Persyaratan Visa Korea

Persyaratan Visa Korea dan Cara Pengajuannya Terbaru 2019

Persyaratan Visa Korea ➤ Cara pengajuan, harga dan tips agar visa Korea Selatan di terima dan info jasa pembuatan visa Korea.

Mendengar kata Korea, tentu dapat pikiran kamu akan terbesit artis-artis Korea yang keren dan populer. Bahkan, Korea menjadi salah satu destinasi wisata dunia yang terfavorit bagi banyak orang. Namun, untuk sampai ke negeri ini, Kamu harus memiliki visa. Tentunya dengan syarat dan cara pengajuan visa Korea tertentu. Karena membuat visa Korea relatif berbeda dengan ketentuan yang ada di negara lain.

Untuk antisipasi, pastikan Kamu mengurus visa sejak jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Karena ternyata, mengurus visa itu tidak semua yang dibayangkan. Ada banyak hal yang harus dilakukan sampai berhasil mendapatkan visa yang diinginkan.

Musim di Korea: Musim Semi

Persyaratan Visa Korea

Sebelum kamu memulai langkah-langkah untuk membuat visa Korea, sebaiknya pahami terlebih dahulu step by step kebutuhan yang perlu dipersiapkan. Mulai dari dokumen, biaya dan lain sebagainya.

Ini akan memudahkan proses pengajuan visa kamu nantinya. Dan jangan sampai membuat visa terlalu mepet dengan jadwal kunjungan. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat visa Korea.

1. Isi Formulir Aplikasi Visa

Dokumen pertama yang harus kamu isi adalah formulir. Kamu bisa mengunduh formulir ini secara resmi di website Kedutaan Besar Republik Korea yang dikhususkan untuk negara Indonesia ( download formulir disini ). Ada beberapa lembar yang harus kamu isi pada formulir yang ada. Untuk bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Dan akan lebih baik lagi jika Kamu bisa berbahasa Korea.

Selain itu, di dalam formulir yang disediakan, ada pilihan ganda yang harus dicentang satu. Adapun isi dari formulirnya dimulai dari data diri, informasi passport, pernikahan, pekerjaan, tujuan dari kunjunga bahkan masalah pendanaan. Semua informasi yang diperlukan tersebut harus Kamu isi dengan baik dan benar. Jangan sampai ada kesalahan satupun.

2. Surat Keterangan Kerja

Dokumen berikutnya yang dibutuhkan untuk membuat visa Korea adalah dengan meminta surat keterangan kerja atau surat keterangan mahasiswa. Surat tersebut diminta kepada pihak yang berwenang dan sudah terdapat legalisir. Dan apabila Kamu termasuk pengusaha, maka bisa melampirkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Namun jika belum memilikinya bisa menggunakan surat keterangan belum membuat SIUP. Semua surat keterangan tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa Inggris.

3. Paspor Asli

Persyaratan visa Korea berikutnya adalah dengan menyiapkan paspor asli. Selain itu, siapkan juga hasil fotokopi identitas yang terdapat pada paspor tersebut. Dan apabila kebetulan Kamu sudah memiliki paspor lama, maka lampirkan dua paspor sekaligus. Ingat, minimal masa aktif paspor adalah 6 bulan sebelum tanggal berakhir masa berlaku.

Di samping itu, apabila kamu pernah berkunjung ke negara yang termasuk anggota CECD, maka lampirkanlah fotokopi visa dari negara yang sudah pernah Kamu kunjungi tersebut.

4. Rekening Koran

Selain beberapa syarat di atas, Kamu juga harus mempersiapkan bukti keuangan pribadi yakni print statement dari rekening Bank yang menunjukkan saldo 3 bulan terakhir. Dan dengan melampirkan slip gaji yang ada dan melampirkan bukti potong pembayaran pajak (SPT) yang kamu miliki.

Dan untuk kamu yang saat ini masih berstatus mahasiswa, maka bisa melampirkan rekening koran yang dimiliki oleh orang tua. Sementara bagi kalangan istri atau ibu rumah tangga, maka bisa melampirkan rekening koran yang dimiliki oleh suaminya.

5. Fotokopi KK

Adapun langkah berikutnya yang harus Kamu lakukan adalah menyiapkan fotokopi Kartu Keluarga. Ini adalah bukti bahwa yang bersangkutan memang benar-benar warga negara Indoesia. Oleh karena itu, siapkan dokumen yang satu ini dengan baik sesuai dengan syarat yang ada agar pengajuan visanya diterima.

6. Datang ke Kedutaan Besar Korea

Selanjutnya, Kamu akan diminta untuk datang ke pihak kedutaan besar Korea di Indoesia untuk proses pengajuan visa. Pastikan semua dokumennya disusun dengan baik dan rapi dengan urutan yang tepat. Dan jangan sampai ada satupun dokumen yang ketinggalan karena ini bisa menyebabkan permohonan pengajuan visa kamu ditolak.

Saat proses pengajuan visa, pastikan Kamu sudah mempersiapkan dana untuk biayanya. Untuk pembayaran dapat dilakukan di loket bagian Kedutaan Besar Korea untuk Republik Indonesia. Dan untuk harga antara satu jenis visa Korea dengan jenis yang lain tentu saja berbeda.

7. Tunggu Pemberitahuan Approval

Setelah semua proses di atas dilakukan, mulai dari pengisian formulir hingga proses pembayaran, kini saatnya Kamu untuk menunggu informasi penerimaan pengajuan visa tersebut. Biasanya, pemberitahuan tersebut akan dilakukan dalam jangka waktu beberapa hari. Sesuai dengan kapasitas dan kondisi kantornya. Semakin banyak yang mengajukan visa, maka biasanya prosesnya akan semakin lama.

Harga Visa Korea Selatan

Harga Visa Korea tahun ini naik menjadi sekitar 650.000 rupiah untuk single entry per orang.

Jasa Visa Korea Selatan

Nah jika tidak mau ribet, dulu ketika saya traveling ke Korea menggunakan jasa titip Visa. Ada banyak kok yang menawarkan jasa tersebut. Saya sendiri menggunakan jasa travel agent di Jogja karena dekat dengan tempat saya. Dengan membayar sekitar 800.000 rupiah saya bisa mendapatkan visa tanpa perlu ke Jakarta.

Beberapa syarat dan cara pengajuan visa Korea di atas harus benar-benar dilakukan dengan baik dan benar. Jika Kamu masih mengalami kebingungan, maka bisa bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman. Atau bisa juga bertanya secara langsung kepada kedutaan besar Korea agar tidak terjadi kesalahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *