13+ Oleh Oleh Khas Turki Unik dan Antik Wajib Dibawa Pulang

Turki merupakan tempat yang menawan untuk liburan karena disini kamu dapat menemukan perpaduan budaya barat dan budaya timur. Dalam artikel ini akan memberikan rekomendasi oleh-oleh khas Turki yang bisa dibawa pulang.

Letak Turki di perbatasan Asia Barat Daya dan Eropa Tenggara menjadi lokasi yang cantik untuk dinikmati para wisatawan. Jika ada kesempatan, kamu bisa berkunjung ke negara satu ini.

Jangan lupa untuk membawakan orang-orang yang menantimu di tanah air berbagai oleh-oleh dari Turki. Jika ini kunjungan pertamamu ke Turki, tidak perlu bingung memikirkan hendak membawa oleh-oleh apa. Di bawah ini ada berbagai rekomendasi buah tangan yang dapat kamu bawa pulang. Apa saja barang-barang tersebut? Simak dalam poin dan pembahasan berikut:

Oleh Oleh Khas Turki

1. Nazar Amulet

Nazar Amulet Turki

Benda yang satu ini terbilang sebagai oleh-oleh unik dari Turki karena dipercayai sebagai jimat keberuntungan oleh masyarakat Turki. Orang-orang yang masih memegang kebudayaan tradisional memercayai bahwa benda menyerupai mata ini merupakan penangkal mata jahat. Kamu dapat menemukan nazar amulet di berbagai tempat perbelanjaan di Turki.

2. Pashmina Turki

Pashmina Turki

Hijab pashmina menjadi salah satu barang yang paling dicari bagi kaum perempuan saat berlibur ke Turki. Kualitas serta modelnya yang khas membuat pashmina Turki menjadi berbeda dengan pashmina yang ada di Indonesia. Selain itu, ketika mengenakan busana ini tentu bisa meningkatkan kepercayaan diri.

3. Sepatu Turki

Sepatu Turki

Jika Anda pernah menonton drama Turki, dan memperhatikan sepatunya, maka pasti Anda akan tertarik. Model sepatu kulit pria Turki sangat elegant, berbeda dengan negara-negara Asia lainnya. Begitu pula sandal untuk perempuan, ada motif-motif khusus yang menarik.

4. Lukisan Ebru

Berikutnya oleh-oleh khas Turki yang sayang untuk dilewatkan adalah Lukisan Ebru yang menampilkan seni di atas permukaan air. Hasil desain yang ditampilkan adalah mirip dengan pola marmer atau pola pada batu halus lain. Jika suka menonton film yang diadaptasi dari novel, kamu tidak akan asing dengan kota Cappadocia, di tempat ini kamu dapat memilih desain seni ebru yang sesuai selera sebagai oleh-oleh.

5. Tembikar Iznik

Tembikar iznik juga dapat menjadi salah satu list oleh-oleh menarik untuk kamu bawa pulang. Tembikar iznik adalah keramik yang hiasannya mengedepankan cini dan konon sudah berkembang dari abad ke-15 hingga akhir abad 17. Kamu dapat mendatangi dua tempat untuk menyaksikan dan membeli tembikar satu ini. Tembikar contoh ada di Istanbul dan jika ingin membeli kamu dapat ke barat laut kota Iznik.

6. Batu Oltu

Masih bingung dengan berbagai pilihan oleh-oleh dari Turki di atas? Selanjutnya kamu dapat menjatuhkan hati pada batu oltu. Cenderamata yang satu ini pasti disukai oleh para perempuan karena batu oltu hadir dalam balutan perhiasan. Bukan hanya pada perhiasan, kamu juga dapat menemukan batu oltu pada tasbih, pipa rokok, atau bahkan pin dasi bagi para laki-laki.

7. Kopi Turki

Bosan dengan berbagai oleh-oleh benda mati di atas? Jangan khawatir karena kamu dapat membawa pulang kudapan khas Turki berupa kopi. Sekilas mungkin tidak nampak perbedaan berarti antara kopi dari Turki dan kopi dari negara lainnya. Namun, bila kamu mendatangi toko kopi Mehmet Efendi di Istanbul, kamu akan mendapatkan kopi dari Turki yang paling legendaris.

8. Lampu Kaca Mosaik

Setiap tempat yang dikunjungi tentunya memiliki beragam seni tradisional yang menjadi ciri khas negara tersebut, demikian juga dengan Turki. Dari Turki, kamu dapat membawa pulang lampu kaca mosaik yang sudah dikenal masyarakat lokal sana semenjak zaman utsmani. Salah satu target yang harus kamu kunjungi untuk membeli lampu kaca mosaik ini adalah dari grand bazaar di berbagai tempat di Turki.

9. Caydanlik

Caydanlik Turki

Caydanlik juga bisa menjadi salah satu barang yang bisa masuk ke daftar belanjamu. Caydanlik ini merupakan teh pot atau wadah guna melengkapi waktu minum teh kamu. Jika memegang barangnya langsung, kamu akan mengerti bahwa benda ini terbagi atas dua bagian, yakni  bagian atas untuk merebus teh dan bagian bawah untuk merebus air. Selain fungsinya, bentuknya juga sangat unik.

10. Batu Lule

Terakhir, batu lule adalah oleh-oleh Turki yang dapat kamu bawa pulang ke Indonesia. Batu lule ini merupakan batu putih yang menjadi simbol kota Eskisehir di Barat Tengah. Batu lule terdiri atas unsur-unsur, seperti magnesium dan silikon tinggi. Batu lule dapat disulap menjadi berbagai benda, satu diantaranya adalah pipa stilistik.

11. Karpet

Bukan hal asing lagi jika oleh-oleh khas Turki yang notabene merupakan bagian dari UAE adalah karpet. Jika tertarik membawa pulang karpet dari Turki, disarankan untuk mendatangi Hereke. Di kota ini kamu dapat menemukan pabrik karpet tertua dan tentunya memberikan jaminan kualitas super. Kamu dapat membeli satu atau  beberapa karpet sebagai buah tangan atau sebagai kenangan untuk sendiri.

12. Patung Miniatur Nemrut

Oleh-oleh lainnya dari Turki yang sangat menarik untuk dibawa pulang adalah patung miniatur nemrut. Nemrut adalah nama gunung tertinggi yang lokasinya ada di Taurus Timur, Turki Tenggara. Tempat tersebut masuk ke salah satu situs warisan yang disahkan oleh UNESCO. Untuk mendapatkan benda tersebut kamu bisa mendatangi kota Adiyaman.

Baca juga:

Dari daftar oleh-oleh khas negara Turki di atas, mana yang menarik perhatianmu untuk dijadikan kenang-kenangan selepas berlibur dari Turki?

Tentu semuanya menarik untuk dibawa pulang. Kamu dapat menyesuaikan antara ketertarikan dan budget serta kapasitas kopermu. Dijamin liburanmu tidak sekadar menghamburkan uang, namun juga mendatangkan kesan tersendiri melalui cenderamata diatas.