Mata Air Sumber Sira

Mata Air Sumber Sira Malang

Lokasi:Putukrejo, Gondanglegi, Malang, Jawa Timur 65174
Open:Senin: 07.00–17.00 Selasa: 07.00–17.00 Rabu: 07.00–17.00 Kamis: 07.00–17.00 Jumat: 07.00–17.00 Sabtu: 07.00–17.00 Minggu: 07.00–17.00
Tiket:1000
Telepon:
Kategori:

Mata Air Sumber Sira Malang ➤ Informasi harga tiket masuk, rute menuju lokasi, jam buka, dan nikmati segarnya sumber mata air.

Belum lama ini, nama tempat wisata ini memang marak dikalangan traveler yang berkunjung ke Malang. Sebenarnya wajar saja, mata air alami yang membentuk sebuah kolam ini memang sangat worth to visit. Kenapa? Karena berbeda dengan mata air lainnya, tempat ini dipenuhi tanaman ganggang hijau yang membuat ilusi jika airnya juga berwarna bening dan kehijauan.

Ruet Menuju Mata Air Sumber Sira Malang

Berlokasi di Sumberjaya, Gondanglegi, Malang – Jawa timur. Tempat ini bisa dicapai dengan berkendara sejauh 20 KM dari pusat Kota Malang. Untuk bisa sampai di tempat ini, ngga ada transportasi umum guys, sehingga kamu harus naik kendaraan pribadi. Selain itu, jalannya juga ngga begitu bagus, jadi pastikan kalau kendaraan yang kamu bawa kondisinya juga prima.

Waktu Terbaik  Untuk Datang

Semenjak viral di sosial media, Sumber Sira memang jadi lebih ramai pengunjung. Karenanya, lebih baik kamu datang saat weekdays karena jumlah pengunjung bakal dikit. Untuk masalah waktu, sebenarnya fleksibel saja karena tempat ini cukup sejuk. Yang penting kamu tahu kapan tempat ini mulai buka. Jam operasional disini adalah pukul 07.00 – 17.00 Wib (Senin – Minggu).

Hal Yang Bisa Dilakukan

1. Hunting Foto Liburan

Kamu yang punya hobi mengkoleksi jepretan foto alam, tempat ini tentunya bisa menjadi salah satu tempat yang bisa memenuhi hasrat tersebut. Keindahan alam bawah air tempat ini sudah sangat terkenal keindahannya. Ngga hanya itu, area sekitar mata air ini juga cakep banget. Karena Sumber Sira berada di area persawahan yang bakal membuat hasil foto jadi kelihatan keren abis.

2. Berenang di Mata Air

Mata Air Sumber Sira Malang
@senifotoembongan

Setelah melalui perjalanan cukup jauh, kamu bisa mengistirahatkan tubuh dan pikiran sejenak dengan berenang di Mata Air Sumber Sira nih, guys. Mata air alami ini sangat bersih dan dijamin ngga akan membuat kulit jadi gatal-gatal, sehingga kamu ngga perlu takut untuk nyemplung disini. Selain itu, berenang di tempat seindah ini juga pastinya akan membuat kamu jadi semakin merasa damai.

3. Snorkeling Keindahan Bawah Air Sumber Sir

Kamu yang hobi snorkeling juga bisa nih cuci mata di Sumber Sira. Meskipun tempat ini ngga memiliki terumbu karang, tapi keindahan ekosistem bawah airnya pantas untuk diberikan acungan jempol lho. Ada beragam rumput air tawar dan juga ganggang hijau yang bisa membuat kamu berdecak kagum. Perpaduan antara ganggang, mata air dan pasir hitam di dasarnya membuat kolam ini sangat eksotis.

4. River Tubing

Disini pengunjung juga bisa melakukan aktivitas river tubing, lho. Gimana, seru sekali, bukan? Jadi kamu bisa menyewa ban untuk tubing menikmati me time yang berbeda. Pastinya seru sekali bisa tiduran sembari mengapung di atas air, belum lagi dikelilingi alam bebas yang mempesona. Tentunya kamu bakal betah berlama-lama di tempat ini.

5. Menenangkan Diri

Kamu yang lagi galau karena kelamaan jomblo atau pengen numpahin unek-unek di kepala tapi ngga ada teman buat cerita. Bisa mencuci mata sekalian mencari kedamaian di Mata Air nih, guys. Melihat pemandangan alam yang tenang pasti akan membuat pikiran kembali jadi jernih. Bayangkan saja, sebuah kolam yang indah dengan aneka pepohonan tumbuh di sekelilingnya.

Harga Tiket Masuk Mata Air Sumber Sira Malang

Harga tiket masuk Mata Air Sumber Sira Malang adalah Rp 1.000/orang, kemudian untuk parkir sepeda motor Rp 2.000, parkir mobil Rp 5.000, dan sewa pelampung atau ban renang kisaran Rp 2.000-5.000

Setelah baca cerita di atas, kamu pasti bakalan ngga sabar untuk bisa berkunjung langsung ke Mata Air Sumber Sira, kan guys? Jadi tunggu apa lagi? Yuk langsung cari tiket ke Malang dan segera kunjungi tempat nge-hits ini!

Ulasan Asli Pengunjung

  • Citra Pratiwi
    sebulan yang lalu
    Wisata pemandian air yg tawar. Pemandian ini berada di tengah2 sawah dan sepertinya di kelola oleh warga setempat. Sedikit kecewa karena air nya tek sebening yg di foto, entah karena musim hujan atau karena banyaknya pengunjung. Parkir mobil 10000, biaya masuk tiap org 3000. Ada fasilitas toilet yg bayar, musholla, peminjaman ban pelampung 5000. Ada sekumpulan lapak penjual makanan dan baju2 murah untuk berenang atau baju ganti. Syg nya tdk ada peraturan utk pengunjung seperti dilarang mandi/keramas di sumber air. Krn pemandangan org keramas membuat saya & tmn2 jd tdk berminat utk nyebur. Hehe. Tapi pemandian yg dekat dg sisi pohon besar, masih tergolong jernih & bs dijadikan spot foto bawah air
  • yoedh 69
    sebulan yang lalu
    Sekeliling kolam sumber mata air dipenuhi dengan pepohonan besar dan rindang. Melirik pada pohon besar yang ada di sekitar pemandian Sumber Taman, konon pohon-pohon tersebut telah berusia ratusan tahun. Berdasarkan legenda yang diyakini, lokasi mata air sumber taman ini dahulunya merupakan sebuah taman yang indah. Alkisah, ada seorang kakek tua yang melewati taman tersebut. Saat melewati taman, kakek tersebut bertemu sepasang kekasih yang sedang berduaan di sekitaran taman. Karena kelaparan, sang kakek meminta sedikit makanan yang di bawa oleh sepasang kekasih tersebut. Sayangnya, sepasang kekasih tersebut tak bersedia dan justru membentak sang kakek. Tak diduga, sang kakek murka dan merubah dirinya menjadi sesosok ular raksasa. Kakek yang murka kemudian mengutuk sepasang kekasih tersebut menjadi dua pohon besar. Anehnya, kedua pohon tersebut mengeluarkan air yang begitu deras. Kedua pohon besar tersebut kemudian dijadikan ular raksasa tersebut sebagai lokasi berdiamnya. Aliran air deras dari pohon tersebut lambat laun membentuk genangan besar yang kini dikenal dengan mata air Sumber Taman.
  • N R
    dalam minggu terakhir
    Parkir 2000 tiket masuk 3000 . Jangan lupa bawa kacamata renang biar pemandangan hutan air bisa terlihat semua . Suasana desa pinggir sawah, super alami . Jangan kaget jika airnya lebih dingin . Yokk guys mandi suasana ala desa.
  • Choirul Aziz
    2 minggu yang lalu
    Tempatnya bagus banget, pemandian/sumber air no.1 di koto Malang menurut saya. Jernih banget lho airnya... yg lebih penting lg tarif nya murah banget anjay... #kalok kesini mending motoran karena belum ada parkir mobil
  • noramelia imey
    seminggu yang lalu
    Airnya bening bnget, dn ada bagian yg dalem, mending nyewa ban. Takutnya kalian kesandung pas berenang disana. Dan tenggelam. Wqwqw asikq. Cuma beberapa dasar air yg ada sampahnya.