Cara Pesan Tiket Kereta Api di Stasiun

Cara Pesan Tiket Kereta Api Offline di Stasiun Langsung

Bagi orang yang tidak terlalu paham dengan teknologi sekarang, memang akan merasa kesulitan jika harus memesan tiket kereta api secara online melalui KAI Access. Oleh karena itu perlu juga ketahui cara pesan tiket kereta Api secara offline di stasiun.

Pesan Tiket Kereta Api di Stasiun

Tiket Kereta Api

Time needed: 45 minutes.

Berikut adalah tutorial untuk membeli tiket kereta api langsung secara offline di stasiun kereta.

  1. Pelajari Jadwal Keberangkatan

    Pertama yang harus Kamu lakukan adalah survey jadwal keberangkatan. Biasanya di beberapa stasiun pasti menyediakan informasinya secara lengkap. Kota asal, tujuan, jam berangkat, kereta, dan estimasi sampai.

  2. Siapkan Kartu Identitas KTP

    Jangan lupa untuk membawa identitas diri. Karena sangat diperlukan dalam pengisian data. Pun ketika Kamu membelikan saudara, teman atau keluarga bawa juga foto copy identitas mereka. Bagaimana jika ingin membelikan anak di bawah umur 17 tahun, yang mana mereka belum memiliki KTP. Gampang, tunjukkan saja namanya dalam daftar KK.

  3. Ambil Nomor Antrian

    Ketika pertama kali masuk dalam loket pembelian. Ambillah kartu antrian agar mempercepat prosesnya. Setelah nomor antrian berhasil didapatkan, baru Kamu boleh mengisi formulir yang sudah disediakan oleh pihak KAI.

  4. Isi Formulir Pemesanan

    Kamu akan diminta mengisikan seluruh data dengan benar pada form yang berwarna biru. Meliputi nomor identitas dan nama pemesan, nama penumpang 4 orang per formulir. Kemudian nomor identitas penumpang, jadwal keberangkatan, nama kereta yang akan dinaiki, tujuan dan nomor telepon.

  5. Dapatkan Tiket

    Berikan kepada petugas, sesuai dengan nomor antrian. Bayar dengan cash lalu tunggu sebentar hingga petugas berhasil memproses tiketmu.

Baru-baru ini, PT KAI juga menyedian vending machine. Yang tersedia di beberapa stasiun di Indonesia. Berikut cara memesan tiket menggunakan vending machine :

Pesan Tiket Kereta Api Melalui Vending Machine

1. Pilih Bahasa

Disediakan dalam dua bahasa. Yaitu Indonesia dan Inggris

2. Isi Data Perjalanan

Kamu bisa langsung mengisi data perjalananmu. Boleh menggunakan keyboard ataupun touch screen pada layar. Pilihlah stasiun asal, waktu dan tanggal keberangkatan, jumlah penumpang dan stasiun tujuan. Serta kereta yang akan digunakan

3. Pilih Booking

Selanjutnya, periksa kembali data yang Kamu isikan. Kemudian tekan booking.

4. Isi Identitas Penumpang

Isikan data pribadi. Entah itu KTP, SIM, KK atau Paspor. Masukkan nomor telepon. Periksa kembali apakah semuanya benar. Jika sudah tekan OK.

5. Pilh Tempat Duduk

Piliih tempat duduk mana yang masih tersedia. Tekan OK jika sudah.

6. Pembayaran

Kamu perlu tahu, bahwa pembayaran di vending machine ini ada tiga. Yaitu melalui kartu debit, tunai dan e-money. Jika Kamu memilih pembayaran secara tunai masukkan pada lubang mesin yang telah disediakan. Pecahan seribu hingga seratus ribu. Berikan uang pas karena vending machine tidak akan menyediakan kembalian.

Jika Kamu menggunakan kartu debit. Masukkan kartu debit dan PIN pada mesin dan secara otomatis saldo akan terpotong. Dan jika menggunakan e-money letakkan pada reader di vending machine. Saldo akan otomatis terpotong.

7. Mendapatkan Kode Booking

Kamu akan mendapatkan bukti transaksi yang di dalamnya terdapat kode booking. Dan kode inilah yang digunakan untuk mencetak tiket pada mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri).

Bagaimana sudah paham kan tutorial cara pesan tiket kereta api di stasiun di atas. Lakukan dengan benar ya, apabila ada kesulitan jangan malu bertanya kepada petugas.

Karena mereka akan melayanimu dengan senang hati. Jangan lupa juga untuk membawa KTP ketika hendak berangkat. Karena akan ada pencocokan data, untuk memastikan kebenarannya.   

Referens: https://kai.id/