Tebing Breksi Jogja

Lokasi:Sambirejo, Prambanan, Sleman, DIY
Open:Senin: 06.30–22.00 Selasa: 06.30–22.00 Rabu: 06.30–22.00 Kamis: 06.30–22.00 Jumat: 06.30–22.00 Sabtu: 06.30–22.00 Minggu: 06.30–22.00
Tiket:2000
Telepon:

Kamu yang pengen eksis update foto tempat kekinian di Jogja ke media sosial. Wajib banget untuk mengunjungi Tebing Breksi, guys! Yups, tempat ini memang lagi nge-hits di Instagram. Jadi ngga heran kalau objek wisata yang terbentuk dari bekas galian tambang ini jadi buah bibir di seantero dunia maya. Bukan cuma dikunjungi warga lokal, wisatawan dari luar kota dan luar negeri ngga mau kalah.

Cara Menuju ke Tebing Breksi

Kalau kamu mau berangkat dari arah kota Jogja, tempat ini gampang banget kok ditemukan. Kamu tinggal ambil rute ke Jalan Solo arah Prambanan. Karena lokasinya ada persis di bagian sebelah selatan Candi Perambanan dan dekat dengan kompleks Candi Ratu Boko serta Candi Ijo. Tepatnya, ada di Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman – Yogyakarta. Sekitar 1 km sebelum Candi Ijo karena berada satu arah.

Karena untuk masuk kesini ngga ada angkutan umum, jadi kamu harus bawa kendaraan pribadi, guys. Atau kalau datang dari luar kota dan ngga mau ribet sewa motor, bisa naik bus Trans Jogja dan turun di shelter Prambanan. Setelah itu tinggal lanjutin perjalanan naik ojek saja. Tarif yang dikenakan ojek konvensional biasanya mulai Rp. 20.000.

Waktu Terbaik Untuk Datang

Tebing Breksi ini sangat terkenal dengan pemandangan sunset-nya yang indah. Jadi kalau mau dapat moment yang pas untuk foto, sebaiknya datang di sore hari pas matahari udah mulai turun. Di samping itu, kalau datang di siang hari kurang recommended juga karena saat cuaca panas, kamu bisa jadi gosong disini. Karena tempatnya terbuka dan selain itu ngga ada pondokan untuk berteduh.

Hal Yang Bisa Dilakukan

Bingung mau ngapain aja pas berkunjung ke Tebing Breksi? Nah, ini nih kegiatan yang bisa kamu lakuin saat berkujung. Check it out, guys!

1. Hunting foto dengan background sunset di Tebing Breksi

Wisata Foto di Tebing Breksi
Instagram: ragabatu

Hunting foto dengan background sunset di Tebing Breksi memang luar biasa sekali. Jadi inget sama lagunya Led Zeppelin, Stairways to Heaven. Kok bisa? Disini ada tangga super epic untuk naik ke atas tebing dan kalau angle fotonya tepat, kamu pasti bisa mendapatkan hasil yang super bagus. Dan bakalan langsung lupa kalau kamu ternyata masih ada di Jogja.

2. Panjat Tebing

Kamu yang berjiwa petualangan dan pengen ngerasain sensasi liburan berbeda di Jogja seperti panjat tebing, bisa langsung cus ke Tebing Breksi, guys. Disini ada spot foto untuk itu, dan dijamin kamu bakalan ngerasain sensasi petualangan yang berbeda di tempat ini.

3. Pre-wedding dengan latar belakang alami

Pre Wedding di Tebing Breksi

Yang punya pasangan dan pengen punya foto ala pre-wedding juga bisa menjadikan Tebing Breksi sebagai salah satu alternatif lho. Ngga perlu sewa fotografer profesional dan bawa DSLR segala. Kamu bisa minta bantuan sama teman yang hobi fotografi dan berbekal Hp dengan kamera lumayan canggih aja. Karena arsitekturnya yang memang udah mendukung, jadi foto juga bakal bagus. Tapi kalo untuk keperluan serius ya, bawa fotografer beneran dong.

4. Menikmati Keindahan Alam

View Tebing Breksi dari Atas
Foto: halojogja com

Setelah menempuh perjalanan melalui banyak anak tangga untuk bisa sampai ke atas bukit. Kelelahan kamu itu akan langsung tebayar tuntas, guys. Pemandangan yang bisa kamu nikmati dari atas tebing ini benar-benar bisa membuat pikiran melayang jauh. Dari atas, kamu bisa menyaksikan kemegahan Gunung Merapi, Candi Prambanan dan Candi Barong yang sangat menakjubkan.

5. Belajar Geologi

Eitss, selain sebagai ojek wisata. Tebing Breksi ini juga bisa dijadikan sebagai tempat belajar lho. Terutama bagi kamu yang mengambil mata kuliah Geologi. Nah, disini kamu bisa belajar banyak hal tentang proses terjadinya pembentukan tanah bekas pertambangan ini. Selain itu, ada berbagai ornamen artistik baik dalam bentuk seperti pahatan dan juga arsitektur yang terjadi secara alami.

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini sangat murah, yakni berkisar antara 2000 sampai 10.000 rupiah per orang.

Gimana guys, banyak banget kan hal yang bisa kamu lakuin di Tebing Breksi? Jadi ngga perlu ragu dan takut kecewa buat yang pengen berkunjung kesini. Selain itu, budget yang dibutuhkan juga amat sangat minim. Karena masuk tempat ini free dan cuma dikenakan biaya parkir doang. So, what are you waiting for?

Featured photo by: maleostory

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Tebing_Breksi

Ulasan Asli Pengunjung

  • faizatul fitri
    dalam minggu terakhir
    Masih dalam suasana tahun baru nih gaesss,,, udah kemana aja kalian. Mungkin ada yang belum liburan sama sekali, atau bahkan justru malah sudah berkelana menjajah alam sampai keujung dunia. Keren sekali ya gaesss Nah kali ini kita akan mengulas tentang tebing breksi, yang cucock bangetzz pake z buat referensi kalian yang belum pernah kesana. Atau sudah ada niatan tapi belum juga bisa kesana dan baru bisa menikmati keindahannya d google. 'TEBING BREKSI' sebagaimana namanya tak khayal jika letak tebing breksi ini berada di ketinggian kota yogyakarta, tepatnya di sleman. Akses jalan kesana pun untuk saat ini baru bisa dilewati oleh mobil-mobil kecil. Bagi kalian yang menggunakan bus nantinya parkir diluar lokasi yang kemudian dapat dilanjut dengan travel yang tersedia disana. Nah,,, bagi kalian nih yang belum ngerti apa itu tebing breksi,,, kurang lebihnya ya layaknya tebing tebing pada biasanya. Yang berbeda dengan tebing ini yakni tebing ini dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi suatu hal yang menarik minat para wisatawan. Di tebing breksi ini terdapat berbagai macam ukiran yang diukir langsung di tebing tersebut. Salah satunya ukiran naga yang menjadi icon menarik di tebing breksi ini. Selain itu disini juga disediakan berbagai top selfi yang instagramable bgt pokoknya. Warung makan, mushola, dan toilet umum pun ada disini. Jadiii kapan kalian mau kesini dan menikmati indahnya tebing breksi..........
  • Tiara Ashria
    seminggu yang lalu
    Jalur kesini nanjaknya lumayan bikin deg2an. Krn jalurnya nanjak terus sampe breksi. Tp pas sampe atas kebayar sama viewnya. Dr breksi klo sore keliatan siluet merapi, manjain mata bgt 😍 fasilitas disini lumayan lengkap. Parkiran luas bgt, foodcourtnya beragam makanannya, tempat duduk2 banyaaaak, mushola, toilet juga ada. Tiket masuk cuma 5rb per org dibayar pas masuk sekalian nayar parkir 5rb untuk mobil. Waktu tutup pastinya kurang tau sih kayanya sekitar jam 5an udh ditutup untuk yg masuk tp kayanya buat yg udh didalem bs sampe malem. Dr foodcourt breksi bisa keliatan lanudnya adi sucipto jd yg punya anak bisa tuh diajak nontonin pesawat take off sm landing 😁. Spot fotonya banyak lah ya gausah dijelasin lg, dr tebing2 yg banyak ukiran2nya, kolam ikan (ati2 nyemplung krn dalemnya 2m loh!), selebihnya viewnya okelah buat ngisi feed instagram
  • Istiq 2011
    3 minggu yang lalu
    Jika berlibur ke Yogyakarta, sempatkan untuk singgah ke Taman Tebing Breksi. Destinasi geowisata di Desa Sambirejo Prambanan Sleman ini terletak 15 km dari Kota Yogyakarrta.Diresmikan 23 Mei 2015, Breksi menawarkan spot swafoto di bukit batu batu-purba, endapan batu vulkanik Gunung Purba Nglanggeran, dan hingga pengalaman belajar dari alam yang tereduksi oleh eksploitasi manusia untuk kepentingan ekonomi.Bukit batu raksasa tersebut bernilai artistik. Pembentukannya bisa dikategorikan tidak sengaja. Warga desa setempat semula mengeksploitasi batu-batu vulkanik purba untuk kerajinan. Pengerukan mengakibatkan bukit terkikis dan kritis. Ada kekhawatiran lingkungan sekitar hancur dan kerugian massal karena tidak jauh dari lokasi terdapat situs-situs purba seperti Candi Ijo dan Candi Ratu Boko. Menutup lokasi penambangan tanpa alasan, warga pasti menolaknya.Usai diteliti oleh para ahli geologi, onggokan batu Breksi masuk kategori batu purba yang berusian ribuan tahun. Batu-batu raksasa yang tersisa memiliki warna khas, sebagian besar warna gelap. Ukuran bentangannya memanjang dan meninggi. Ketika diperhatian, onggokan batu raksasa tersebut menyerupai bangunan, ada bangunan empat persegi panjang yang seperti istna batu, ada bentuk lain yang menjulang.Batu-batu raksasa tersebut makin unik dan ekspresi seninya makin tinggi ketika seninam-seniman pahat lokal menyentuhnya dengan beragam gambar-gambar klasik seperti gambar wayang dan beragam ukiran lain.
  • Amandus Bangkit
    dalam minggu terakhir
    Tebing yang indah dengan spot foto yang banyak. Pada berbagai spot yang disediakan terdapat jasa foto yang dapat dibayar seikhlasnya. Jalan menuju tebing ini berupa aspal dan cor sehingga sangat mudah dilalui. Hanya saja sedikit menanjak tetapi tidak terlalu curam. Saat liburan harus berhati hati karna banyak bis yang melewati jalan yang sama. Terdapat fasilitas toilet dan tempat makan yang nyaman. Tempatnya cukup panas sehingga apabila terik disarankan menggunakan topi. Dari atas tebing bisa melihat candi prambanan, candi ratu boko dan kota jogja. Dari parkir menuju tebing sangat dekat(
  • Hans D
    3 minggu yang lalu
    Kesini Dec 2018. Saya pribadi sangat kurang menikmati karena mungkin datang di musim liburan. Selain itu ukiran di dinding2 tebing masih kurang dan banyak yang belum selesai. Parkiran dikepung tanah merah jadinya kalau hujan tanahnya belokk. Juga tempatnya panas sekali kurang shade untuk berteduh. Benar2 untum foto dan exist di social media. Disediakan burung hantu juga untuk foto tapi bayar seikhlasnya dan terjangkau. Karena datang saat Natal juga disediakan properti Natal eskimo2an.yang kalau difoto lumayan lucu. Ada bunga2an dari besi untuk di naikkan dan kita bisa foto di atasnya. Untuk yang susah naik dan cuma mau duduk2 nunggu ada rumah2 makan dibawah. Buat yang gila 4WD...eits bisa naik tapi bayar yah dan kalian cuma bisa jadi penumpang max 4 orang. Disetirin keliling dengan 4WD. Harus pakai helm ya. Mayoritas mobilnya Jimny or Katana yang atapnya terbuka