Hutan Pinus Pengger Jogja

Hutan Pinus Pengger Jogja

Lokasi:Jl. Dlingo-Patuk, Terong, Dlingo, Bantul, Yogyakarta
Open:06.30–23.00
Tiket:5000
Telepon:

Hutan Pinus Pengger merupakan salah satu destinasi wisata yang paling banyak didatangi oleh para wisatawan. Bukan hanya menyuguhkan pemandangan pepohonan pinus yang asri, tempat ini juga menawarkan keindahan alam luar biasa yang bisa dinikmati dari atas gardu pandang. Selain itu, kamu juga menikmati eksotisme gemerlap Jogja di malam hari dari atas sini.

Rute ke Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus terletak di Jalan Dlingo – Patuk, Terong, Dlingo, Kabupaten Bantul – Yogyakarta. Dari Kota Jogja, kamu bisa ambil jalur Jogja – Wonosari. Kalau sudah di perempatan Pathuk, langsung ambil rute menuju Dlingo. Dari sini, kamu hanya perlu menempuh jarak 4.5 km untuk sampai di objek wisata alam tersebut. Kalau masih terlalu ribet, kamu bisa menggunakan GPS kok.

Waktu Terbaik Datang

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Hutan Pinus Pengger tergantung dengan kebutuhan kamu, guys. Kalau kamu mau datang untuk sesi pre-wedding, maka sebaiknya datang di siang hari. Tapi kalau cuma untuk hunting foto bagus, sangat disarankan untuk datang menjelang matahari tenggelam. Karena disini ada spot foto bernama Rumah Piramid yang menyajikan background pemandangan eksotis di malam hari.

Hal Yang Bisa Dilakukan

Pengen atau kegiatan apa saja yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Hutan Pinus? Nah, di bawah ini adalah beberapa keseruan yang bisa kamu dapatkan di tempat ini.

1. Hunting Foto ala Autumn

Hutan Pinus Pengger Jogja
@haritsrodjatmoko

Pengen berfoto ala autum alias musim gugur yang cuma ada di negara empat musim, tapi budget terbatas? Hutan Pinus Pengger bisa menjadi alternatif nih, guys! Terlebih pada saat musim kering dimana dedaunan pinus berubah warna jadi kekuningan, feel-nya bakal dapet banget. Supaya lebih matching, jangan lupa pake kostum yang keren juga ya!

2. Nembak gebetan dengan romantis

Nembak gebetan dengan romantis
@rhlulfznhl

Hutan Pinus Pengger memang sangat terkenal dengan suasana romantisnya. Kamu yang pengen membuat surprise seperti melamar pacar, tempat ini cocok banget dijadikan pilihan. Tentunya bakal romantis banget kalau pas lagi jalan-jalan sendu disini, terus tiba-tiba kamu berlutut ala Romeo di film Hollywood, dan langsung memberikan cincin dan seperangkat alat sholat ke pacar kamu *Woops!

3. Bisa jadi rekomendasi buat pre-wedding juga

rekomendasi buat pre-wedding
@edys_geol

Hutan Pinus ini sudah menjadi langganan untuk mengadakan sesi foto pre-wedding dan juga pemotretan untuk model lokal lho. Jadi buat kamu yang pengen foto pre-wedding di alam, tempat ini sangat direkomendasikan. Ada banyak spot yang bisa dipilih sebagai background. Tapi yang paling terkenal adalah foto di tengah lebatnya pepohonan pinus, jadi berasa syuting film Twilight deh pokoknya.

4. Foto di Gardu Pandang dan Jembatan Pohon

Foto di Gardu Pandang dan Jembatan Pohon
detikpiknik. blogspot. co.id

Pengen punya foto yang mainstream? Nah, kamu bisa nyobain sensasi berfoto di atas gardu pandang atau jembatan pohon di Hutan Pinus Mengger ini, guys. Dijamin foto kamu bakal beda dari yang lain. Apalagi kalau kamu datang dari luar kota, wajib banget punya foto ini biar jadi makin kekinian dong ya! Salah satu gardu pandang terbaru yang terbilang unik adalah yang berbentuk jari tangan raksasa.

5. Berpose di Rumah Piramid

Berpose di Rumah Piramid

Spot foto yang berupa rumah ala suku Indian ini adalah yang paling nge-hits di Hutan Pinus Pengger. Bentuknya sangat unik dan ada lubang di bagian tengah, sehingga kamu bisa masuk dan duduk disitu. Dari tempat ini, kamu bisa melihat gemerlap lampu Kota Jogja pada malam hari. Kamu yang datang bareng pacar, pasti nuansa romantisnya bakal kerasa banget saat duduk berdua di Rumah Piramid ini.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger Jogja

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini adalah 5000 rupiah di hari biasa bukan hari libur.

Gimana, asyik dan seru banget Hutan Pinus Pengger ini? Jadi jangan sampai terlewatkan ya, guys. Soalnya beragam aktivitas dan spot foto menarik cuma bisa kamu dapatkan disini lho.

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Hutan_Pinus_Pengger

Ulasan Asli Pengunjung

  • satrio bintang
    3 minggu yang lalu
    Pinus pengger jadi alternatif buat yang punya jadwal liburan padat tapi masih pegen main ke hutan pinus karena kawasan hutan pinus pengger ini buka sampai jam 12 malam. Ada 2 spot foto favorit yg berbayar, jadi kita ambil nomor antrian, trus foto, nanti per fotonya dihargai 5ribu dan bisa diambil dalam bentuk softfile. Kalau malam fasilitas foto berbayarnya mulai dari jam stengah 7 malam yaaa. Fasilitas terbilang lengkap dan enggak mahal, tiket masuk 2 orang 1 motor hanya 7ribu rupiah saja. Ada toilet umum, tempat duduk yg tersebar, spot foto gratis/berbayar ada, mushola ada juga, warung warung banyakkk, rumah makan juga ada, parkir mobil luas, bis besar bisa masuk. Saran kalau berkunjung kesini pake alas kaki yg enggak licin karena kondisi tanah di pinus pengger sedikit lebih licin dari kawasan hutan pinus lainnya.
  • Muhamad Helmi
    sebulan yang lalu
    Hutan Pinus Pengger ini adalah efek positif atas keberhasilan pendahulunya yaitu Hutan Pinus Asri yang juga berada dalam satu kawasan di daerah Dlingo Bantul Yogyakarta, kreativitas masyarakat sekitar mengembangkan Hutan Pinus Pengger menjadi destinasi wisata pun berbuah manis, pengelola pun menyadari harus terdapat pembeda antara hutan pinus satu dengan lainnya agar menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pembeda tersebut adalah dipasangnya berbagai instalasi seni beragam bentuk yang dibuat menggunakan ranting pohon yang sudah kering, yang paling iconic adalah instalasi seni berupa tangan raksasa berlatarkan pemandangan indah panorama Kota Yogyakarta yang sekaligus menjadi spot untuk berfoto bagi wisatawan yang berkunjung di Hutan Pinus Pengger.Tidak hanya instalasi seni berupa tangan raksasa saja yang menghiasi Hutan Pinus Pengger melainkan terdapat beberapa instalasi seni serupa namun dengan bentuk yang berbeda seperti sapu raksasa, sangkar burung dan ada yang berbentuk setengah lingkaran menyerupai gapura. Dalam setiap instalasi seni tersebut memiliki makna yang berbeda-beda sesuai dengan bentuk masing-masing yang diberikan oleh sang seniman yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan di Hutan Pinus Pengger.
  • Amirul Mukmin Al-Faridz
    2 minggu yang lalu
    Tren tempat wisata yang inovatif, unik, dan selfiable. Unik karena siang hari kita bisa menikmati rindangnya dibawah pohon Pinus. Sedangkan malam hari kita bisa menikmati pemandangan taburan lampu2 kota langsung dari atap nya Jogja. Tersedia spot foto yang bagus banget dan cukup hits di Jogja bagi kamu yang penghobi foto. Kekurangannya saat musim hujan kamu harus hati-hati saat berjalan atau menapaki tangga. Treknya masih didominasi tanah, meskipun beberapa sudah dialasi bebatuan kecil, jadi saat hujan pasti becek dan licin. Siap-siap pegangan biar tak tergelincir di tangga dan cuci kaki biar tetap bersih dan stay cool didepan do'i. Selamat menjelajah.
  • Siska Fatimah
    dalam minggu terakhir
    Hutan Pinus Pengger lokasinya sangat strategis. Papan namanya akan sangat jelas terlihat dari jalan utama. Akses jalannya sudah lumayan bagus. Bisa dilalui bus. Keren. MaasyaaAllah. Wisata alam yang sangat menarik dengan tempat berfoto yang sangat mengasyikan. Bahkan ini akan menjadi tempat favorit pilihan warga luar Jogja saat berkunjung ke alam Jogja. Keunikan dari Hutan Pinus ini adalah banyaknya spot foto yang keren terbuat dari gundukan kayu atau rotan. Setiap akan berfoto disebuah spot harus antri. Hihi. Hati hati ya saat berjalan, karena jalanan yang lumayan menurun dan berbatu.
  • Winsragans channel
    seminggu yang lalu
    Ekowisata yang di rekomendasikan bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi hutan Pinus luar negeri, dengan hawa dingin khas pegunungan, di padu dengan kebersihan lingkungan yang terjaga, menambah rasa betah berlama-lama berwisata... Ga hanya siang hari, malam hari juga buka lho, dengan spot photo berlatar belakang Kota Jogja....