Musim Semi di Jepang: Suasana Iklim, Spot Foto, dan Tradisi Khas

Musim Semi di Jepang

Suasana Musim Semi di Jepang ➤ Musim semi di Jepang terjadi bulan apa? Dan dimana tempat terbaik untuk menikmati bunga Sakura? Ketahui di artikel ini.

Bagi kamu yang senang dengan negeri Matahari alias negeri Jepang, pasti sudah tak asing dengan musim semi yang terjadi di sana. Karena musim semi adalah musim yang paling banyak ditunggu, baik oleh orang-orang dari luar Jepang atau dari masyarakat Jepang itu sendiri. Ada banyak hal menarik yang terjadi di musim semi di Jepang, misalnya bunga sakura atau beragam makanan lezat.

Musim semi di Jepang tersebut memang memberikan energi tersendiri bagi orang-orang yang tinggal di sana. Misalnya aktifitas sekolah atau perkantoran yang baru, yang membuat kita menjadi semangat menghadapi hari dan orang-orang yang baru. Bukan hanya bunga sakura yang bersemi dengan indah di musim semi di Jepang tersebut, tapi juga tumbuhan lainnya yang bermekaran.

Kapan Musim Semi di Jepang dan Suasananya

Kapan Musim Semi di Jepang

Musim semi yang terjadi di Jepang ini biasanya akan terjadi selama 3 bulan lamanya, waktu terjadinya adalah sekitar bulan Maret sampai bulan Mei. Suhu yang terjadi di bulan Maret di Jepang biasanya mencapai 13 derajat pada siang hari, tetapi merendah di angka 5 derajat celcius di malam hari. Memasuki bulan April suhu akan meningkat kembali sampai 18,5 derajat.

Sedangkan di malam hari suhu akan kembali turun dan sampai di angka 10,5 derajat, atau bisa juga terjadi pada pagi hari. Kemudian di bulan berikutnya yaitu bulan Mei, suhu pun kembali meningkat dan bisa mencapai angka 23 derajat pada siang hari. Sedangkan di malam hari suhu menjadi lebih rendah yaitu sekitar 15 derajat celcius.

Itulah sebabnya musim semi selalu menjadi favorit semua orang di Jepang, musim semi selalu memberikan nuansa yang berbeda pada setiap orang yang menikmatinya. Kalau kamu berencana untuk liburan ke Jepang, pilihlah musim semi kalau ingin menikmati cuaca dan udaranya yang lebih bersahabat. ( Baca: Daftar 4 Musim di Jepang )

Tradisi Saat Musim Semi di Jepang

Musim Semi di Jepang Malam Hari

 Ada beberapa tradisi unik yang biasa dilakukan oleh orang-orang Jepang di musim semi, diantaranya yaitu :

1. Hari Ekuinoks Musim Semi

Adalah hari libur resmi di musim semi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Jepang sejak tahun 1948, sebagai rasa terima kasih kepada alam dan lingkungan. Hari liburnya jatuh di tanggal 20 atau 21 Maret.

2. Bunga Sakura dan Tradisi Hanami

Hanami merupakan salah satu tradisi di Jepang dalam menikmati keindahan bunga di Musim Semi khususnya bunga sakura. Biasanya setiap keluarga atau kerabat akan berkumpul dan berekreasi sambil menggelar tikar. Lalu membawa bekal berupa bir atau sake, yang disimpan di dalam kotak berisi es batu dan juga bento.

Selain ada beberapa tradisi yang unik dan menarik di musim semi tersebut, Jepang juga memiliki beberapa makanan khas yang cocok disantap di musim semi misalnya Ichigo Daifuku. Yaitu sejenis makanan manis yang terbuat dari tepung beras, dan juga kacang azuki merah yang diselipkan buah stroberi di dalamnya. Stroberi adalah buah yang paling banyak ditemui di Jepang saat musim semi.

Kalau kamu penasaran gimana rasanya menikmati bunga sakura di Jepang saat musim semi tiba, kamu bisa berkunjung ke tempat-tempat berikut ini :

Suasana Musim Semi di Jepang

Tempat Terbaik Menikmati Bunga Sakura di Jepang

  1. Taman Shinjuku Gyoen
  2. Taman Yoyogi Gyoen
  3. Area Shibuya dan Meguro
  4. Sunga Meguro
  5. Chidorigafuchi
  6. Kokoyo Higashi Gyoen
  7. Taman Koishikawa Korakoen
  8. Taman Hamarikyu
  9. Taman Shiba
  10. Taman Hibya
  11. Taman Ueno

https://id.wikipedia.org/wiki/Musim_semi

Kasih Tanggapanmu Dong