Musim Di Rusia

Musim di Rusia dan Bulannya Beserta Tempat Wisata Populer

4 Musim di Rusia ➤ Penjelasan mengenai pergantian musim di Rusia beserta bulan terjadinya disertai tempat wisata yang sesuai dengan musim.

Rusia mempunyai 4 musim sebagaimana negara Eropa pada umumnya. Setiap musim di Negeri Beruang Merah ini mempengaruhi suasana di sana, khususnya di tentang lokasi dan waktu yang tepat untuk berwisata bagi warga Indonesia. Hal itu mengingat cuaca antara Indonesia dengan Rusia sangat jauh berbeda, sehingga Kamu harus menyesuaikan diri terlebih dahulu.

Baca juga: 4 Musim di Hongkong dan Bulannya Tahun 2019

Ada banyak sekali lokasi wisata yang bisa Kamu kunjungi selama 4 musim

4 Musim di Rusia

1. Musim Panas

Musim Panas
 

Musim panas di Rusia terjadi pada awal Juli hingga akhir Agustus. Suhunya rata-rata adalah 30 sampai 40 derajat Celcius. Namun, pada malam harinya di musim ini seringkali turun hujan, sehingga udaranya juga dingin. Kebanyakan masyarakat kota lebih suka pergi ke pantai untuk berjemur, jalan-jalan ke pinggiran kota untuk menikmati pemandangan alam.

Meskipun itu terbilang musim panas, namun nyatanya suhu udara pada pagi hingga sore hari terbilang dingin bagi warga Indonesia, bahkan pada siang sekalipun. Setiap harinya suhu udara bisa saja berubah-ubah dan bagi Kamu yang ingin berpergian ke Rusia harus mempersiapkan kesehatan juga pakaian yang tepat sesuai dengan musimnya.

Sebenarnya ada banyak sekali tempat wisata yang pas buat Kamu kunjungi saat musim panas, diantaranya adalah:

a. Pulau Kizhi

Terletak di Danau Onega, sebuah situs warisan kuno Unesco. Di sini pula Kamu dapat mengunjungi Gereja Transfugurasi yang merupakan gereja kayu kuno Rusia.

b. Saint Basil’s Cathedral

Terletak di pusat kota Moskow dan termasuk katadral kuno, dimana ia dibangun sejak 1555-1561 M. Bentuk luar dan arsitekturnya sangat menarik dan unik serta tampak seperti istana yang ada di negeri dongeng.

c. Masjid Lala Tupan

Merupakan masjid yang seringkali dikunjungi banyak wisatawan. Bangunannya tampak lebih modern karena baru saja dibangun dan dibuka sekitar tahun 1980-an.

2. Musim Dingin

Musim Dingin
 

Musim dingin terjadi mulai akhir Desember hingga pertengahan Januari. Suhu rata-rata di kota besar seperti Moskow dan Saint Peterburg berkisar 5 derajat Celcius hingga -9 derajat Celcius. Bahkan bisa mencapai pada titik terendah yaitu -30 sampai -40 derajat Celcius tentunya itu sangat dingin.

Pada musim dingin banyak daerah di Rusia yang diguyur hujan salju, sehingga tidak heran jika jalanan hingga pekarangan dipenuhi dengan salju. Bahkan ketebalan es yang menumpuk bisa mencapai 16 inchi hanya dalam semalam. Karena itu rumah penduduk di Rusia selalu dilengkapi dengan pemanas ruangan.

Baca juga: 10 Aktivitas Musim Dingin di Korea Murah dan Wajib Dicoba

Berikut adalah beberapa lokasi wisata yang pantang Kamu tinggalkan saat berkunjung ke Rusia:

a. Danau Baikal

Merupakan danau terdalam, terbesar, dan tertua di dunia serta menjadi situs warisan dunia Unesco. Letaknya berada di jalur Trans Siberia dan menyajikan pemandangan menakjubkan.

b. Gunung Elbrus

Merupakan gunung yang menwarkan pemandangan sangat menakjubkan. Terlebih bagi Kamu yang menyukai wisata alam yang menantang tidak ada salahnya mencoba pendakian, sebab sudah dilengkapi dengan cable car.

3. Musim Gugur

Musim Gugur
 

Musim gugur terjadi setelah musim panas yaitu dimulai pada akhir Agustus sampai September. Suhu rata-rata di Rusia adalah 11 derajat Celcius dan itu bisa terus menurun salama mendekati musim dingin. Di beberapa kota besar seperti Saint Peterburg suhu bisa sampai 8 derajat Celcius pada siang hari dan 3 derajat Celcius pada malam hari.

Dalam rangka merayakan musim gugur, masyarakat di sana banyak yang mengadakan festival seperti halnya festival panen musim gugur emas. Tidak ada salahnya jika Kamu berkunjung ke Rusia pada musim ini bisa menikmati dan mengabadikan berbagai pertunjukan dan festival yang menarik serta mekajubkan.

Baca juga: 4 Musim di China dan Tempat Wisata Paling Populer

Lalu tempat wisata apa saja yang recommended buat Kamu saat berkunjung ke Rusia?

a. Semenanjung Kamktca

Di sini Kamu bisa menikmati pegunungan yang sangat indah dan ada banyak sekali gunung api yang masih aktif. Tak lupa di sekitarnya terdapat danau yang menawan dan indah.

b. Taman Gorky

Merupakan taman yang dibuka sejak 1930, tepatnya pada masa Stalin. Taman ini dibuat sangat luas serta indah, sehingga sangat instagramable, terlebih pada musim gugur.

4. Musim Semi

Musim Semi di Rusia
 

Musim semi di Rusia hanya terjadi pada akhir Januari dan berakhir di bulan Mei. Suhunya berkisar 8 derajat Celcius sampai 15 derajat Celcius. Di Rusia bagian Utara udaranya lebih dingin dan bersalju saat musim semi tiba. Sementara di belahan Rusia lainnya musim semi terasa cukup panas bagi penduduk lokal, mengingat mereka juga berjemur di pantai hingga bersepeda santai menyusuri pinggiran kota.

Datangnya musim semi ini selalu dirayakan dengan festival Maslenitsa setiap tahunnya. Festival ini sendiri ditetapkan sebagai hari libur Tradisional Rusia. Festival ini dirayakan sepanjang minggu dengan berbagai cara seperti makan penekuk, mendekor suatu tempat dan menghias pepohonan,

Berikut adalah beberapa destinasi wisata khas musim semi di Rusia yang patut Kamu kunjungi:

a. Red Square

Merupakan destinasi wisata yang paling popular di Moskow. Ia adalah alun-alun yang sangat aktif serta sering digunakan sebagai tempat perayaan ataupun festival. Tentu saja Kamu bisa menikmati berbagai fertival khas masyarakat Rusia.

b. Museum Ermitaz

Merupakan museum tertua kedua di dunia sebab telah dibangun pada pertengahan abad 18. Interior museum dibuat begitu megah, sehingga tampak seperti istana. Tak heran jika tempat ini menjadi wisata favorit banyak wisatawan

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Rusia