Cara Pesan Tiket Kereta Api di Stasiun

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online Lewat KAI Access

Artikel panduan cara pesan tiket kereta api secara online lewat HP melalui aplikasi KAI Access disertai dengan gambar.

PT KAI kini menyediakan sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak mempunyai banyak waktu untuk membeli tiket di stasiun. Dinamakan KAI Access, yang mana pengguna hanya tinggal memesan dan melakukan pembayaran di ATM maupun secara online. Baik kereta jarak jauh maupun dekat. Semua bisa dipesan di aplikasi KAI Access.

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan pembatalan apabila tidak jadi berangkat atau salah destinasinya. Tetapi, apabila sudah dibayarkan pastinya uang yang kembali tidak bisa full 100%. Oleh karena itu artikel ini penting dibaca bagi kamu yang baru pertama kali naik kereta api.

Langkah Pesan Tiket Melalui KAI Access

Berikut adalah tutorial pesan tiket kereta api online melalui aplikasi resmi KAI Access.

  1. Unduh aplikasi KAI Access

    Pertama yang harus Kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi KAI Access di Google Play ataupun App Store. Kemudian lakukan penginstallan.

    KAI Access Google Play Store

  2. Masuk atau buat akun baru

    Kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Tujuannya, agar pihak KAI mudah mengidentifikasi data-datamu yang akan dicantumkan pada tiket.
    Siapkan E-KTP atau kartu identitas lainnya. Seperti nama, tempat tanggal lahir, email, nomor telepon dan lainnya. Kemudian akhiri dengan kata sandi. Usahakan kombinasi huruf dan angka ya.

    Buat Akun Baru di KAI Access

  3. Pilih jenis kereta yang akan dipesan

    Setelah akun sudah selesai dibuat. Kamu harus memilih jenis kereta. Jika jarak dekat klik “KA Lokal”. Jika jarak jauh pilihlah “KA Antar Kota”.

  4. Isi data Kereta Api yang dicari

    Masukkan stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan. Fitur ini adalah auto complete. Jadi, Kamu harus mengklik sesuai dengan nama stasiun yang sudah disajikan oleh PT KAI Access. Kemudian isikan tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang. Lalu klik tombol “Cari”

    Isi data Kereta Api yang dicari

  5. Pilih kereta sesuai kebutuhan

    Pada halaman ini ditampilkan juga keterangan jenis kereta (ekonomi atau eksklusif), jadwal keberangkatan (jam dan tanggal), harga dan lama tempuh. Sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginanmu.

    Pilih kereta sesuai kebutuhan

  6. Pilih tempat duduk

    Jika tempat duduk di gerbong tersebut penuh atau ada yang tidak sesuai selera, Anda bisa pindah ke gerbong lainnya.

    Pilih tempat duduk kereta api

  7. Konfirmasi pesanan

    Kamu akan melihat rangkuman pesanan yang telah dilakukan. Baca dan pahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan. Kemudian jika sudah, berikan tanda centang.

  8. Isi data diri

    Pada tahap ini, Kamu bisa mengedit apabila nama pemesan dan akun berbeda. Tetapi jika sama, langsung saja mencentang kolom pemesanan. Periksa secara teliti terlebih dahulu.

  9. Lakukan pembayaran

    Pihak KAI akan mengirimkanmu kode pembayaran/pemesanan. Untuk kereta api jarak jauh bisa melalui ATM, Indomaret, Alfamart, LinkAja, mobile banking, internet banking.

    Pembayaran tiket kereta api

  10. Simpan tiketmu

    Terakhir, sistem PT KAI secara otomatis akan mengirimkan tiketmu melalui email. Ketika berangkat ke stasiun, datanglah ke konter check-in untuk mencetak karcismu. Cukup masukkan nomor pesanan saja.

Oh ya, baru-baru ini PT KAI meluncurkan 4 kereta baru. Yaitu Argo Cirebon, Sancaka Utara, Dharmawangsa Ekspress, dan KA Anjasmoro Express.

Download Lunasbos