Tempat Wisata di Dompu

15 Tempat Wisata di Dompu dan Bima NTB Paling Populer

Tempat Wisata di Dompu dan Bima Nusa Tenggara Barat. Daftar wisata murah di Dompu disertai foto lokasi wisata terlengkap.

Selamat berlibur teman-teman, mungkin di antara teman-teman semuanya ada yang berencana liburan ke Bima dan Dompu. Kali ini aku mencoba me-list tempat-tempat terbaik yang pernah alu kunjungi di Bima dan Dompu.

Tempat Wisata di Dompu

1. Pulau Kelapa

Tempat Wisata di Dompu: Pulau Kelapa Dompu
Pulau Kelapa Dompu

Ini adalah tempat terbaik sejauh ini yang pernah aku lihat di Bima. Meskipun untuk kesini harus bertaruh nyali dengan ombak yang cukup menegangkan. Tapi kalian tidak akan menyesal setelah sampai ke pulau dengan pemandangan komodo island di bagian timur-nya ini.

Sebenarnya setelah menyandarkan perahu ke bibir pantai, kita harus melakukan trekking terlebih dahulu sekitar 30 menit. Namun jangan sedih, sepanjang perjalanan, teman-teman akan disuguhkan pemandangan bukit yang indah dan mengagumkan.

Belum lagi, ketika teman-teman sudah sampai ke titik utama, pastinya akan di buat takjub dengan pemandangan bukit-bukit kecil yang bejejeran diantara laut dan pantai. Sangat cocok, jika teman-teman ingin berfoto instagrameble di sini. Jika kalian menginap di sini, pagi-paginya teman-teman akan melihat matahari terbit yang sangat indah.

2. Pantai Tanawu Tolo Moro

Tempat Wisata di Dompu: Pantai Tanawu Tolo Moro Dompu

Pantai ini terletak di kecamatan Parado, kabupaten Bima. Meskipun akses menuju pantai tanawu ini terbilang sangat susah, tapi teman-teman tidak akan menyesal setelah sampai ke bukit di ujung jalannya. Hamparan degradasi laut dijamin akan menakjubkan mata. Kemudian jika teman-teman mendekat ke pantainya, kalian akan disuguhkan dengan laut yang jernih, pasir yang terkadang berwana putih dan sebagian lainnya berwarna hitam. Dan yang lebih menarik adalah, pasir hitamnya akan berkilauan jika terpapar sinar matahari. Belum lagi, bebatuan dan beberapa spot lainnya yang menarik perhatian untuk di abadikan.

3. Nisa Pudu

Nisa Pudu Dompu

Pulau kecil ini berlokasi di desa Soro, Kempo, di Dompu. Jika ingin ke sini, sebaiknya teman-teman menginap saja, karena akan banyak spot yang bisa diabadikan di setiap perubahan pasang surut air laut. Sun set di tempat ini juga sangat keren. Begitu juga dengan terumbu karangnya. Pokoknya kalian akan sangat bersyukur karena sempat mengunjungi surga yang terjatuh di Dompu ini.

4. Mendaki Gunung Tambora

Tempat Wisata di Dompu: Mendaki Gunung Tambora

Jika teman-teman lebih suka mendaki, di Bima dan Dompu juga memiliki gunung yang cukup mumpuni untuk di jejaki. Adalah tambora, dengan ketinggian antara 2400 – 2900 mdpl, memang gunung ini tidak begitu tinggi dibanding gunung-gunung yang terkenal sa’at ini. Tapi jangan salah teman-teman, basecamp pendakian gunung tambora ini berda di ketinggian 100mdpl. Jadi, perlu fisik dan mental yang kuat untuk bisa sampai ke puncaknya. Setelah sampai di pucak tambora, teman-teman akan disuguhkan kaldera raksasa. Sementara pemandangan disekitarnya adalah hamparan savana sejauh mata memandang. Mantap jiwa dah pokoknya mendaki gunung tambora ini.

5. Pantai Pink

Pantai Pink Dompu

Mungkin teman-teman tidak begitu mengenal pantai pink yang ada di Bima ini, tapi jika dibandingkan dengan pantai pink di tempat-tempat lain, di sini memiliki pasir paling merah muda dan juga lebih halus. Untuk ketempat ini, bisa menggunakan sepeda motor atau perahu seperti mangge longko. Ya, memang pantai pink ini masih berada di kawasan yang sama dengan mangge longko. Bibir pantai pantai ini cukup panjang, sangat cocok buat menikmati pemandangan laut dan bukit-bukit rerumputan yang keren. Sekilas, bukit-bukit ini mengingatkan ku dengan waingapu di sumba.

6. Pulau Ular

Pulau Ular Dompu

Pulai ini terletak di desa Pa’i di Wera. Seperti namanya, terdapat banyak ular di sini. Banyak mitos yang menyertai pulau kecil ini, mulai dari pulau kutukan sampai mitos tentang perahu penjajah yang karam, kemudian awak kapalnya berubah menjadi ular. Tetapi, terlepas dari itu, sebenarnya ular disini sangat berbahaya teman-teman. Namun karena tipikalnya yang tidak agresif, membuatnya tidak menyerang jika di sentuh ataupun di pegang. So, tetap waspada ya jika berkinjung ke sini.

7. Pulau Satonda

Pulau Satonda Dompu

Pulau dengan danau di tengahnya ini berada di atara Bima dan Dompu. Namun menurut peta, pulau ini sudah masuk kedalam kabupaten Dompu. Terlepas dari itu, banyak yang bilang pulau ini adalah hasil letusan gunung tambora lebih dari 200 tahun yang lalu. Sementara danau didalamnya disebut-sebut sebagai miniaturnya kawah tambora. Selain itu, terdapat sebuah mitos, jika menggantungkan harapan di pulau ini, maka harapan tersebut akan terkabulkan. Cara menggantungnya cukup unik, yaitu dengan mengikat batu di pohon seperti ini.

8. Mangge Longko

Mangge Longko Dompu

Mangge longko adalah salah satu tempat keren yang ada di kecamatan Lambu, kabupaten Bima. Untuk sampai ketempat ini, kita harus berkendara motor dengan medan yang cukup sulit. Selain itu, teman-teman juga bisa menggunakan perahu dari pelabuhan sape. Banyak sekali spot yang bisa dinikmati di mangge longko ini. Seperti batu ini misalnya, orang-orang memanggilnya batu pentas, kemudian terdapat juga beberapa pantai keren dengan pasir putih yang jernih dan lembut. Mantap bangat deh tempat ini untuk tadabur alam.

9. Nisa Bea

Nisa Bea Dompu
Nisa Bea Dompu

Pulau kecil yang satu ini memang sekarang lagi hits-hitsnya. Tempatnya yang tenang, air laut yang jernih serta sedikit terumbu karang. Membuat aku membandingkan Nisa Bea ini dengan Gili Trawangan. Jika berniat ke sini, aku saranin untuk menginap saja, biar teman-teman bisa menikmati sun set serta sunrisenya.

10. Uma Lengge

Uma Lengge Dompu

Jika teman-teman ingin melihat bangunan tradisional suku Mbojo. Boleh nih kalian mengunjungi Uma Lengge yang terletak di desa Maria, kecamatan Wawo. Dulunya, Uma Lengge ini bangun oleh masyarakat Bima untuk menyimpan padi ataupun hasil pertanian lainnya. Jadi bisa di bilang, bangunan ini merupakan pertahanan pangan Bima, tempo dulu.

11. Bajo Pulo

Tidak jauh dari pelabuhan Sape, terdapat sebuah pulau yang di huni oleh suku bajo di Bima. Pulau ini memiliki bibir pantai yang panjang dengan pasir yang sangat putih. Selain itu terdapat sebuah bukit yang instragameble bangat. Cocok nih buat memperkeren feed instagram teman-teman.

12. Pantai Wane

Pantai yang satu ini berada di selatan kabupaten Bima, tepatnya di kecamatan Monta. Seperti tipikal pantai selatan biasanya, ombak di pantai ini sangat besar. Cocok buat beradu nyali dengan berselancar. Salah satu keunggulan lain pantai ini adalah, dari semua list yang aku berikan, ini adalah pantai yang paling dekat dengan bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Jika berkunjung ke Bima, boleh lah pemanasan dulu ke Pantai ini.

13. Pantai Lariti

Jika di Korea Selatan perlu menunggu beberapa tahun untuk melihat keajaiban musa. Beda halnya dengan pantai lariti ini. Di sini kita tidak perlu menunggu selama itu, karena kita bisa menikmatinya setiap hari. Pantai yang terletak di Desa Soro, Kecamatan Lambu ini, kini semakin cantik dengan taman mangrove-nya. Wah cocok banget nih untuk ber swa foto dengan teman ataupun keluarga.

14. Sarae Nduha

Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Tambora, sudah pasti tempat ini menjadi dalah satu tempat yang keren di Dompu. Selain menikmati dan berfoto di gunungan pasir yang memberikan kesan longsor karena bertabrakan langsung dengan arus laut. Di sini juga kita bisa menikmati hamparan savana yang sagat luas. Pokoknya tidak akan nyesal deh jika datang ke tempat ini.

15. Pantai Oi Fanda

Pantai Oi Fanda ini terletak di kecamatan Ambalawi, di Kabupaten Bima. Pantai ini masuk rekemendasi karena keunikan warna airnya yang kehijauan. Tidak heran di beri nama oi fanda atau dalam bahasa Indonesia yang berarti daun pandan. Pantai ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga sambil memakan ikan atau salome, si pentol cocol khas Bima.

15 Tempat Wisata di Dompu NTB merupakan artikel karya Rachman Marangga.