41+ Istilah di Hotel dan Penjelasannya Lengkap Traveloka

Bagi orang yang sedang bepergian, hotel menjadi syarat wajib yang masuk dalam daftar yang harus disiapkan sebelum berangkat. Namun karena istilah di hotel sangat banyak, ditambah lagi menggunakan bahasa asing, terkadang membuat kita yang masih awam suka bingung apa maksudnya.

Dalam artikel ini akan memberikan daftar istilah didunia perhotelan yang dilengkapi dengan penjelasan singkat. Ada lebih dari 40 istilah yang ada, dan akan diperbarui seiring berjalannya waktu.

Daftar Istilah di Hotel

High Season Surcharge

Istilah ini biasa terjadi saat momen libur sekolah yang berdampak pada liburan panjang, pada momen ini biasanya harga jadi cukup tinggi.

Peak Season Surcharge

Tidak jauh berbeda dari sebelumnya, peak season surcharge terjadi ketika banyak orang berpergian dan harga berada di titik paling tinggi seperti libur akhir tahun. Perbedaannya adalah peak season jauh lebih ramai, jangan kebalik lho!

Check In

Wajib diingat ya, kapan waktu check in saat memesan hotel. Biasanya pihak hotel punya kebijakan berbeda, tapi rata-rata sih jam check in itu pukul 1 sampai 2 siang yaaa^^

Check Out

Waktunya meninggalkan hotel di hari terakhir penginapan, biasanya hotel juga punya kebijakan berbeda dalam hal ini. Rata-rata hotel memberikan waktu check out pukul 11 sampai 12 siang ya, yuk move on yuk!

Early Check In

Ketika kamu masuk hotel sebelum waktu check in, namun bisa atau tidaknya early check in tergantung pada okupansi hotel di hari kamu menginap. Jadi selalu konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak hotel ya, okay?

Late Check Out

Adalah ketika kamu keluar kamar hotel setelah waktu check out, biasanya ini terjadi kalo kamu ikut half day tour dan belum packing. Late check out biasanya hingga pukul 3 sore, tetap wajib konfirmasi ke pihak hotel ya!

Pay at Hotel

Booking dulu, bayar nanti di hotel emang bisa? Bisa dong! Pembayaran menggunakan fitur Pay at Hotel bisa dilakukan di aplikasi Traveloka tanpa perlu membayar terlebih dahulu. 

Fully Booked

Berarti kamar sudah penuh, jadi kamu dipersilahkan untuk mencari tanggal lain atau hotel lain yang room-nya masih tersedia.

Room Only

Harga kamar tidak termasuk sarapan yah, biar afdol biasanya aku booking room yang include breakfast buffet karena itu yang aku suka! Jadi guys, di cek lagi ya saat booking apakah room tersebut sudah include sarapan atau belum.

Pool Side

Kamu bisa loh booking kamar yang tepat lokasinya di samping kolam renang. Konfirmasi ke pihak hotel saat check in atau booking dengan bilang “aku mau room di pool side, ya” 😉

Hotel Easy Reschedule

Mau staycation tapi ternyata ada keperluan lain? Tenang guys, kamu bisa Easy Reschedule kok di Traveloka.

Walk-In Guest

Adalah tamu yang langsung cuss datang ke hotel tanpa booking sebelumnya, nah biasanya ini dikenakan tarif normal. Jadi lebih baik inget aku selalu kalo mau booking sesuatu, karena semudah ituuu. Iya, kan?

Doorman

Hayo selama ini kamu anggap dia apa? Yappp seseorang yang biasa bertugas membuka dan menutup pintu masuk hotel bernama doorman!

Valet

Layanan yang ditawarkan oleh pihak hotel untuk memarkirkan kendaraan tamu, cukup berikan kunci mobil kepada petugas valet. Mobil kamu tersimpan aman!

Minibar

Fasilitas hotel yaitu kulkas kecil yang lengkap dengan isinya seperti minuman, snack dan lainnya.

Mocktail

Minuman tanpa alkohol, kalo aku sih biasanya pesen ini hihihihi. Jika cocktail artinya kebalikan dari mocktail yah.

Buffet

Yaitu penyajian makanan yang biasa dilakukan dalam bentuk prasmanan, biasanya hotel menyediakan banyak pilihan makanan sesuai selera kamu!

À La Carte

Di hotel, penyajian makanan ini adalah dengan cara taking order ya. Jadi mereka akan melayani jika kamu memesan sebuah makanan.

Breakfast

Sarapan. Iya artinya cuma sarapan, iya, gitu, deh.

Guest House

Ada yang minta jelasin tipe-tipe penginapan, aku jelasin soalnya lagi baik! Jadi guest house itu biasanya dari segi harga terjangkau. Bentuk guest house seperti rumah atau kost-kostan dengan fasilitas milik bersama. Cocok buat kamu yang hemat budget saat traveling.

Hostel

Penginapan hostel cenderung mirip dengan asrama, artinya tamu di hostel harus berbagi ruangan dengan tamu lain yang tidak dikenal sebelumnya. Berbagi fasilitas juga kecuali kasur ya, asyiknya di hostel bisa kenal dengan beberapa orang baru yang lagi traveling juga!

Resort

Yang bikin berbeda, resort memiliki bangunan luas menawan dan terletak di lokasi yang strategis dengan tempat wisata seperti pantai atau pegunungan. Resort juga biasanya punya fasilitas hiburan berupa restoran, kolam renang, spa untuk tamu.

Vila

Kategori penginapan berbentuk rumah dan biasanya lokasi jauh dari keramaian sehingga nyaman ditempati tamu. Biasanya vila cocok dibooking kalo kamu mau staycation bareng keluarga besar, teman kantor atau teman lama. Lebih mudah cek Traveloka ya!

Cottage

Penginapan jenis ini mirip dengan vila namun biasanya berupa rumah kecil yang terpisah dan sederhana. Lokasi biasanya menawarkan pemandangan alam yang oke banget, harga juga sesuai tergantung lokasi dan fasilitas ya!

Bungalow

Bangunan berbentuk rumah-rumah berjajar yang lokasinya jauh dari keramaian, suasana yang ditawarkan juga biasanya sangat nyaman! Cocok untuk stay bersama.

Inn

Adalah jenis akomodasi yang lokasinya di area kota, inn biasanya digunakan sebagai tempat menginap darurat para traveler yang melakukan perjalanan jauh dan jarang ditempati untuk jangka waktu lama.