Cara Perpanjang Paspor Secara Online

Cara Perpanjang Paspor Secara Online Terbaru 2019

Cara Perpanjang Paspor Secara Online ➤ Langkah perpanjang e paspor online di Jakarta Bandung Medan Batam dan seluruh Indonesia.

Setelah membuat paspor yang digunakan untuk bepergian ke luar negri, maka kamu masih memiliki kewajiban untuk memperpanjang paspor jika masa aktifnya sudah berakhir. Sehingga kamu bisa menggunakannya kembali ketika harus bepergian atau bahkan berlibur ke luar negeri. Sama halnya dengan membuat paspor, memperpanjang paspor juga bisa dilakukan dengan cara online.

Bahkan cara perpanjang paspor secara online pun jauh lebih mudah dan praktis dibanding cara pembuatan. Apalagi jika kita memanfaatkan teknologi yang ada dengan cara online. Namun perpanjang paspor secara online ini hanya bisa dilakukan untuk paspor yang dibuat dimulai tahun 2009. Sementara bagi paspor yang terbit di bawah tahun 2009, tetap harus memperpanjang dengan cara lama. Baca juga: Cara Membuat Paspor Online: Syarat dan Biaya Pembuatan

Ketentuan:

1. Dalam memperpanjang paspor secara online ini, kamu tetap harus mengambil nomor antrian di aplikasi paspor online atau WhatsApp gateway service.

2. Whatsapp gateway service ini tidak menerima kehilangan atau kerusakan paspor. Sehingga kamu harus menggunakan nomor antrian melalui aplikasi paspor online.

3. Pengurusan perpanjang paspor ini tidak jauh berbeda dengan cara membuat paspor baru, hanya saja terdapat perbedaan di persyaratannya.

Syarat Perpanjang Paspor Online

  1. E-KTP
  2. KK yang sesuai dengan E-KTP
  3. Akta kelahiran atau ijazah dan surat nikah ( jika sudah menikah )
  4. Foto copy masing-masing persyaratan menggunakan kertas A4 termasuk E-KTP
  5. Foto copy paspor lama dan membawa paspor yang lama.

Cara Perpanjang Paspor Secara Online

  1. Masuk ke website resmi imigrasi

    Website resminya adalah antrian.imigrasi.go.id

  2. Isi formulir yang disediakan

    Masuk ke halaman layanan paspor online lalu pilih pra permohonan personal, isilah semua data yang dibutuhkan dengan benar. Lalu isi juga nomor paspor lama kamu, lalu pilih kantor imigrasi yang dekat dengan domisili. Lalu klik lanjut.

  3. Melakukan verifikasi dan pembayaran

    Melakukan pembayaran dan konfirmasi permohonan bisa melalui ATM, lakukan pembayaran dengan memasukkan nomor kode pembayaran. Lalu lakukan verifikasi pembayaran kembali, dengan masuk ke website resmi imigrasi.

  4. Memilih jadwal untuk datang ke kantor imigrasi

    Kamu bisa memilih jadwal dan waktu yang tepat untuk datang ke kantor imigrasi, lalu kamu akan menerima tanda terima pra permohonan. Cetak bukti tanda terima tersebut untuk dibawa ke kantor imigrasi.

  5. Datang ke kantor imigrasi sesuai jadwal

    Bawalah dokumen dan persyaratan yang diperlukan, termasuk bukti pembayaran yang telah dicetak. Kamu tetap harus mengantri untuk verifikasi berkas, wawancara, pengambilan biometrik dan foto diri. Untuk pengambilan paspor yang telah diganti dengan yang baru, sama dengan pengambilan paspor baru sekitar 3-4 hari kemudian.

Perpanjang Paspor Yang Telah Lama Mati

Bagaimana dengan paspor yang sudah mati lama, apakah bisa diperpanjang lagi atau harus membuat paspor baru. Paspor yang telah lama mati tersebut bisa diperpanjang kembali tanpa harus membuat paspor yang baru. Syarat untuk memperpanjang paspor yang sudah mati ini sama dengan memperpanjang paspor yang masih baru habis masa berlakunya.

Syarat perpanjang paspor yang telah lama mati

  1. Foto copy E-KTP
  2. Foto copy KK
  3. Akte nikah
  4. Buku nikah
  5. Paspor lama
  6. Materai 6000

Dokumen persyaratan tersebut harus dibawa dengan dokumen aslinya, untuk meminimalisir petugas yang menanyakan keaslian dokumen yang kamu bawa. Karena ketidaklengkapan dokumen tersebut bisa menghambat proses perpanjangan, maka untuk mendapatkan paspor dalam waktu yang cepat kamu harus menuruti aturan yang tepat.