Oleh Oleh Khas India

Oleh Oleh Khas India Unik Untuk Wisatawan Indonesia

Membeli oleh-oleh khas India ketika berlibur ke negeri Bollywood ini merupakan sebuah kewajiban supaya momen bahagiamu tidak hanya dirasakan sendiri. Republik India adalah satu diantara negara dunia yang memiliki kepadatan penduduk sangat tinggi. Menyusul China, India masuk ke dalam jajaran negara dengan penduduk paling banyak kedua di dunia.

Jika Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas memeluk agama Islam,India memiliki penduduk yang dominan beragama Hindu. Ketika memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan ke India, bukan hanya tempat-tempat menarik yang dapat kamu kunjungi, namun nuansa kental budayanya juga menarik untuk dinikmati.

Oleh Oleh Khas India

1. Saree Kurta

Saree Kurta India

Jika kamu adalah penikmat film-film India pasti sudah tidak asing dengan pakaian khas wanita India bernama Saree yang ada selengdangnya. Jangan lewatkan untuk menjadikan pakaian unik ini sebagai daftar oleh-olehmu ketika berlibur ke India. Di samping Saree, kamu juga dapat memilih kurta sebagai cenderamata. Kurta ini merupakan kemeja yang mungkin kalau di Indonesia mirip dengan baju koko.

2. Gelang

Selain Saree, India juga terkenal dengan gelang sebagai aksesoris yang kerap digunakan oleh para wanita. Membelikan gelang sebagai oleh-oleh pasti sangat pas jika kamu memberikannya untuk teman dan keluarga di rumah, terlebih ibu-ibu. Pergi ke India pasti rasanya kurang lengkap jika tidak menghiasi tangan dengan membeli dan mengenakan gelang sebagai aksesoris.

3. Replika Ganesha

Siapa tak tahu patung ganesha yang menjadi salah satu icon dari negara India ini? Replika patung ganesha dapat menjadi salah satu pilihanmu ketika liburan di India. Ganesha merupakan salah satu nama dewa agama Hindu. Masyarakat India memercayai bahwa Dewa Ganesha merupakan dewa yang membawa nasib baik atau keberuntungan bagi mereka.

4. Sepatu India

Sepatu India

Oleh-oleh khas India berikutnya yang dapat kamu bawa pulang adalah sepatu tradisional yang menjadi identitas masyarakat India. Sekilas tidak ada yang berbeda antara sepatu dari India dengan sepatu dari berbagai negara lainnya di seluruh dunia. Namun, dari desain tentu terdapat perbedaan antara sepatu pada umumnya dengan sepatu khas India yang bernama Khussa dan Mojari.

5. Bubuk Kari dan Rempah

Kudapan khas India yang terkenal adalah kari dengan cita rasa rempahnya yang kaya. Alih-alih mengajak banyak orang ke India dengan berbagai alasan, kamu dapat membawakan mereka bumbu karinya saja. Bukan hanya Indonesia yang memiliki kekayaan rempah-rempah sebagai bumbu masakan. India juga dapat menjadi surga bagi kamu yang suka memasak makanan lezat.

6. Tas Etnik

Tas Etnik India

Tas dan wanita adalah dua hal yang berhubungan erat, pas jika kamu memilih tas etnik sebagai salah satu oleh-oleh khas India. Tidak hanya dapat dijadikan kenang-kenangan selepas berlibur dari India, kamu dapat merasakan fungsi dari tas tersebut. Terlebih jika kamu bermaksud menjadikan tas etnik sebagai oleh-oleh, pasti pilihanmu akan memberikan banyak manfaat bagi orang yang kamu beri.

7. Lukisan Tanjore

Lukisan Tanjore India

Sebelumnya ada Ganesha, sekarang kita bahas Tanjore sebagai salah satu ciri khas dari negara Bollywood India. Tanjore ini memiliki sejarah panjang dan makna mendalam terkait mitologi yang berkembang di India. Dengan membeli lukisan bersejarah ini untuk dijadikan oleh-oleh, kamu membantu teman dan keluargamu menghias dinding rumah mereka.

8. Miniatur Taj Mahal

Siapa tak tahu taj mahal, salah satu situs keajaiban dunia yang dimiliki oleh negara India. Tidak semua orang memiliki kesempatan mendatangi negara India langsung. Namun, bukan berarti tidak bisa menikmati keindahan Taj Mahal karena sensasi itu dapat diperoleh melalui pemberian miniatur taj mahal sebagai oleh-oleh khas India. Mulai dari miniaturnya, semoga selanjutnya bertahap jadi ke India betulan.

9. Pashima

Oleh-oleh kesembilan dari India yang dapat kamu jadikan pilihan adalah pashima atau kain tenun yang digunakan ketika cuaca dingin. Sebenarnya pashima ini tidak sulit untuk didapatkan karena kamu dapat memperolehnya dengan mudah di berbagai toko di Indonesia. Namun, tentu menjadi kesan tak terlupakan ketika kamu membelinya langsung di negara asal sebagai cenderamata.

10. Manisan

Yang terakhir, sayang sekali untuk dilewatkan jika kamu pergi ke India dan tidak membeli manisan sebagai oleh-oleh. Jika merasa berbagai benda di atas kurang lengkap dijadikan buah tangan, kamu bisa membeli kudapan supaya teman dan keluarga merasakan cita rasa khas India. Kamu juga bisa membeli manisan sebagai camilan selama di perjalanan pulang ke tanah air.

Baca juga:

Berbagai rekomendasi oleh-oleh khas India di atas banyak ragamnya, mulai dari berupa benda mati sampai yang bentuknya makanan seperti manisan. Kamu dapat menentukan mana pun sesuai dengan selera dan kebutuhan orang-orang yang akan kamu bawakan oleh-oleh. Yang paling penting sebelum merencanakan hendak membeli oleh-oleh apa, pastikan dulu ke mana destinasi berliburmu dan membuat visa India.