Aplikasi Pencatat Utang Terbaik Dapatkan Lunasbos di Playstore Gratis! UNDUH
Empat Jenis Sakit Kepala dan Penanganannya

Empat Jenis Sakit Kepala dan Penanganannya

Mengatasi sakit kepala berat dapat Anda lakukan dengan cara menentukan jenis atau tipe sakit kepala mana yang sedang dialami. Perlu diketahui terlebih dahulu intensitas, berapa lamanya sakit. Serta bagian mana yang terasa berdenyut atau terasa seperti terlilit kencang oleh tali.

Jenis sakit kepala yang dialami ternyata dapat memiliki arti yang berbeda terkait dengan kondisi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa penjelasan jenis-jenis sakit kepala serta penyebabnya:

1. Sakit Kepala Tegang atau Tension Headache

Tension Headache merupakan jenis sakit kepala yang paling sering dialami, biasanya rasa sakit terjadi secara konsisten. Terasa seperti diikat keras di kepala, sakit di kedua bagian kepala, belakang mata, ataupun di bagian leher. Hal ini dapat terjadi dikarenakan stres, kurang tidur atau bahkan lapar.

Untuk menghilangkannya Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, namun apabila enggan, ada cara lainnya. Yakni dengan berbaring di tempat yang gelap dan sepi atau Anda dapat meletakan kain hangat di dahi maupun leher.

2. Sakit Kepala Di Belakang Leher Atau Kepala

Salah satu penyebabnya yakni postur tubuh yang salah, sebab dapat membuat leher keseleo dan cedera tulang belakang bagian atas. Untuk mengobatinya Anda dapat mengoreksi postur tubuh, olahraga leher, sampai fisioterapi.

3. Sakit Kepala Dehidrasi

Dehidrasi sendiri merupakan kondisi tubuh yang kekurangan cairan, otak akan berkontraksi sementara dan menyebabkan sakit kepala. Obat penghilang rasa sakit dapat membantu, tapi rehidrasi wajib menjadi pilihan pertama.

Tak perlu minum terlalu banyak dalam sekali teguk, mulailah beberapa teguk dan cukupkan konsumsi air secara rutin. Dan dalam beberapa jam sakit kepala Anda akan menghilang.

4. Migrain

Migrain merupakan sakit kepala sebelah yang dapat semakin parah apabila digerakkan, biasanya disertai mual dan sensitif terhadap cahaya maupun suara. Bahkan untuk sebagian orang mengalami penglihatan memburam atau sakit kepala seperti ditusuk. Migrain dapat dipicu oleh berbagai hal seperti alkohol, stres, kelelahan ataupun jenis makanan tertentu.

Sayangnya belum ada obat mengatasi migrain, namun Anda dapat menghindarinya. Dengan beristirahat di tempat gelap dan sepi serta kompres dengan air hangat atau es. Selain itu, sakit kepala berat juga dapat dipengaruhi akibat efek samping dari mengkonsumsi Antialergi dan Dekongestan.

Setelah mengetahui jenis-jenis sakit kepala, Anda bisa mengatasi sesuai dengan gejala yang dirasakan. Namun perlu diingat untuk tidak mengonsumsi obat pereda nyeri secara berlebihan.