Musim di Arab Saudi

Musim di Arab Saudi Serta Penjelasan dan Tempat Wisata

Musim di Arab Saudi ➤ Daftar 2 Musim di Saudi Arabia beserta penjelasan kapan terjadinya dan info tempat wisata terbaik.

Daftar Musim di Arab Saudi

Ketika orang berpikir tentang wisata di Arab Saudi, banyak orang langsung memikirkan Mekkah. Padahal tujuan wisata di Saudi Arabia bukan hanya bepusat pada Mekkah atau Madinah saja. Ada banyak tempat wisata di Saudia Arabia yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa ikuti tur aku selama di Saudi Arabia sebagai referensi kamu berwisata.

Musim Panas di Arab

Musim Panas di Arab Saudi

Sama halnya di Indonesia, Saudia Arabia juga hanya memiliki dua musim saja, yakni panas dan dingin. Bedanya musim panas di Saudia Arabia ini bisa sangat tinggi. Musim panas di Arab berlangsung pada bulan April sampai Agustus.

Awal musim panas biasanya disertai dengan badai pasir. Pada bulan Juni, suhu akan memuncak, bahkan bisa mencapai 50 derajat Celsius. Suhu ekstrim ini tidak pernah berada di bawah 42 derajat, dan di malam hari suhu paling rendah mencapai 28 derajat.

Di samping itu, suasana malam hari di padang gurun mencapai suhu dingin ekstrim hingga 0 derajat Celsius. Karena cuaca yang kurang mengenakkan ini, aku sarankan kamu merencanakan mengunjungi tempat wisata yang berada dalam ruangan seperti museum atau akuarium.

Tempat wisata Arab di musim Panas

1. Museum Nasional

Museum Nasional Riyadh adalah sebuah bangunan dua lantai yang menampilkan pemandangan masa lalu dan masa kini negara Saudi Arabia. Museum ini menampilkan beberapa artefak sejarah yang terdiri dari delapan ruang pameran. Setiap ruangan inikamu serasa akan diajak untuk kembali ke sejarah negara ini di beberapa era.

2. Taman Al Maktaba

Taman Al Maktaba memiliki luas hingga 54 hektar dan telah dibangun semenjak tahun 1410 masehi. Memasuki taman ini kamu akan disambut oleh air terjun di seberang pintu masuk taman. Adapula  kolam buatan di jalur timur-barat taman. Bagi kamu yang ingin mencari kesejukan di tengah teriknya matahari, kamu bisa temukan beberapa tempat istirahat yang di lindungi oleh pepohonan.

3. Akuarium Fakieh

Saat musim panas mengunjungi akuarium Fakeh adalah hal yang tepat. Akuarium ini menawarkan berbagai spesies ikan, termasuk hiu, serta kura-ng saat yang tepat untuk mengunjungi akuarium Fakeh. Di akuarium ini, kamu bisa melihat kura-kura dan kehidupan laut lainnya. Kompleks ini juga dilengkapi dengan arena seluncur es yang menyenangkan.

Musim Dingin di Arab

Musim Dingin di Arab Saudi

Di Saudi Arabia, sebenarnya yang disebut musim dingin hanyalan saat paling dingin dalam setahun. Pada musim ini, rata-rata suhu pada siang hari adalah 20 derajat Celsius. Namun, ada juga kemungkinan turun salju di daerah dataran tinggi. Pada bulan Januari, suhu bisa mencapai titik terendah 8 derajat Celsius. Pada bulan Februari, hujan akan sering turun.

Kalau ingin bepergian di Saudi Arabia pada musim dingin sehingga tidak harus menghadapi suhu tinggi yang ekstrim, aku sarankan berkunjung di bulan Januari. Inilah beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi.

1. Kebun Binatang Nasional

Kebun Binatang Nasional Riyadh adalah kebun binatang terbesar yang ada di negara Arab Saudi. Di kebun binatang ini terdapatsekitar 1.400 hewan yang mewakili lebih dari 40 spesies. Kamu bisa melihat kanguru, anjing laut, gajah, kijang, dan monyet serta spesies lainnya.

Kebun binatang ini memiliki luas hingga 55 hektar. Namun, jika kamu merencanakan perjalanan ke Kebun Binatang Nasional Riyadh, kamu harus tahu jadwal berkunjung karena tempat ini memiliki peraturan yang cukup ketat untuk pengunjung anak-anak, wanita dan laki-laki.

2. Museum Taybeen

Berkunjung ke Museum Taybeen akan membuat kamu merasa hidupkembali di masa kecil. Museum ini memang berawal darikoleksi pribadi seorang warga Arab Saudi yang bernama Majid Al Ghamdi. Bermula dari hobinya mengumpulkan mainan, apa yang ia koleksi kini telah berkembang menjadi museum dengan luas 300 meter persegi.

Museum inimemiliki koleksi hingga 10.000 mainan, poster, kamera, elektronik, dan tempat makanan dan minuman untuk anak kecil. Sangat mengasyikkan sekali datang ke tempat ini.

3. Taman di Riyadh

Salah satu taman yang akan membuat kamu tur keliling dunia adalah Taman Riyadh. Di taman ini kamu bisa melihat replika miniatur landmark dunia, seperti Menara Eiffel dan Taj Mahal. Adapula landmark kota Saudi. Taman satu ini sangat populer di kalangan wisatawan dan masyarakat sekitar. Kamu tidak akan kesulitan mencari taman ini karena mudah dijangkau dan mudah ditemukan.

Melakukan perjalanan wisata ke tempat-tempat di atas akan membuat perjalanan wisata 2 musim kamu menjadi jauh lebih menyenangkan selama di Saudi Arabia. Selamat, berwisata, ya!

Referensi: https://en.wikipedia.org/wiki/Saudi_Arabia