Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi:Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, DIY
Open:07.00-18.00
Tiket:5000
Telepon:

Gumuk Pasir Parangkusumo ➤ Ketahui harga tiket masuk, cara menuju kesana, dan hal yang bisa dilakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta. Wisata foto hits dekat dengan Pantai Parangtritis.

Sebagai salah saru destinasi wisata favorit wisatawan, Gumuk Pasir Parangkusumo memang menawarkan pemandangan yang tidak biasa. Kamu yang selama ini memimpikan bisa berkunjung ke gurun pasir bisa langsung datang kesini. Karena tempat ini menawarkan pemandangan dan sensasi ala Padang Sahara yang sangat unik. Dan pastinya ngga akan kamu temukan di daerah Indonesia yang lain.

Cara Menuju ke Gumuk Pasir Parangkusumo

Terletak di Jalan Pantai Parngkusumo, Grogol, Kretek, Parangtritis, Bantul – Yogyakarta. Gumuk Pasir ini berada tepat di sebelah kanan sebelum Pantai Wisata Parangtritis apabila kamu datang dari arah Jogja. Kalau dari pusat Kota Jogja, waktu tempuh menuju tempat ini kurang lebih adalah 45 menit – 1.5 jam. Tergantung tingkat kemacetan lalu lintas dan kecepatan mengendarai juga.

Waktu Terbaik Untuk Dataang ke Gumuk Pasir Parangkusumo

Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo ini adalah pada sore hari. Jadi kamu bisa sekalian menikmati pemandangan matahari tenggelam juga. Kalau datang di siang hari, tempat ini akan amat sangat panas dan langsung membuat kulit jadi eksotis. Karena yang namanya padang pasir mini, pastinya kamu sudah tahu resiko kalau datang di siang yang panas dan terik.

Hal Yang Bisa Dilakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo

Walaupun tempat ini sangat identik dengan penyajian pemandangan khas ala padang pasir, tapi nyatanya ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakuin disini. Tentunya bukan cuma bisa hunting foto bagus aja, tapi ada beragam aktivitas yang ngga kalah uniknya.

1. Hunting Foto Saat Sunset

Hunting Foto Gumuk Pasir Parangkusumo
Instagram : margaretadi_

Disini kamu bisa hunting foto dengan background ala padang pasir. Biar feel-nya makin terasa, kamu juga bisa property foto yang lengkap, guys. Baru deh dipajang di sosial media. Apalagi kalau kamu datang dari luar Jogja, pastinya foto kamu akan kelihatan sangat beda dan bisa deh show up sedikit. Kalau perlu ngibulin temen kalau kamu abis wisata dari Gurun Gobby *Lol.

2. Sandboarding, Main Selancar Diatas Pasir

Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

Uniknya, disini kamu bisa nyobain aktivitas sandboarding hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 70.000. Ini sudah paket lengkap lho, guys. Sudah termasuk untuk sewa papan dan juga pemandu yang akan ngajarin kamu cara meluncur dengan benar. Supaya kamu ngga berakhir nyungsep dan malah ciuman sama pasir yang tidak bersahabat.

3. Pre-wedding Anti Pangling-Pangling Club

Prewed di Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo ini memang sudah sangat terkenal sebagai salah satu tempat pre-wedding yang paling laris di Jogja. Karena angle-nya memang perfect banget. Meskipun begitu, kamu yang mau foto pre-wedding disini, jangan lupa untuk bawa perlengkapan super komplit karena tiupan angin sedikit aja bisa membuat kamu dihujani pasir. Jadi harus buat persiapan ekstra.

4. Bikin Video Klip

Kamu yang lagi bingung cari tempat buat video klip narsis, bisa banget ngelakuin aktivitas ini di Gumuk Pasi Parangkusumo ini. Pastinya hasil yang didapatkan bakal lebih bagus. Terutama karena background-nya emang cucok banget sehingga bisa mendukung wajah dan tampilan kamu yang pas-pasan. Just info, AgnezMonjuga pernah buat klip single “Godain Aku Lagi” di tempat ini lho!

5. Berburu Badai Pasir

Bagi yang hidup di Indonesia, pastinya fenomena badai pasir ini hampir tidak pernah bisa ditemui. Tapi nyantai aja, kamu bisa banget kok berburu badai pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo. Walaupun kelihatan agak norak, tapi sebenarnya aktivitas ini seru banget. Meski ngga seheboh yang terjadi di padang pasir atau gurun sana, yang penting kamu bisa melihat fenomena pasir berputar seperti gasing.

Kalau udah baca berbagai kegiatan keren di atas, pastinya kamu bakal lebih ngga sabar lagi untuk datang berkunjung, kan? Sebenarnya wajar saja, karena siapa sih yang ngga merasa tertarik buat bisa menikmati hal-hal seru ala pasir di negara beriklim tropis? Makanya, jangan mikir lama lagi. Yuk langsung cus ke Gumuk Pasir Parangkusumo!

Ulasan Asli Pengunjung

  • Ningrum Sri Indayani
    2 minggu yang lalu
    Lokasinya di bantul, deket sama pantai parangtritis, waktu tempuh dari pusat kota kurang lebih 1 jam. Pasirnya lembut, banyak spot foto, ada gardu pandang buat bisa lihat pemandangan dari atas, ada ayunannya, ada taman bunganya, ada juga penyewaan sand boarding buat ngerasain sensasi meluncur dipasir. Bisa jadi tempat buat lihat sunset sekalian foto-foto. Cocok juga buat foto prewed. Kondisi jalan mulusss, jalanannya juga gak naik turun, gak berkelok-kelok juga, yaaa standar aja pokoknya, kayak jalanan kota. Yang lagi maen ke jogja, ini gak jauh dari pusat kota, dan gak perlu jauh-jauh ke padang pasir arab buat ngerasain sensasi main di pasir, hihihiii 😄😄😄
  • Ahmad'S LingTech
    seminggu yang lalu
    Tempat yang unik dan menarik untuk berfoto-foto. Seperti namanya, tempat ini berupa gundukan-gundukan pasir yang membuat tampak seperti padang pasir di antara padang sabana. Namun, saat musim hujan akan ada genangan air besar yang menyerupai danau di wilayah gumuk pasir ini. Hal itu akan membuat wilayah ini semakin unik.
  • Hersi Elsian
    2 minggu yang lalu
    Tempatnya keren sih buat foto2, lumayan bisa mempercantik feeds instagram... hehe... buat kesini cuma bayar parkir aja, 3000/motor, sangat murah. Saran saya klo kesini mending pagi2 atau sore, karena klo pas matahari terik2nya, duuuuh panasnya minta ampun, pas foto juga muka jadi ngernyit2 g jelas karena kepanasan... hehe Trus selain buat foto2 kece, di sini juga bisa sand boarding, tpi kayanya harus bawa peralatan sendiri, karena saya tidak melihat penyewaan alat untuk sand boardingnya... oh yah, beres foto2 dan panas2an jangan lupa cobain juga kelapa mudanya, segernya poll... 👍
  • dian Kurniasih
    3 minggu yang lalu
    Gumuk pasir Parangtritis merupakan wisata yg unik di kawasan Pantai Selatan. Konon,, gumuk pasir seperti ini ganya ada dua di dunia. Gumuk pasir ini merupakan habitat alami in situ, yaitu lingkungan tempat satwa dan tumbuhan dapat hidup dan berkembang secara alami di tempat aslinya. Tempat ini dilindungi lhoo.. Gumuk pasir ini wajib dipelihara.. Memelihara artinya pencegahan dari kerusakan; mempertahankan keutuhan; menetapkan batas wilayah Habitat Alami; menjaga kualitas lingkungan; dan meniadakan potensi gangguan dan ancaman. Jadi jangan sembarangan merusak dengan dalih "memanfaatkan" gumuk pasir ini..
  • Pipit Pitaloka
    seminggu yang lalu
    Salah satu destinasi wisata yg ada di jogja (+/- 40 menit dari alun2 kidul), namu ln tempat ini akan lbh baik di kunjungi pd pagi hari atau sore hari pukul 16.00, karena cuaca yang sangat panas di siang hari.

Kasih Tanggapanmu Dong