Musim di Jerman

4 Musim di Jerman dan Destinasi Wisata Terfavorit

Jerman mempunyai 4 musim sebagaimana negara Eropa pada umumnya yaitu panas, dingin, gugur, dan semi. Masing-masing musim mempunyai waktu tersendiri dan sering dijadikan dasaran bagi wisatawan untuk berkunjung ke Jerman. Negara yang terkenal dengan tembok Berlinnya ini, menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik dan indah. Simak langsung 4 musim di Jerman dan destinasi wisata yang sesuai.

Musim di Jerman

1. Musim Panas

Musim Panas di Jerman

Musim panas di Jerman biasa berlangsung sejak Juni hingga Agustus. Suhu rata-ratanya berkisar 20 derajat Celcius dan bahkan paling tinggi adalah 26 derajat Celcius. Suhu yang demikian sudah membuat masyarakat Jerman sangat kepanasan, berbeda dengan di Indonesia yang terbilang masih sangat dingin.

Baca juga: 4 Musim di Perancis Beserta Bulan Terjadinya

Saat musim panas ini banyak kolam renang yang selalu penuh selama musim panas. Selain itu juga ada lautan yang menjadi alternatif bagi masyarakat lokal untuk sekedar mendinginkan tubuh. Beberapa tempat baik perkantoran maupun lembaga lainnya sering dipasang pendingin saat musim panas tiba untuk mengantisipasi terjadinya kepanasan.

Adapun wisata yang bisa Kamu kunjungi saat musim panas adalah sebagai berikut:

a. Lembah Moselle

Terletak tidak jauh dari kota Metz. Di sini pula Kamu akan menemukan sebuah sungai yang membentang yaitu sungai Moselle. Suhunya cukup sejuk ditambah pula pemandangan yang sangat menakjubkan, dimana Kamu bisa mengabadikannya dengan kamera handphone.

b. Lindau

Merupakan kota bersejarah yang berada di perbatasan Swiss, Austria, dan Jerman. Di sini Kamu bisa menikmati Danau Costance yang berada di sebelah timur kota. Salain itu juga bisa menyusuri danau dengan perahu sambil menikmati indahnya kota dan bangunan yang ada di sekitarnya.

2. Musim Dingin

Musim Dingin di Jerman

Musim dingin di Jerman terjadi pada bulan Desember sampai Februari. Suhu rata-ratanya berkisar -5 hingga 10 derajat celcius. Tentu saja hal itu merupakan cuaca yang sangat dingin, khususnya bagi warga Indonesia yang terbiasa dengan iklim tropis. Bagi masyarakat di sini sudah sangat terbiasa dan bersahabat dengan cuaca yang demikian.

Wilayah Jerman bagian utara seringkali diguyur hujan salju, bahkan banyak pepohonan yang membeku. Sedangkan, di bagian selatan cenderung hangat dan tidak banyak terjadi hujan salju. Bahkan di beberapa tempat di Jerman selatan terdapat bunga yang bermekaran.

Lalu ada wisata apa yang cocok dikunjungi saat musim dingin? Berikut adalah penjelasannya:

a. Dataran tinggi Zugpitze

Terletak di wilayah Garmisch Partenkirchen. Dataran tinggi ini dikelilingi oleh gunung-gunung kecil yang diselimuti salju saat musim dingin. Tentu saja Kamu bisa bermain ski. Snowboarding, hingga naik kereta luncur atau sekedar jalan menikmati keindahan alam.

Baca juga: 10 Aktivitas Musim Dingin di Jepang Asyik dan Murah

b. Dresden

Merupakan salah satu kota tua di Jerman. Di sini Kamu bisa menikmati suasana musim dingin karena memang sebagian tempatnya dipenuhi salju serta suasananya yang tenang. Kamu juga bisa menyusuri pinggiran kota dengan kapal dayung di Sungai Elbe.

3. Musim Semi

Musim Semi

Musim semi di Jerman rata-rata berlangsung sejak bulan Maret sampai dengan Mei. Suhunya berkisar 10 hingga 20 derajat Celcius, sehingga sudah relatif hangat. Hal itu disebabkan matahari sudah memancarkan panasnya, salju mulai meleleh, dan bunga-bunga mulai bermekaran. Saat itulah masyarakat sering menghabiskan waktu di luar ruangan.

Masyarakat lokal seringkali menyambut musim semi dengan mengadakan berbagai jenis festival, seperti halnya yang dilakukan di Stuttgart. Selain itu juga ada festival minum bir yang sudah menjadi kebiasaan warga di sini. Namun ada pula yang merayakannya dengan bermain ke wahana tertenu hingga berwisata. Berikut adalah destinasi wisata yang cocok Kamu kunjungi saat musim semi:

a. Taman Nasional Jasmund

Di sini Kamu bisa melihat tebing yang sangat indah hingga hutan yang masih alami. Di bawah tebing terdapat sebuah laut yang begitu menawan. Hanya saja Kamu harus hati-hati saat melakukan swafoto di sekitar tempat ini.

b. Collegne Catedral

Merupakan katedral Katholik Roma yang terletak di kota Koln. Katedral ini mempunyai arsitektur yang unik serta kuno, sehingga banyak sekali dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Saat malam hari katedral ini akan tampak sangat cantik dari kejauhan.

4. Musim Gugur

Musim Gugur

Musim gugur di Jerman dimulai bulan September dan berakhir pada November. Suhu rata-ratanya menjadi di bawah 20 derajat celcius. Semakin lama akan semakin menurun dan sangat dingin. Hal itu disebabkan musim gugur merupakan jembatan menuju musim dingin.

Saat inilah Jerman mulai diguyur hujan serta waktu siang pun menjadi lebih singkat. Matahari hanya memancarkan sinarnya beberapa jam saja yang membuat suhu cukup dingin. Selain itu juga banyak dedaunan yang menguning hingga memerah dan bahkan berguguran di tanah ataupun air. Namun ada beberapa daerah yang juga masih relative hangat.

Baca juga: 4 Musim di Belanda dan Bulan Terjadinya Serta Wisata Keren

Berikut adalah destinasi wisata yang bisa Kamu kunjungi saat musim gugur:

a. Kastil Neuschwanstein

Saat musim gugur tiba, di sekitar Kastil ini menyajikan pemandangan yang sangat menawan, terlebih saat senja. Sebab Kamu akan dimanjakan dengan pepohonan yang berwarna-warni ditambah cahaya kekuningan yang memancar saat sore maupun pagi hari. Tentu saja itu merupakan spot yang cocok untuk berfoto ria.

b. Romantic Rhine

Merupakan destinasi wisata yang menyajikan pamandangan berupa sungai ditambah pula dengan bangunan-bangunan kuno hingga istana yang berada tak jauh darinya. Selama Kamu menyusuri sungai ini juga akan dimanjakan dengan hamparan kebun anggur di sekitarnya.

Lengkapi paket travelligmu dengan berlibur ke Jerman dan mampir ke beberapa destinasi wisata baik alam maupun bangunan kuno untuk menambah wawasan serta pengalaman tak terlupakan.