Oleh Oleh Khas Vietnam

15 Oleh Oleh Khas Vietnam Untuk Traveler Indonesia

Vietnam merupakan negara kawasan Asia Tenggara yang sering dijadikan sebagai tempat wisata dan berlibur. Di sana ada banyak sekali tempat wisata serta pusat oleh oleh yang menyediakan berbagai jenis cenderamata mulai dari makanan, minuman, hingga aksesoris khas Vietnam. Jadi, Kamu tidak perlu khawatir jika ingin membawakan oleh-oleh untuk keluarga maupun teman di rumah.

Oleh Oleh Khas Vietnam

Satu hal yang khas dari Vietnam adalah cita rasa kopinya. Kopi di negeri Paman Ho ini rasanya lebih kuat jika dibanding dari kopi Indonesia. Buat Kamu pencinta kopi, sayang banget jika tidak membeli dan mencicipinya. Namun, selain itu masih banyak sekali oleh-oleh yang khas yang patut Kamu beli, diantaranya adalah:

1. Pia Durian

Oleh Oleh Khas Vietnam: Pia Durian

Pia di Vietnam seringkali disebut dengan Bahn Pia, seperti halnya Pia ala Jogja. Namun yang yang menjadi ciri khasnya adalah hanya ada satu varian rasa untuk Bahn Pia yaitu Durian. Kamu bisa membelinya di pasar-pasar maupun pusat oleh-oleh khusus.

2. Kopi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kopi menjadi primadona oleh-oleh khas Vietnam. Kopi di sana terbuat dari biji kopi robusta dan mempunyai cita rasa yang kuat, namun tidak begitu harum. Ada banyak sekali merek kopi dan Kamu bisa memilih sesuai dengan selera mau yang saset maupun kemasan kotak.

3. Lotus Seed

Lotus Seed Vietnam

Jika di Indonesia ada susu kedelai, di Vietnam ada susu jagung. Artinya susu tersebut dicampur dengan jagung. Ada pula yang divariasikan dengan bunga teratai atau yang sering disebut dengan Lotus Seed Milk. Rasanya begitu khas dan unik karena seolah seperti makan bubur.

Selain itu, ada juga fried lotus seed yaitu biji teratai goreng yang rasanya sangat unik dan cocok untuk camilan di mana saja. Makanan yang satu ini dipercaya dapat bermanfaat baik untuk organ tubuh kita, khususnya menjaga fungsi hati, ginjal, dan limfa.

Baca juga:

4. Kaos Vietnam

Kaos khas Vietnam sangat mudah Kamu temukan di pasar maupun pusat oleh-oleh. Kamu bisa menemukan kaos pendek dengan tulisan unik seperti “ I Love Vietnam”, Just Pho You”, “Good Morning Vietnam”, “Gadis Vietnam”, dan masih banyak lagi.

5. Lotus Tea

Lotus Tea Vietnam

Sebagaimana namanya, teh ini terbuat dari bunga Teratai, sehingga aromanya begitu kuat semerbak serta harum. Selain itu juga dipercaya bisa merelikskan tubuh. Cocok sekali jika diminum setelah jalan-jalan sambil santai dan menikmati pemandangan. Bahkan Kamu tidak perlu menambahkan gula di dalamnya, sebab teh saja sudah sangat enak dan nikmat.

6. Sandal

Sandal khas Vietnam bernama Guoc Moc yang menjadi sandal tradisional masyarakatnya. Bahannya terbuat dari kayu dan asli handmade serta banyak sekali varian model hingga ukuran. Sandal tersebut konon sudah ada sejak abad ke-3 Masehi dan kini menjadi ikon oleh-oleh yang patut dibeli saat liburan.

7. Caping

Caping khas Vietnam bernama Non La yang terbuat dari bambu dan pakis yang dikeringkan. Kemudian dilengkapi dengan pita berbahan sutra, sehingga tampak sangat unik. Topi tersebut sering dikenakan oleh para wanita saat bepergian dan menjadi identitas di sana. Kamu bisa mendapatkannya di toko-toko pinggiran kota maupun pusat oleh-oleh.

8. Gantungan Kunci

Merupakan oleh-oleh berupa aksesoris yang mudah Kamu temui serta harganya yang sangat terjangkau. Ada banyak sekali desain dan bentuk gantungan kunci, khususnya yang bertuliskan Vietnam atau bentuk ikon khusus.

9. Keripik Buah

Salah satu keripik Vietnam yang terkenal adalah Vinamit. Kamu bisa memilih berbagai jenis rasa mulai dari pisang, nangka, hingga talas. Semuanya juga tersedia di toko-toko online hingga pasar khusus oleh-oleh.

10. Marou Chocolate

Maraou Chocolate Vietnam

Cokelat khas Vietnam ini bernama Marou Faiseurs de Chocolat yang diproduksi oleh perusahaan ternama. Bahkan cokelat ini juga di pasarkan di luar negeri seperti Eropa hingga Amerika. Soal rasa tak perlu ditanya, sebab rasanya begitu khas dan nikmat. Kamu bisa mendapatkannya di banyak tempat, khususnya di kota-kota besar.

11. Nescafe Vietnam

Nescafe Vietnam

Adalah kopi kemasan khas Vietnam dengan berbagai jenis rasa mulai dari susu hingga kopi hitam. Kopi ini mempunyai rasa yang khas yaitu sangat kuat rasa kopinya. Ini adalah kopi paling enak yang pernah saya minum selama ini. Dan membuat saya suka kopi pada akhirnya.

12. Sandal Bakiak Kayu

Merupakan sandal tradisional masyarakat pedesaan di Vietnam. Bahannya terbuat dari akar bambu, sehingga sangat khas dan unik. Awalnya bakiak tersebut sering digunakan saat memasuki musim dingin atau hujan, menghadiri festival, hingga berkunjung ke sanak famili maupun teman.

Namun, kini dijual bebas dan menjadi oleh-oleh khas Vietnam bagi wisatawan mancanegara. Kamu bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh di sekitar lokasi wisata dengan berbagai varian model.

13. Gelang

14. Kain

Kain di Vietnam memiliki corak yang khas. Seperti halnya batik di Indonesia, kain di Vietnam memiliki motif yang beragam. Begitu juga modelnya terutama jika dikenakan oleh wanita.

Vietnam memang kaya akan wisatanya, begitu pula dengan makanan hingga benda khas lainnya yang sering dijadikan sebagai cenderamata atau oleh-oleh para wisatawan mancanegara. Dengan membawa oleh-oleh satu atau beberapa diantara list tersebut, akan membuat teman dan keluarga senang.

Referensi https://id.wikipedia.org/wiki/Vietnam

Kasih Tanggapanmu Dong