Ghibli Museum Mitaka Tokyo

Ghibli Museum Mitaka Tokyo

Lokasi:1-chōme-1-83 Shimorenjaku, Mitaka, Tōkyō-to 181-0013, Jepang
Open:Senin: 10.00–18.00 Selasa: Tutup Rabu: 10.00–18.00 Kamis: 10.00–18.00 Jumat: 10.00–18.00 Sabtu: 10.00–18.00 Minggu: 10.00–18.00
Tiket:¥1000
Telepon:
Kategori:

Para pecinta anime dan film animasi pasti pernah berangan-angan ingin masuk kedalam dunia anime yang begitu penuh dengan keseruan. Menikmati anime favorit memang kadang membuat kita lupa segalanya. Anime apa yang paling kalian favoritkan? Tahu nggak rumah produksi animasi yang membuat anime favorit kalian? Kalau belum tahu yuk kita cari tahu di Ghibli Museum !

Bicara anime pasti tidak jauh dari ke-Jepang Jepangan, sebagian besar rumah produksi animasi yang terkenal asalnya dari Jepang lho.. Salah satunya adalah Studio Ghibli. Kalau kalian tahu petualangan Chihiro di dunia lain dalam “Spirited a Way” pasti tidak asing dengan Studio Ghibli.

Baca juga: Visa Jepang: Syarat, Biaya dan Cara Pengajuannya

Studio Ghibli adalah rumah produksi animasi terpopuler di Jepang yang dibangun oleh sutradara hebat Hayao Miyazaki dan Isao Takahata. Karya-karya dari Ghibli ini sangat khas sekali, biasanya gaya anime yang dibuat banyak mengandung unsur provokatif, imajinatif, emosional sehingga mampu mendapatkan apresiasi di mancanegara, temasuk masyarakat Indonesia. Selain dengan karya-karya animasinya yang keren abis, untuk memanjakan para penggemarnya, studio Ghibli membangun Museum lho.. Museum yang bukan sekedar museum, namanya museum Ghibli.

Ghibli Museum Mitaka Tokyo

Lokasi Ghibli Museum

Museum Ghibli adalah museum yang bisa membuat kita serasa masuk ke dalam dunia anime. Letaknya di Jepang. Untuk bisa sampai disana cukup mudah banget lho, salah satu cara yang paling cepat adalah menggunakan JR Chuo Line dan turun di Stasiun Mitaka. Dari stasiun Mitaka kita bisa naik bus jurusan Myojo Gakuen dari halte bus yang berada di dekat pintu keluar selatan Stasiun Mitaka, kita tinggal duduk manis dan membayar 320 yen (two ways) sudah diantar sampai di depan Museum Ghibli.

Dan untuk yang suka berolahraga butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai disana dengan jalan kaki. Kita bisa mengambil jalur Kaze no Sampo Michi yang dejajar dengan saluran air Tamagawa Josui. Jalur ini berada di sebelah kiri pintu keluar selatan Stasiun Mitaka. Tidak perlu takut nyasar karena penunjuk arah ke Museum sangat jelas, ditambah pemandangan di sepanjang jalan yang begitu cantik dan mempesona membuat kita lupa dengan kata lelah.

Waktu Terbaik Untuk Datang

Map Ghibli Museum

Museum ini berbeda dengan museum lainnya, antusiasme pengunjung untuk datang sangat besar bahkan terkadang sampai penuh dan sesak. Untuk bisa benar-benar menikmati yang ada di dalam museum ini lebih baik kita datang berkunjung tidak di saat liburan tiba. Daripada sesak di dalam mending ngalah dulu aja lah yaa… Waktu berkunjung di museum ini dibagi menjadi 4 yaitu jam 10.00, 12.00, 14.00, dan 16.00. Tapi tenang saja jam yang sudah ditentukan itu hanya untuk jam masuk saja, kalau sudah masuk kita bisa di dalam sampai puas sampai museumnya tutup. Kalau ingin berlama-lama datang di jam yang pertama tetapi biasanya pengunjungnya cukup padat.

Baca juga: Cerita Solo Traveling ke Jepang 10 Hari

Hal Yang Bisa Dilakukan

Apa saja yang bisa kita lakukan di Museum Ghibli ini sih ? Yang jelas banyak sekali hehe. Kita bisa menikmati arsitektur museum yang dirancang khusus oleh sang sutradara Ghibli dengan nuansa dunia anime. Kita bisa berimajinasi menjadi salah satu tokoh anime favorit kita disana. Kita juga bisa melihat-lihat karya dari Ghibli yang begitu waahhh… Liburan bareng keluarga mungkin bisa jadi point utama saat kita berkunjung kesini. Pokoknya dijamin seru abisss..
Tapi sayang untuk kita yang suka selfie sana sini tidak diijinkan untuk mengambil foto di dalam museum ini. Tapi tidak perlu khawatir masih banyak yang seru-seru lainnya yang bisa kita lakukan..

Harga Tiket Masuk Ghibli Museum

Tiket masuk untuk berkunjung ke Ghibli ini cukup bersahabat dengan kantong hanya 1000 yen saja atau sekitar 150 ribuan untuk orang dewasa, 700 yen untuk siswa SMP-SMA, 400 yen untuk siswa SD dan 100 yen untuk usia TK. Murah banget kan… hanya dengan biaya segitu kita sudah bisa berkunjung ke dunia anime yang kita dambakan. Karena tempat ini menjadi bulan-bulanan pengunjung biasanya tiketnya cepat sekali habis, so kita harus pesan dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Untuk bisa dapat tiketnya juga sangat mudah, tiket bisa dibeli di Jepang lewat mesin tiket seperti Loppi di Lawson.

Sudah kebayang kan serunya masuk dunia anime seperti apa ? bisa memerankan tokoh favorit kita sendiri.. Museum Ghibli bisa membantu kita berfantasi dan berimajinasi sampai lupa caranya bersedih. Dijamin pasti happy !

Situs resmi: http://www.ghibli-museum.jp/en/

Ulasan Asli Pengunjung

  • zainuri hanif
    setahun yang lalu
    Pantas banyak yang penasaran, karena dalam ruangan lebih banyak hal yang bisa dinikmati dan tidak boleh difoto maupun dividio. Banyak petugas yang akan langsung menegur begitu ada pengunjung yang akan mengambil gambar. Secara umum memang bagus dengan harga tiket yang sepadan. Awalnya mengira membeli tiket bisa 1 bulan sebelumnya, ternyata persaingan mendapatkan tiket itu sendiri sudah sangat ketat. Lokasi memang tidak terlalu luas, maka wajar ada kuota pengunjung. Setiap sudut didesain dengan sangat detail. Setidaknya tonton dulu beberapa animasi terkenal Studio Ghibli sebelum masuk lokasi museum ini karena setiap objek menceritakan momen spesial di animasi tersebut.Tidak disarankan membawa stroller. Kemarin kami bersama teman masing-masing membawa stroller bayi. Karena lokasi tempat yang sempit, pergerakan pun menjadi terbatas. Meninggalkan stroller untuk naik lantai tiga pun akan didatangi petugas. Beberapa lokasi ruangan sangat sempit dan hanya bisa dilewati 1-2 orang saja bergantian. Kebanyakan stroller akan disimpan oleh petugas di lantai bawah, dekat dengan lift.Jam kunjungan dengan selisih 2 jam yaitu pukul 10.00, 12.00, 14.00 dan 16.00 tidak kaku. Kami yang mendapatkan jadwal sore pukul 16.00, setengah jam sebelumnya (15.30) sudah dipanggil untuk masuk. Dan 2 jam sudah cukup untuk menikmati seluruh objek di Ghibli Museum.Tampaknya lokasi terbaik ke Ghibli Museum memang di musim semi dan musim panas. Karena di musim tersebut kita dapat eksplorasi juga di luar ruangan.
  • Nico Okada Corputra
    9 bulan lalu
    Museum yang lumayan menarik, sayang kurang ada informasi (paling tidak bahasa Inggris) untuk wisatawan luar negeri di dalamnya.
  • Siti Hajar Amali
    setahun yang lalu
    Harus pesan 1 bulan sebelumnya melalui internet setiap tanggal 10. Harga 1000yen.
  • ardhy suriadi
    setahun yang lalu
    Coklat place
  • ariati yahya
    2 tahun lalu
    Musium tentang pembuatan film.