Musim di Thailand

Musim di Thailand Disertai Penjelasan dan Tempat Wisata

Musim di Thailand ➤ Daftar musim di Thailand disertai dengan penjelasan serta tempat wisata menarik di Bangkok sesuai musim.

Daftar Musim di Thailand

Kamu sedang berwisata di Thailand dan bingung ingin menghabiskan waktu di mana ketika sedang berganti musim? Jangan bingung, kamu bisa ikuti trik wisata yang pernah aku lakukan dalam menghabiskan waktu di Thailand. Baca juga: Musim yang Terjadi di Indonesia: Penjelasan Suasana dan Periode Musim

Musim Hujan di Thailand

Musim Hujan di Thailand

Kamu bisa pergi ke Thailand pada musim hujan dan tetap menikmati liburan yang menyenangkan. Namun, kamu harus siap menghadapi cuaca berawan dan hujan deras. Namun kemungkinan terburuk adalah mengalami gangguan dalam rencana perjalananmu. Kebanyakan bagian Thailand dan Asia Tenggara mengalami musim hujan selama setengah tahun di antara Juni sampai Oktober.

Di Bangkok, Phuket, dan Chiang Mai, sering sekali turun hujan (hampir setiap hari) pada musim hujan, walaupun tidak sampai seharian. Selain itu, badai di Kawasan Thailand bisa sangat ganas karena disertai dengan hujan lebat serta banyak petir dan kilat. Hujan lebat biasanya terjadi di siang atau sore hari, meskipun kadang juga terjadi pada pagi hari. Di saat tidak hujan pun, langit seringkali tertutup awan dan udara terasa sangat lembab.

1. The Grand Palace

Ada banyak yang bisa dilihat dan dilakukan di ibukota, tetapi mungkin yang terbaik adalah memulainya dengan Grand Palace. Tempat ini adalah daya tarik wisata nomor satu di kota Thailand, dan aku yakin kamu akan terpukau melihat keindahan tempat ini. Kamu  dapat dengan mudah melihat beberapa landmark utama kota Thailand seperti Wat Po dan Wat Arun yang terkenal.

2. Phuket

Belum lengkap rasanya deh, kalau di Thailand kamu ngga ke Phuket. Jika kamu berkunjung ke Phuket, kamu bisa menikmati berbagai wisata kuliner yang lezat. Musim hujan enaknya sambil mencari kehangatan dengan makan yang enak di Phuket.

3. Krematorium Kerajaan Raja Rama IX

Di musim hujan, kamu bisa melihat Krematorium Kerajaan Raja Rama IX. Mahakarya ini terletak di Sanam Luang dekat Grand Palace dan Wat Phra Kaew atau Kuil Buddha Zamrud. Ini adalah pengalaman sekali seumur hidup, jadi tambahkan rencana perjalanan kamu ke Kota Tua Bangkok, ya!

Musim Hujan Tropis di Thailand

Musim Hujan Tropis di Thailand

Berbeda dengan musim hujan nih, di musim hujan tropis cuaca di Thailand memang agak dingin, tapi tidak separah di musim hujan. Pada musim ini, udara di Thailand cenderung lembab namun masih bisa dinikmati.  Musim hujan tropis ini berlangsung antara bulan November sampai akhir Maret dan cocoknya kamu mengunjungi wisata di bawah ini.

Banjir mungkin saja terjadi di Thailand setiap tahun, meskipun bukan di area dengan banyak wisatawan. Beberapa daerah Bangkok, contohnya, selalu mengalami banjir saat musim hujan. Selain itu, bagian Selatan Thailand sering mengalami banjir yang cukup parah sampai penduduk meninggalkan rumah mereka.

Namun jangan khawatir, kebanyakan daerah wisata Thailand tidak mengalami banjir yang terlalu parah. Kunjungi beberapa tempat di bawah ini untuk liburan yang tetap asyik di tengah musim hujan.

1. Kepulauan Similan

Ada sembilan pulau, yang tersebar di Laut Kamuman dan pulau ini terkenal dengan pantai-pantainya yang masih asli, dan kehidupan laut yang kaya. Tempat ini sangat sempurna untuk mandi, memancing, dan snorkeling karena memiliki kegiatan bawah air yang menyenangkan.

2. Pulau Koh Samui

Koh Samui adalah sebuah pulau yang akan menjadi tempat menakjubkan untuk dikunjungi selama musim hujan tropis. Di Koh Samui kamu bisa memkamungi pemkamungan lautnya yang masih asri dan biru.

3. Kota Tua Sukhothai

Buat kamu penggemar fotografi, Kota Tua Sukhothai adalah tempat yang tepat. Reruntuhan kota tua ini masih berdiri tegak meski telah berlangsung berabad-abad. Kota Tua Sukhothai adalah situs Warisan Dunia UNESCO salah satu situs bersejarah paling signifikan di Thailand.

Musim Kemarau

Musim Panas di Thailand

Thailand biasanya terasa panas dan cukup sering turun hujan di musim panas, terlebih bulan Agustus. Meskipun suhu lebih rendah daripada bulan April dan Mei, kamu tidak akan pernah merasa dingin di Bangkok. Suhu tidak banyak turun setelah matahari terbenam. Malahan, suasana akan terasa panas dan “lengket” karena polusi memerangkap kelembaban dan menjadikan lingkungan seperti rumah kaca.

Suhu di Thailand pada musim panas rata-rata berada di sekitar 29 derajat Celsius. Tetapi pada hari tertentu, suhu di siang hari bahkan bisa mencapai 37.8 derajat. Aku sarankan memakai pakaian yang tidak ketat dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat sehingga kamu bisa berjalan-jalan dengan nyaman di sekeliling kota.

1. Desa Payung Bo Sang

Desa Payung Bo Sang ini terkenal dengan payung bambu buatan tangan. Di tempat ini kamu bukan hanya bisa berfoto tapi bisa membeli karya-karya otentik yang indah sambil menyaksikan proses pembuatannya.

2. Taman Nasional Khao Yai

Taman Nasional Khao Yai adalah yang paling banyak dikunjungi karena menawarkan pemkamungan alam yang menakjubkan dan beragam satwa liar. Di taman ini kamu bisa melihat air terjunnya ketika mendaki hutannya yang lebat, melihat monyet, gajah, siamang dan bahkan harimau.

3. Pasar Terapung

Di lingkungan Bangkok, kamu bisa merasakan pengalaman unik dari budaya Thailand yakni menikmati pasar terapung. Para pedagang menawarkan buah-buahan eksotis, makanan laut segar, dan banyak makanan lokal lainnya. Rugi, lho jika kamu lewatkan.

Rasanya kurang lengkap jika di Thailand, kamu tidak mampir ke tempat-tempat wisata di atas. Pastikan ketahui musimnya ya agar tidak salah waktu.

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Thailand

/* */