Oleh Oleh Khas China

11+ Oleh Oleh Khas China Murah Wajib Dibeli Saat Berlibur

China atau Republik Rakyat Tiongkok merupakan salah satu negara yang menggiurkan untuk liburan dan tentu saja berbelanja oleh-oleh khas China. China merupakan negara dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia, bahkan turunannya dapat kita temukan banyak di Indonesia. Negara yang beribukotakan Beijing ini memengaruhi perekonomian dunia, salah satunya melalui destinasi wisatanya.

Yang paling berperan dan terasa sekali adalah kiprah China dalam perdagangan dunia, salah satu negara terdampak adalah Indonesia. Buktinya kita dapat melihat berbagai barang China dijual di Indonesia. Pilihan orang untuk membeli barang China adalah faktor harga yang lebih murah. Lantas, tidak tergiurkah kamu untuk datang langsung ke China dan membeli barang dari negara asalnya?

Oleh Oleh Khas China

1. Topeng

Topeng Opera China

China adalah negara yang unik, buktinya bahkan mereka memiliki topeng untuk bayi baru lahir. Topeng khas China biasanya dipergunakan untuk opera sabun dan berbagai acara lainnya. Ketika kamu memutuskan untuk membeli topeng sebagai oleh-oleh, tidak perlu kamu kenakan jika tidak suka. Kamu tinggal memajangnya di rumah sebagai bukti bahwa kamu pernah berlibur ke China.

2. Kaos Chinglish

Kaos Chinglish

Oleh-oleh mainstream yang pasti terpikirkan olehmu ketika mengunjungi negara mana pun adalah kaos. Ketika mendatangi China, kamu juga bisa membeli kaos untuk diberikan pada teman dan keluarga. Kaos Chinglish yang ada di China ini merupakan kaos yang menggabungkan tulisan mandarin dengan tulisan Inggris. Dengan memilih warna serta ukuran yang cocok, kamu akan merasa ada kebanggaan mengenakan kaos ini.

3. Magnet Kulkas

Magnet Kulkas China

Magnet kulkas juga masuk ke dalam jajaran oleh-oleh khas China yang paling umum dibeli ketika orang-orang berlibur ke China. Meskipun sangat umum dan kamu sudah dapat membelinya di pusat perbelanjaan di Indonesia, namun kesan membeli di China tentu lebih mendalam. Di samping dapat menjadi aksen pada lemari es, magnet juga menjadi oleh-oleh yang harganya ekonomis.

4. Gantungan Kunci

Di samping kaos dan magnet kulkas, oleh-oleh lainnya yang terbilang sederhana, namun berkesan adalah gantungan kunci. Benda ini dapat kamu bawa ke mana saja seiring dengan tas yang kamu kenakan. Ada prestise tersendiri ketika kamu mengenakan gantungan kunci khas China atau membagikannya kepada teman dan juga keluarga.

5. Kipas Kain Motif

Kipas Kain Motif China

Barang berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dijadikan oleh-oleh tatkala berlibur ke China adalah kipas kain dengan beragam motif. Jika menelisik kipas di zaman sekarang tentu kita akan langsung fokus pada fungsinya untuk menghilangkan kegerahan. Namun, wanita China di zaman dulu, terutama selir raja konon sudah menggunakan kipas kain bermotif hewan, alam, tumbuhan, dll sebagai aksesoris.

6. Lukisan Tangan

Menghargai karya seni yang dibuat langsung oleh tangan, seperti itu kurang lebihnya jika kamu memutuskan untuk membawa pulang oleh-oleh khas China lukisan tangan. Kipas tangan ini hadir dengan berbagai motif dan juga ukuran, serta tentu saja ragam penawaran harga. Kamu dapat membeli lukisan tangan sebagai oleh-oleh atau memajangnya di rumah sebagai hiasan dinding.

7. Kaligrafi

Bukan hanya negara Arab yang memiliki kaligrafi, namun juga China. Yang membedakan antara kaligrafi Arab dengan kaligrafi China tentu saja penggunaan aksaranya. Jika kaligrafi Arab menggunakan bahasa Arab maka untuk kaligrafi China ini menggunakan kanji China. Tidak sedikit orang memfavoritkan kaligrafi China sebagai bentuk oleh-oleh untuk dibawa pulang karena nilai seninya yang kental.

8. Sutra

China dan sutra adalah dua hal yang sulit dipisahkan, bahkan semenjak Indonesia belum merdeka dulu. Jika kamu adalah pencinta sutra, membeli sutra dari China langsung sebagai kenang-kenangan atau oleh-oleh adalah pilihan yang tepat. Kamu dapat memilih apakah hendak membeli sutra dalam bentuk kain utuh atau sutra dalam bentuk sudah dijadikan pakaian, terutama gaun-gaun cantik wanita.

9. Camilan

Oleh-oleh khas China satu ini sederhana, namun pasti ditunggu oleh semua orang. Meskipun tidak lama tersimpan, namun cita rasa dari China yang kamu bawa ke Indonesia akan menyenangkan hati banyak orang. Pasalnya perut yang kenyang akan melengkapi waktu berceritamu terkait liburan dan hal-hal menarik di China kepada teman dan keluarga.

10. Obat Herbal

Terakhir, oleh-oleh antimainstream yang belum tentu dapat kamu beli jika berlibur ke negara lain adalah obat herbal. China memang terkenal dengan pengobatan herbalnya yang jitu. Tidak salah jika saat berkunjung ke China kamu membeli langsung obat-obatan herbal dari sana. Bukan hanya menyenangkan, namun membeli obat herbal juga menebarkan banyak manfaat bagi banyak orang.

11. Kopi Santan

Kopi Santan China

Ini kopi yang unik dan tidak bisa dijumpai di Indonesia. Kopi disatukan dengan santan namun sudah dijadikan bubuk. Sehingga lebih praktis dalam membawanya dan tahan lebih lama. Anda bisa membeli kopi ini banyak-banyak dan dibagikan ke orang terdekat.

12. Teh China

Salah satu yang terkanl dari China adalah budaya minum teh secara tradisional. Diceritakan dalam film-film teh China ini memiliki khasiat tersendiri. Mulai dari melancarkan peredaran darah hingga meningkatkan stamina.

Baca juga:

Beragamnya pilihan oleh-oleh khas China di atas dapat kamu sesuaikan dengan keinginan. Berlibur ke China dapat kamu manfaatkan sekaligus sebagai media berbisnis, dimana kamu membeli beberapa barang untuk dijual kembali. Atau ide bisnis tanpa modal lainnya lagi adalah kamu membuka jasa titip untuk beberapa barang tertentu yang harganya kamu naikkan dalam taraf normal.

Referensi: https://www.lonelyplanet.com/articles/5-tips-for-india-first-timers