Biaya Visa Jepang

Visa Jepang: Syarat, Biaya dan Cara Pengajuannya 2019

Jepang merupakan salah satu negara populer yang diidamkan banyak orang. Banyak wisata di negara tersebut yang menarik minat para wisatawan. Mulai dari musim salju, musim semi dan lain sebagainya bisa dinikmati di negara satu ini. Akan tetapi, Kamu harus memiliki visa Jepang saat ingin berkunjung ke negara tersebut. Jika Kamu masih belum punya, pastikan memahami syarat dan cara pengajuan visa Jepang.

Sebelum Kamu terlanjur mengurus visa, sangat penting untuk dipahami terlebih dahulu bahwa visa Jepang hanya diperuntukkan untuk yang memiliki paspor biasa. Sedangkan untuk yang menggunakan e-paspor sudah bebas visa dengan syarat hanya melakukan kunjungan singkat di negara tersebut.

Cara Pengajuan Visa Jepang

Ada beberapa langkah yang harus Kamu lakukan untuk mengajukan visa Jepang. Mulai dari pemilihan jenis visa, kemudian keperluan berupa dokumen dan syarat wajib pengajuan visa dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut adalah langkah mudah mengajukan visa Jepang tersebut.

1. Pilih Jenis Visa Sesuai Kebutuhan

Hal pertama dan utama yang harus ditetapkan saat mengajukan visa Jepang adalah dengan memilih jenis visa-nya. Karena ternyata ada beberapa jenis visa yang berbeda untuk digunakan berkunjung ke negara ini. Jenis visa tersebut dapat dicocokkan dengan kunjungan Kamu.

Di antara jenis visanya adalah visa Single Entry dan visa Multiple Entry. Antara satu jenis visa dengan yang lain memiliki harga dan biaya yang berbeda. Visa Single Entry merupakan jenis visa yang hanya berlaku untuk satu kunjungan saja ke negara Jepang. Sedangkan visa Multiple Entry merupakan jenis visa yang berlaku untuk beberapa kali kunjungan dengan jangka waktu beberapa tahun. Ada juga visa untuk pelajar yang mengenyam pendidikan di Jepang.

2. Persiapkan Syarat Visa Jepang

  1. Paspor.
  2. Formulir permohonan visa dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram)
  3. Foto kopi KTP
  4. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)
  5. Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
  6. Jadwal Perjalanan / Itinerary download disini
  7. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu)
  8. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan:
  9. Bila pihak Pemohon yang bertanggung jawab atas biaya
    * Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).

Langkah berikutnya yang harus dilakukan sesudah menetapkan jenis visa yang diambil adalah menyiapkan persyaratan yang ada. Ada beberapa syarat dan cara pengajuan visa Jepang yang harus dipersiapkan. Di antaranya adalah paspor asli yang masih berlaku minimal 6 bulan dari expired. Setelah memastikan bahwa paspornya ada, maka tahapan berikutnya Kamu harus mengisi formulir permohonan visa yang resmi.

Adapun dokumen lain yang dibutuhkan adalah pas foto dengan ukuran 4,5 x 4,5 cm yang memakai latar belakang putih. Pastikan fotonya benar-benar jelas dan bersih. Siapkan juga fotokopi KTP beserta surat keterangan domisili. Selain itu, Kamu juga harus menyiapkan fotokopi kartu pelajar atau kartu mahasiswa. Bisa juga berupa surat keterangan belajar dari lembaga yang berwenang.

Ada juga dokumen lain yang dibutuhkan yaitu bukti pemesanan tiket pesawat dan membuat jadwal perjalanan singkat ( itinerary ) selama di Jepang. Dan apabila yang memohon visa lebih dari satu orang, bisa menambahkan Kartu Keluarga. Siapkan juga surat keterangan bekerja apabila ada dan fotokopi buku keuangan dibuktikan oleh rekening selama 3 bulan terakhir.

3. Ajukan Permohonan Visa ke Jepang

Setelah semua syarat di atas terpenuhi, pada tahapan berikutnya Kamu harus menyusun semua dokumen yang ada dengan rapi sesuai check listnya. Baru kemudian bisa mulai mengajukan permohonan tersebut ke Konsulat Jepang. Ini adalah layanan untuk Kamu yang ingin berwisata ke Jepang. Meskipun sebelumnya prosesnya dilakukan oleh Kedutaan Besar Jepang yang ada di Jakarta.

Oleh karena itu, untuk mempercepat proses pembuatan visa Jepang, Kamu bisa berkunjung ke Konsulat jenderal di masing-masing daerah. Mulai dari di Medan, Surabaya, Denpasar, Makassar dan beberapa kawasan yang lainnya.

4. Menunggu Konfirmasi Selesai

Setelah mengikuti beberapa proses yang telah disebutkan di atas, Kamu harus menunggu hasilnya selama beberapa saat. Umumnya, WNI yang mengajukan visa Jepang harus menunggu setidaknya selama 4 hari kerja. Namun, bisa juga lebih dari itu karena beberapa hal. Semakin baik, rapi dan lengkap dokumen yang diajukan, maka prosesnya juga akan semakin mudah dan cepat.

5. Tips Mudah Mengajukan Visa Jepang

Umumnya di masa-masa holiday, proses pengajuan visa Jepang memerlukan waktu yang sangat panjang karena banyaknya orang yang ingin berlibur ke sana. Oleh karena itu, pastikan Kamu mempersiapkan diri matang-matang saat akan berlibur ke Jepang.

Untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan seperti keterlambatan proses visa dan sebagainya, ajukan permohonan visa sejak jauh-jauh hari. Sehingga, proses keberangkatan juga dapat dilakukan dengan tepat waktu. Dan yang tidak kalah penting adalah urus semuanya sendiri agar tidak terjadi kesalahan dalam pembuatan visa. Belum lagi jika terjadi penipuan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Biaya Visa Jepang 2019

Biaya pembuatan visa jepang cenderung lebih murah daripada Visa Korea. Biayanya adalah:

  1. Visa Single Entry: Rp. 380.000
  2. Visa Multiple Entry: Rp. 770.000
  3. Visa Transit: Rp. 90.000

Jasa Pengajuan Visa Jepang

Bila kamu tipe tidak mau repot seperti saya, kamu bisa coba menggunakan jasa pengajuan Visa Jepang. Biasanya jasa-jasa ini mudah ditemui di agen wisata. Tapi mohon di ingat, pastikan agen tersebut adalah agen resmi. Karena jika tidak, selain Anda akan kehilangan uang dan paspor, Anda juga terancam gagal berangkat ke Jepang.

Syarat dan cara pengajuan visa sebenarnya sangat mudah. Namun, jika Kamu tidak teliti dan detail dalam memberikan informasi, maka itu bisa menyebabkan visa Kamu gagal untuk diproses. Sehingga, liburan dan kunjungan ke Jepang menjadi gagal. Oleh karena itu, siapkan semua dengan baik dan matang agar proses pengajuan visa tidak menghambat perjalanan Kamu.

Kasih Tanggapanmu Dong