Home » Syarat Pembuatan Visa Semua Negara 2019 » Syarat dan Biaya Visa Australia Terbaru Tahun 2019

Syarat Visa Australia

  1. Cetak dan isi formulir pengajuan visa Australia [ download formulir 1419 ]
  2. Pas foto 3,5 x 4,5 cm background putih polos
  3. Fotocopy passport ( semua halaman yang ada isinya )
  4. Fotocopy akta kelahiran
  5. Fotocopy Kartu Keluarga
  6. Mutasi rekening tabungan 3 bulan terakhir
  7. Slip gaji 3 bulan terakhir
  8. Bukti booking pesawat pulang pergi dan hotel
  9. Itinerary selama di Australia

Biaya Visa Australia

Harga Visa Australia 2019
Visa WisataRp1,530,000

Lokasi Pembuatan Visa Australia

1. Melalui VFS Global, harus membuat janji temu dulu disini setelah itu datang ke kantornya di Kuningan, Jakarta

2. Online melalui situs immi.homeaffairs.gov.au

Syarat visa Australia

Salah satu kelengkapan wajib untuk berkunjung ke luar negeri adalah visa. Dimana setiap negara memiliki kebijakan visa yang berbeda. Misalnya negara Australia, ada syarat dan cara pengajuan visa Australia tersendiri yang harus Kamu ikuti. Dan ini bukanlah hal sepele karena ada banyak hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan visa.

Australia merupakan salah satu negara yang cukup populer di telinga masyarakat. Banyak destinasi di negara tersebut yang menarik minat banyak orang. Sebelum datang saat berlibur ke negara tersebut, hal pertama yang harus dimiliki adalah paspor dan tiket. Karena kedua dokumen ini adalah bukti bahwa Kamu akan berkunjung ke negara tersebut. Tentunya untuk berbagai kepentingan.

Baca : 4 Musim di Australia dan Bulan Terjadinya

Cara Pengajuan Visa Australia

Panduan Mengajukan Visa Australia

Mengajukan visa Australia tentu berbeda dengan proses pengajuan visa ke negara lain. Sehingga, agar semakin memudahkan Kamu dalam mengurus visa, pastikan memahami secara detail panduan lengkapnya. Mulai dari proses permohonan, pengajuan formulir, hingga proses pembayaran dan mendapatkan visa yang bersangkutan. Berikut adalah beberapa langkah yang wajib Kamu lakukan.

1. Buat Jadwal Pertemuan di AVAC

Langkah pertama untuk proses pengajuan visa Australia adalah membuat jadwal pertemuan di lembaga yang mengurus visa tersebut. Lembaganya adalah Australia Visa Aplication Centre. Lokasinya ada di kawasan Kuningan City, Jakarta.

Langkah yang harus dilakukan untuk membuat jadwal pertemuannya adalah dengan melakukan registrasi, baik bagi pengguna baru maupun yang lama. Di Dalamnya, Kamu harus mengisi keterangan data diri dan juga data paspor. Langkah berikutnya adalah memilih jadwal pertemuan. Jika sudah, Kamu akan mendapatkan balasan email.

2. Siapkan Syarat Dokumen Permohonan Visa

Jika jadwal pertemuan telah dibuat, maka langkah berikutnya yang wajib dilakukan adalah mempersiapkan dokumen yang diminta. Di antara dokumen yang dibutuhkan adalah formulir untuk aplikasi visa Australia yang harus diisi sesuai dengan panduan yang ada. Kemudian, siapkan dokumen identitas pribadi Kamu mulai dari paspor yang asli dan juga fotokopi paspor.

Di samping dokumen paspor, siapkan juga foto close up yang paling baru dengan ukuran 45 mm x 35 mm. dokumen lain yang dibutuhkan adalah fotokopi akta kelahiran dan dokumen perubahan nama jika dokumen tersebut ada. Adapun syarat dan cara pengajuan visa Australia yang berikutnya adalah menyiapkan identitas yang menunjukkan bahwa Kamu merupakan visitor, seperti dokumen keuangan.

Selain dokumen keuangan, Kamu juga bisa melampirkan surat undangan, atau itinerary apabila yang bersangkutan pergi ke Australia sebagai turis. Di samping itu, siapkan juga informasi yang akan menjadi bukti bahwa setelah itu Kamu akan kembali lagi ke Indonesia.

3. Isi Formulir Visa

Setelah semua dokumen lengkap dan tertata dengan baik, lakukan pengisian formulir untuk visa turis Australia. Penting untuk diketahui bahwa di dalam formulir ini nantinya aka nada pertanyaan sebanyak 53 macam dengan ketebalan halaman berjumlah 17. Semua pertanyaan yang ada di dalamnya menggunakan bahasa Inggris.

Pastikan Kamu memiliki waktu yang cukup panjang untuk menjawab semua pertanyaan yang ada. Kemudian usahakan untuk menjawab semua pertanyaan di dalamnya dengan baik dan benar. Tujuannya adalah agar pengajuan visa Kamu nantinya diterima dan berjalan dengan lancar.

4. Serahkan Semua Dokumen ke AVAC

Setelah semua pertanyaan dijawab dan dokumen disiapkan dengan baik, serahkan semua berkas tersebut ke AVAC. Namun, pastikan dokumennya benar-benar ditata dengan baik agar memudahkan proses verifikasi nantinya. Untuk lokasi kantor AVAC sendiri adalah di kawasan Kuningan City, tepatnya ada di Lantai 2 No. 19, Setiabudi, Kuningan, Jakarta, Indonesia.

Cabang lainnya juga ada di Bali tepatnya di Benoa Square No. 7-9 3/A lantai 3, Jl. Bypass 1 Gusti Ngurah Rai No. 21A Kedonganan, Kuta, Bali Indonesia. Dan sebelum menyerahkan dokumen tersebut, teliti kembali satu persatu terlebih dahulu.

5. Bayar Biaya untuk Permohonan Visa

Setelah semua langkah pengajuan di atas dilakukan, berikutnya adalah proses pembayaran. Pembayaran dapat Kamu lakukan dengan cara manual atau via online jika ada. Seperti kartu kredit dan sebagainya. Namun, proses pembayaran ini baru dilakukan setelah semua dokumen pengajuan lengkap dan visa disetujui.

Setelah itu, Kamu hanya perlu menunggu semua prosesnya sampai visanya diterima. Biasanya, pemberitahuan akan disampaikan via email dalam beberapa waktu.

Agar Kamu semakin mudah mendapatkan visa Australia, pastikan mematuhi semua syarat dan cara pengajuan visa Australia dengan baik dan benar. Kesalahan sedikit saja bisa mengancam kunjungan Kamu ke negara tersebut.

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Australia

Visa negara lain