Musim di Selandia Baru dan Waktu Terbaik Untuk Berkunjung

Musim Semi di Auckland

Musim di Selandia Baru kebalikan dari negara-negara di bagian Utara dunia, dan mirip dengan Australia. Iklim di Selandia Baru bisa dibilang bervariasi banget, karena seakan semua musim bercampur jadi satu. Bahkan bisa aja kamu ngerasain 4 musim dalam 1 hari! Penasaran? Lihat aja beberapa destinasi wisata terbaik di Selandia Baru ini.

Daftar 4 Musim di Selandia Baru dan Auckland

Musim Panas di Selandia Baru

Musim Panas di Selandia Baru
Lake Wakatipu Queenstown / Mariamichelle

Musim Panas terjadi antara bulan Desember sampai Februari. Berwisata di musim panas mungkin waktu yang terbaik untuk ke mana aja. Kendala yang mungkin bakal kamu temui adalah  mahalnya tiket dan susah cari penginapan. Tapi dengan perencanaan yang baik, ngga perlu khawatir tentang hal itu. Booking semuanya dari jauh-jauh hari, dan nikmati wisatamu. Jangan lupa mengunjungi tempat-tempat di bawah ini untuk liburan di Selandia Baru saat musim panas. Baca: Daftar 4 Musim di Jepang dan Waktunya Lengkap

1. Bay of Islands

Kalau kamu cari tempat yang cocok buat berpanas-panasan, Bay of Islands adalah tempatnya. Di kawasan ini kamu bisa berjemur di pantai, berlayar ke ratusan pulau yang ada, melihat spesies burung yang menarik, bahkan berenang bareng lumba-lumba.

2. Festival of Lights (New Plymouth)

Ini adalah festival musik dengan hiasan pencahayaan luar biasa di taman-taman kota. Kalau ke Selandia Baru antara Bulan Desember sampai Januari, kamu bakal berkesempatan menyaksikan festival ini.

3. Pulau Waiheke

Dengan menaiki kapal feri dari Auckland, kamu bisa berkunjung ke Pulau Waiheke yang indah. Telusuri pantainya. Kamu bisa berjalan kaki, naik sepeda, kayak, atau skuter. kamu juga bisa ngerayain tahun baru di sini, lho!

4. Camping di Dekat Danau

Camping adalah aktivitas paling direkomendasikan saat musim panas di Selandia Baru. Apa yang lebih nyaman dari bersantai di dekat danau yang sejuk, di bawah teriknya matahari? Kalau kamu ingin mendapatkan tempat camping yang terbaik, berkunjunglah ke lokasi camping resmi dari departemen konservasi. Kamu tak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal dan biasanya ada di tempat terbaik.

5. Hiking di Pegunungan

Karena lebih sedikit kemungkinan turun hujan dibandingkan dengan musim lainnya, tentu musim panas merupakan waktu terbaik untuk hiking. Di Selandia Baru, kamu bisa menemukan beberapa trek hiking terbaik seperti Milford Track. Ada juga sekitar 8 buah trek hiking lainnya yang tak kalah bagusnya.

Banyak trek hiking yang bisa kamu temukan di sekitar Selandia Baru, baik di dekat pegunungan maupun pantai. Kamu pun bisa memilih durasi hiking yang kamu inginkan, mulai dari satu jam hingga satu minggu!

 

Musim Gugur di Selandia Baru

Musim Gugur di Selandia Baru
Danau Tekapo by Pixabay

Musim gugur terjadi antara bulan Maret sampai Mei. Seperti di belahan dunia lain, musim gugur di Selandia Baru juga dipenuhi pohon-pohon dengan dedaunan yang sedang berubah warna. Untuk pengalaman terbaik, kamu bisa ke daerah Wanaka, Otago, atau Hawkes Bay. Waktu aku ke Selandia Baru di musim gugur keadaannya ngga begitu ramai dan tiket ngga begitu mahal, sehingga musim gugur bisa jadi momen paling pas buat pergi ke Selandia Baru. Baca: 4 Musim di China dan Tempat Wisata Paling Populer

1. Wanaka

Kalau berkunjung ke Wanaka, dijamin kamu bakalan bingung pilih foto karena semuanya bagus. Kamu suka fotografi dan tujuanmu pergi di musim gugur adalah melihat pemandangan? Di Wanaka lah tempatnya. Selain berburu foto, kamu juga bisa naik sepeda gunung dan hiking di sini.

2. Ladang Anggur di Hawke’s Bay

Selain pemandangan pohon yang memerah, kamu juga bisa melihat betapa indahnya kebun anggur. Musim gugur adalah saat yang tepat kalau kamu ingin menyaksikan langsung proses pembuatan wine dari pemetikan sampai pengolahannya.

3. Gisborne

Belum banyak yang tahu tentang tempat ini, jadi kamu bisa ke sini buat menikmati suasana alam. Ada tempat bernama Eastwoodhill yang merupakan arboretum (taman pohon) dengan variasi jenis pohon khas dunia belahan terbanyak yang ada di Selatan. Tempat ini benar-benar harta karun alam di Selandia Baru.

 

Musim Salju di Selandia Baru

Musim Salju di Selandia Baru

Musim dingin biasanya berlangsung antara bulan Juni sampai Agustus. Walau suhu di pegunungan pasti sangat dingin, kamu bisa ngerasain cuaca yang lebih nyaman di daerah lain. Musim dingin di Selandia Baru cocok banget buat olahraga ski dan snowboard. Kalau mau mencoba olahraga ski, kamu perlu tahu musim ski berlangsung dari Bulan Juni sampai minggu pertama bulan Oktober. Selain itu, cek juga berbagai kegiatan di bawah ini. Baca: Suasana 4 Musim di Australia dan Bulan Terjadinya

1. Sumber Mata Air Panas

Ngerasa terlalu dingin? Jangan khawatir, air mata panas alami di Selandia bisa menghangatkan tubuh kamu. Rotorua dan Hanmer Springs adalah dua tempat paling terkenal kalau kamu mau menikmati air panas. Waktu aku ke Hanmer Springs yang terletak di South Island, ternyata lokasinya dekat dengan tempat ski. Cocok banget, kan?

2. Menyaksikan paus

Penasaran ingin lihat paus secara langsung? Langsung aja menuju Kaikoura. Musim dingin adalah puncak migrasi mereka, jadi mungkin aja kamu bakalan ngelait beberapa spesies berbeda secara langsung. Ada juga tempat lain untuk melihat paus, yaitu Wellington dan Picton.

3. Nonton pertandingan rugby

Kalau kamu penggemar olahraga, pasti tahu kalau musim dingin berarti musim rugby. New Zealand Lions Tour bakalan digelar di awal Bulan Juni, dan pastinya bakal banyak banget penggemar yang mendukung tim favorit mereka. Selain itu, banyakjuga pertandingan rugby tingkat regional yang bakalan digelar. Cek aja di Eventfinda kalau mau jadwal pertandingan.

 

Musim Semi di Auckland

Musim Semi di Auckland
Photo: Mackenzie Region

Musim Semi biasanya terjadi pada bulan September sampai November. Musim semi juga merupakan waktu yang pas buat berkunjung ke Selandia Baru. Kalau kemu suka petualangan, coba sensasi water rafting. Lebih suka menikmati pemandangan? Musim semi itu waktunya bunga dan daun baru mulai tumbuh. Banyak banget taman di Selandia Baru yang menyajikan pemandangan indah. Yuk, lihat apa lagi yang bisa kamu dapatkan di musim semi. Baca: 4 Musim di Korea dan Bulan Terjadinya Beserta Pembagiannya

1. Christchurch dan Dunedin

Dua daerah di atas merupakan tempat terbaik kalau kamu mau menikmati suasana alam Selandia Baru di musim semi. Bunga-bunga indah seperti Daffodil dan bluebell bermekaran, selain itu kamu juga bisa melihat anak-anak domba yang lucu berlarian di ladang.

2. Melihat lumba-lumba di Hauraki Gulf

Di sini kamu bisa melihat lumba-lumba secara langsung. Bahkan, ada kesempatan bertemu peneliti yang bakal ngejelasin tentang mereka. Kalau kamu pecinta alam, ngga bakal nyesel deh ke sini

3. Memancing

Memang tidak semua orang suka memancing, tapi kalau kamu suka memancing, permulaan musim semi pada bulan Oktober adalah waktu paling cocok untuk memancing karena ikan-ikan sedang makan dengan lahap.

4. Berwisata di Cornwall Park

Kalau kamu ke Selandia Baru pada musim semi, coba habiskan satu hari di Cornwall Park. Kamu bisa berjalan-jalan di bawah pohon oak sambil melihat anak domba, sapi, dan ayam di peternakannya.

Kamu juga bisa mendaki ke puncak One Tree Hill – Maungakiekie untuk pemandangan kota 360 dearjat dan berjalan-jalan sekitar kawah raksasanya. Kamu pun bisa membeli makanan dari kios-kios yang ada atau membawa perlengkapan piknikmu sendiri.

Pranala luar: https://id.wikipedia.org/wiki/Selandia_Baru

Kasih Tanggapanmu Dong