme pulau bareng pasangan di Pulau Sempu Malang

Keindahan Pulau Sempu Malang memang sudah santer terdengar, bukan hanya dikalangan wisatawan lokal, banyak wisatawan mancanegara yang juga datang ke Malang dengan tujuan khusus untuk menikmati keindahan Pulau ini. Wajar saja, pulau yang letaknya sangat tersembunyi ini memang sangat eksotis dan berbeda. Sehingga tidak heran jika menjadi buruan turis.

Cara Menuju ke Pulau Sempu Malang

Meskipun akses ke area Pulau Sempu ini masih sangat minim, tapi bukan berarti kamu ngga bisa sampai ke tempat ini. Namun alangkah lebih baik lagi kalau kamu membawa kendaraan pribadi karena apabila naik angkutan umum akan cukup ribet. Lokasi tepatnya ada di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang – Jawa Timur. Untuk bisa sampai ke tempat ini, kamu harus naik perahu juga lho.

Waktu Terbaik  Untuk Datang ke Pulau Sempu Malang

Sebelum datang ke tempat ini, kamu memang dituntut untuk datang pada waktu-waktu tertentu, guys. Karena rute perjalanan ke Pulau Sempu memang tidak bisa dibilang mudah. Akan lebih baik kalau kamu mulai jalan di pagi hari sehingga bisa tiba tepat waktu. Untuk bisa mencapai pulau ini, kamu harus jalan kaki melewati hutan liar dan

Hal Yang Bisa Dilakukan di Pulau Sempu Malang

Minimnya jumlah wisatawan yang bertandang ke Pulau yang satu ini, tentunya membuat banyak orang akan langsung bertanya tentang “Apa sih yang bisa didapatkan di tempat tersebut?” Nah di bawah ini adalah beberapa hal unik yang hanya bisa kamu dapatkan di pulau terpencil ini.

1. Hunting Foto

Pulau Sempu
@mnarifinn

Tangan siapa yang ngga akan gatal untuk langsung jeprat-jepret saat menginjakkan kaki di Pulau Sempu? Keindahan pulau kecil yang menyapa saat pertama kali datang tentunya terasa lebih menggairahkan dibandingkan pelukan mantan. Airnya yang jernih, pantai berpasir putihnya yang menggoda dan juga gugusan tumbuhan liar disekitarnya memang suatu perpaduan yang sempurna untuk selfie.

2. Camping Seru

Kamu bisa melakukan kegiatan camping asyik di tempat ini lho. Tentunya harus mengantongi izin dari pihak pengelola terlebih dahulu. Bayangkan aja sensasi camping di sebuah pulau yang dikeliling hutan. Pasti bakal seru banget. Gimana, pasti langsung mupeng kan?

3. Buat Honeymoon Juga Oke

Keindahan alam yang ditawarkan Pulau ini memang sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin melakukan perjalanan honeymoon beda, romantis tapi murah. Jangan salah lho guys, daripada jauh-jauh bulan madu-an ke Thailand, kamu lebih baik datang ke Pulau Sempu Saja. Karena pesona tempat ini digadang-gadang lebih worth it dibandingkan dengan Phi-Phi Island yang terkenal itu.

4. Sesekali Me Time Juga Perlu

Kamu yang membutuhkan “me time” atau waktu untuk bercengkrama dengan diri sendiri. Bisa langsung memasukkan Pulau Sempu ke dalam bucket list. Udara yang segar, kesunyian alam yang bersahabat dan juga pemandangan yang super indah dijamin bisa membuat kamu terlena. Sekali datang kesini, kamu bakal ngga mau pulang deh.

5. Mencari Ketenraman Jiwa

Kalau selama ini pikiran kamu mampet dan buram karena skripsi yang tak kunjung di acc, maupun cinta yang terus ditolak. Tempat adalah tempat menyendiri yang paling cocok untuk kamu. Selain bisa mencuci mata, disini kamu juga bisa mencuci otak supaya bisa lebih fresh. Jadi wangsit bisa lebih gampang didapatkan. Kalau udah begini, semua masalah bakal ilang.

Harga Tiket Masuk Pulau Sempu Malang

Harga tiket masuk ke Pulau Sempu adalah sebesar Rp 8.000/orang, untuk bisa sampai ke pulau ini memang cukup menguras waktu. Namun akan terbayar dengan keindahan yang disajikan di pulau ini.

Gimana guys? Pasti sekarang kamu sangat menggebu-gebu untuk datang ke Pulau Sempu, kan? Jadi tunggu apa lagi? Yuk, langsung ambil backpack dan let’s go!

Ulasan Asli Pengunjung

  • Aimin Embisa
    sebulan yang lalu
    Salah satu pulau terindah yang keindahannya bukan hasil editan alias benar-benar indah karena letaknya yang cukup sulit dijangkau. Untuk bisa sampai ke pulau ini. For your information, Pulau ini ditumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar dan merupakan cagar alam yang dikelolah oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. Letak dari pulau ini tepatnya di selatan Pulau Jawa, tepatnya di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk sampai ke pulau ini perlu ke dermaga di Sendang Biru kemudian menyewa kapal menuju ke Teluk Semut yang merupakan gerbang masuk menuju Pulau Sempu. Setelah itu untuk sampai ke pantainya, perlu berjalan lagi melewati hutan dan jalan kecil yang apabila musim hujan jalanan tersebut akan becek akan tetapi bila sudah sampai, semua kelelahan tersebut akan terbayar dengan keindahan serta keunikan Pulau Sempu. Di sini juga tidk ada toilet umum alias masih alami dan apabila anda hendak menginap sebaiknya bawa perlengkapan sebagaimana mau mendaki gunung. Tidak ada yang berjualan dan tidak boleh buang sampah sembarangan untuk menjaga kelestarian lingkungan Pulau Sempu. Beberapa saran perlengkapan yang harus dibawa ketika mau ke Pulau Sempu. Tenda, nesting, kompor gas mate/spirtus, bahan bakar, kamera, carrier, pakaian ganti, sandal/sepatu, matras, senter, jas hujan, tisu basah, gunting, air mineral, baju renang, korek api, pisau, peralatan makan, peralatan sholat & mandi, p3k, konsumsi secukupnya. Demikian Review saya kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.
  • Joko Yuwono
    2 bulan lalu
    Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa secara administratif berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar ini adalah cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. Secara resmi tempat ini diakui sebagai cagar alam sejak 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Secara geografis, Pulau Sempu terletak di antara 112° 40′ 45″ - 112° 42′ 45″ bujur timur dan 8° 27′ 24″ - 8° 24′ 54″ lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektare, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Indonesia di sisi selatan, Timur dan Barat. Pulau Sempu memiliki berbagai jenis ekosistem mulai dari hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah yang mendominasi seluruh pulau. Vegetasi yang ditemukan di Pulau Sempu diantaranya adalah bendo (Artocarpus elasticus), triwulan (Terminalia), wadang (Pterocarpus javanicus), ketapang (Terminalia catappa), waru laut(Hibiscus tiliaceus), pandan (Pandanus tectorius), Mangrove (Rhizophora mucronatadan Rhizophora apiculata), dan banyak lagi. Menariknya, nama Sempu dikatakan diambil dari nama salah satu jenis pohon yang ditemukan di pulau itu, namun pohon tersebut hampir sulit ditemukan saat ini. Sebagai cagar alam, Pulau Sempu terlarang dikunjungi untuk tujuan wisata . Tetapi kenyataannya, Pulau Sempu masih saja diperbolehkan untuk kegiatan wisata oleh pihak pengelola yang tentunya bertolak belakang dengan status Pulau Sempu.
  • Aditia Hakam Raharsanto
    3 bulan lalu
    Pulau Sempu disebut sebagai salah satu surga dunia. Pulau yang terletak sekitar 75 km dari pusat kota Malang ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Tempat wisata alam ini merupakan kawasan cagar alam yang dikelolah oleh pemerintah kota. Vegetasi di sini cukup beragam mulai dari hutan pantai, hutan tropis sampai hutan bakau. Hanya itu saja yang dimiliki Pulau Sempu? Tunggu. Yang paling menarik di sini adalah Segara Anakan yang merupakan sebuah danau di tengah pulau dengan luas 4 hektar. Segara Anakan menjadi daya tarik utama tempat wisata di Malang ini. Air dari telaga berasal dari ombak laut selatan yang masuk melalui lubang tebing di sisi danau ini. Air di danau dingin dan sangat jernih sampai Anda bisa melihat dasar danau dengan mudah. Di sini, Anda bebas berenang, memancing atau bermain di pasir putihnya yang landai. Untuk menuju ke pulau ini memang tidak mudah. Anda terlebih dahulu harus naik perahu motor dari Pantai Sendang Biru. Jangan lupa menyimpan nomor telepon nelayan pemilik perahu untuk dijemput lagi saat Anda akan pulang. Begitu turun dari perahu, perjalanan Anda masih belum selesai. Anda harus trekking cukup panjang melewati hutan konservasi. Kelelahan akan terbayar lunas saat Anda melihat keindahan Segara Anakan yang masih sangat alami. Pulau ini memang tidak berpenghuni, sehingga jika ingin menginap, satu-satunya cara adalah dengan berkemah.
  • yoogha1725
    sebulan yang lalu
    Salah satu pulau eksotis di selatan pulau Jawa. Untuk sampai ke pulau ini harus menyeberang dulu dari pantai Sendang biru. Banyak spot menarik yang bisa dikunjungi di pulau Sempu, misalnya Teluk Air Tawar, Segara Anakan, Telaga Lele, Teluk Waru Waru. Bagian paling eksotis adalah sisi selatan pulau yang menghadap samudera Hindia. Ombaknya besar, tetapi pantainya lebih indah dibandingkan bagian utara yang menghadap Sendang Biru. Untuk menempuh satu demi satu pantai yang ada di sisi selatan agak sulit medannya, harus melewati tebing karang. Pulau ini memiliki pohon pandan yang besar tetapi berduri daunnya. Kalau mau camping bisa di Segara Anakan, atau pilihan lain di dalam pulau di Telaga Lele yang ada di tengah hutan. Kalau mau eksplorasi ke dalam pulau, lebih banyak hal menarik dibandingkan hanya bermain pasir di pantai.
  • Asmuji G
    3 minggu yang lalu
    Pulau sempu terletak di malang selatan, tepatnya di pantai sendang biru. Untuk ke pulau sempu kita menyeberang dengan kapal nelayan selama 15 menit, dan harus sudah izin dahulu kepada jagawana. Karena tempat ini merupakan wilayah konservasi. Di pulau sempu kita dapat menemukan telaga yang sangat indah, yaitu telaga segara anakan. Untuk ke telaga ini kita harus berjalan kaki dahulu selama kurang lebih 1 jam.

Kasih Tanggapanmu Dong