Syarat Visa India

Cara Membuat Visa India Gratis Terbaru 2019

India menjadi salah satu tujuan bagi banyak pengunjung atau wisatawan asing untuk sekedar liburan maupun keperluan lain, termasuk dari Indonesia. Negeri Bollywood ini memang mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik, khususnya tempat bersejarah. Namun, sebelum berkunjung ke India, tentu Kamu harus mempunyai berbagai dokumen penting seperti passport dan visa.

Baca juga: 4 Musim di India Beserta Destinasi Wisata Terfavorit

Tanpa visa Kamu tidak bisa tinggal di India secara resmi dan terakui. Karena itu Kamu harus mengurusnya terlebih dahulu dengan melengkapi beberapa persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak kedutaan besar India. Simak langsung berbagai informasi mengenai pengajuan visa India.

Syarat Visa India

Foto Visa India

Ada beberapa persyaratan atau dokumen yang harus Kamu lengkapi untuk melakuakn  permohonan pengajuan visa India. Syaratnya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan visa negara lain, yaitu meliputi:

a. Paspor

Dengan syarat passport yang masih memiliki waktu berlaku minimal 6 bulan sebelum keberangkatan

b. Pas foto berukuran 5 x 5 cm serta harus kurang dari 1 Mb

Adapun background foto tersebut adalah putih, dimana ini nantinya akan ditempel pada formulir permohonan pembuatan visa tersebut. Jadi hanya dibutuhkan satu lembar saja. Namun, tidak ada salahnya Kamu mencetak lebih dari satu foto.

c. Bukti akomodasi

Hal ini meliputi bukti booking hotel atau penginapan selama di India dan tiket pesawat pulang pergi.

d. Itinerary

Adalah rencana perjalanan ataupun kegiatan selama berada di India. Kamu bisa membuatnya sendiri dalam bentuk Microsoft excel.

e. Rekening Koran selama 3 bulan terakhir

Kamu bisa meminta di bank, dimana Kamu menabung. Petugas akan mengkopinya menjadi beberapa sesuai dengan kebutuhan.

f. Dokumen tambahan yang diminta oleh pihak kedutaan besar India

Secara umum akan diminta dokumen tambahan sesuai dengan kekeperluan kunjungan ke India. Seperti halnya bagi para traveler akan berbeda dengan pelajar maupun pekerja. Hal itu merupakan bukti valid bahwa Kamu benar-benar mempunyai tujuan yang jelas selama berkunjung ke India. Jadi, Kamu hanya harus menyiapkan dokumen tersebut untuk berjaga-jaga.

g. Mengisi formulir visa India

Kamu harus mengisi formulir pembuatan visa di indianvisaonline.gov.in bukan yang lainnya. ini merupakan link resmi dari pemerintah India khusus untuk pembuatan e-visa bagi wisatawan dan sebagainya. Sebaiknya isi formulir secara perlahan dan hati-hati untuk menghindari kesalahan. Tentu saja pengisian harus sesuai dengan identitas Kamu yang sbenarnya.

Jika permohonan pembuatan visa Kamu disetujui, maka visa akan segera diproses dan dibuat. Umumnya visa akan jadi setelah berselang 3-5 hari, dimana dokumen visa akan dikirim melalui email.

Baca juga: Perbedaan E-Paspor dengan Paspor Biasa untuk Traveling

Jenis Visa India

India memberlakukan banyak jenis visa sebagaimana negara lainnya. Secara umum ada banyak sekali jenis visa yang berlaku di India berdasarkan kebutuhannya, diantaranya adalah:

a. Visa kunjungan wisata

Visa Kunjungan Wisata

Merupakan visa yang biasa digunakan untuk berlibur atau berwisata, seringkali digunakan oleh para traveler atau penjelajah. Masa berlakunya maksimal adalah 30 hari.

b. Visa kunjungan keluarga

Merupakan visa yang dikeluarkan oleh negara tujuan bagi mereka yang berkeperluan mengunjungi keluarga atau kerabat. Masa berlakunya terbilang sangat panjang yaitu bisa mencapai 90 hari.

c. Visa kunjungan bisnis

Adalah visa yang sering digunakan untuk keperluan bisnis seperti seminar atau rapat di suatu perusahaan atau kantor cabang di negara yang dituju. Tentu saja masa berlakunya tidak begitu lama dan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan misal 14 hari dan bahkan bisa lebih lama.

d. Visa kerja

Merupakan visa yang dikeluarkan oleh pihak negara tujuan untuk mereka yang berkepentingan bekerja. Umumnya visa ini mempunyai masa berlaku yang sangat panjang dan disesuaikan dengan kontrak kerja. Selain itu juga bisa berupa izin permanen ataupun semi permanen sesuai kebutuhan.

e. Visa pelajar

Merupakan visa yang digunakan oleh para pelajar seperti mahasiswa yang hendak belajar di India baik pertukaran pelajar untuk satu semester saja maupun seterusnya. Masa berlakunya sesuai dengan masa pendidikan di India.

Baca juga: Cara Perpanjang Paspor Secara Online Terbaru 2019

Harga Visa India Gratis

Sejak pertengahan 2018 menteri luar negeri India membebaskan biaya pembuatan visa bagi turis Indonesia melalui e-visa alias gratis. Tentu saja Kamu harus tetap membuat visa sesuai aturan dan petunjuk resmi, namun tidak dipungut biaya apapun.

Adapun masa berlaku e-visa bagi turis adalah 60 hari sejak kedatangan ke India. Selain itu juga hanya berlaku di 27 bandara dan 5 pelabuhan kedatangan di India. Jika Kamu berada di India melebihi batas masa berlaku visa tersebut, sebaiknya segera melakukan perpanjangan ke pihak terkait agar kunjungan maupun keperluan pentingmu tidak terganggu.

Tidak ada salahnya Kamu menggunakan kesempatan bebas biaya pembuatan visa ke India untuk sekedar travelling maupun pertukaran pelajar. Mengingat pengajuan visa bagi warga negara Indonesia juga sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu. Kamu hanya perlu menyiapkan dokumen persyaratan dan mengisi formulir e-visa di laman resmi yang sudah di sediakan seperti di atas.

Kasih Tanggapanmu Dong