Cara Pengajuan Visa Taiwan

Cara Pengajuan Visa Taiwan dengan Syarat serta Biayanya

Taiwan merupakan negara yang cukup banyak menjadi tujuan wisata bagi sebagian warga Indonesia. Negara yang masih saudara dengan Tiongkok ini memang mempunyai destinasi wisata yang tak kalah bagusnya dengan Tiongkok sendiri. Adapun destinasi wisata yang ada meliputi wisata edukasi, sejarah, dan alam.

Tentu saja jika hendak berkunjung ke sana, Kamu harus mengurus berbagai persyaratan, termasuk visa. Taiwan sendiri memberi kemudahan dalam membuat visa bagi beberapa negara, termasuk Indonesia. Meskipun begitu, bagi Kamu yang belum pernah mengurusnya sama sekali tentu masih bingung mengenai persyaratan dan lain sebagainya. Simak cara pengajuan visa Taiwan beserta syarat dan biaya yang dibutuhkan.

Baca juga: 4 Musim di Taiwan dan Bulan Terjadinya Serta Festival

Syarat Membuat Visa Taiwan

Foto Visa Taiwan

Pada dasarnya syarat dan cara pengajuan visa Taiwan berbeda-beda untuk setiap tujuan atau keperluan. Seperti halnya antara wisatawan biasa dengan pelajar biasanya ada perbedaan dokumen yang harus disertakan dalam pengajuan pembuatan visa. Namun, secara umum tidak jauh berbeda dengan syarat membuat visa untuk ke negara lainnya. Berikut adalah persyaratannya:

a. Passport yang masih berlaku

Selain itu juga siapkan satu lembar fotokopiannya. Pastikan pula bahwa passport tersebut masih aktif minimal 6 bulan sebelum keberangkatan.

b. Formulir aplikasi permohonan pembuatan visa

Formulir ini harus diprint out serta dibubuhi tanda tangan yang bersangkutan. Selain itu juga harus Kamu terpasang pas foto terbaru.

c. Dua buah foto terbaru dengan background putih

Foto ini harus maksimal berusia 6 bulan sampai keberangkatan. Jadi, alangkah baiknya jika Kamu foto kembali yang baru. Foto tersebut nantinya akan ditempel pada formulir pemohonan pembuatan visa.

d. Bukti akomodasi

Bukti ini bisa berupa tiket booking hotel dan semacamnya selama Kamu berada di Taiwan. Selain itu juga ada tiket pesawat pulang pergi baik berupa cetak maupun e-tiket.

e. Dokumen lain yang mungkin diminta oleh kedutaan besar Taiwan

Jika tujuan Kamu untuk berkunjung untuk sekedar berwisata biasanya akan diminta bukti kemampuan finansial berupa surat resmi dari bank tempat kamu menabung. Sedangkan jika tujuanmu berkunjung ke rumah kerabat dokumen pendukungnya bisa berupa kartu keluarga atau akta kelahiran.

Sementara itu jika tujuan Kamu ke Taiwan untuk bekerja, dokumen lain yang harus dilampirkan untuk membuat visa adalah bukti izin pekerjaan yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja Taiwan secara resmi. Begitu pula jika untuk menghadiri acara seperti konferensi internasional, harus melampirkan surat undangan atau id card peserta.

Jenis Visa Taiwan

Sebenarnya ada banyak sekali jenis visa Taiwan, khususnya yang berdasarkan tujuan dan identitas pembuat atau pemohon. Berikut adalah beberapa jenis visa secara umum yang dikeluarkan oleh negara Taiwan:

a. Visa kunjungan

Merupakan visa yang biasa digunakan untuk sekedar mengunjungi kerabat hingga berwisata. Masa berlakunya sangat sedikit atau jangka pendek yaitu maksimal 180 hari.

b. Visa diplomatik

Merupakan visa yang dikeluarkan untuk keperluan diplomasi, dimana ini mempunyai otoritas tertinggi dari negara asal. Tentu saja visa ini sering digunakan oleh para pejabat kedutaan besar dan sebagainya untuk kebutuhan kerjasama dengan negara tujuan.

c. Visa residen

Merupakan visa yang mempunyai masa berlaku sangat panjang atau jangka panjang. Kamu bahkan bisa tinggal di Taiwan selam lebih dari 180 hari. Visa ini biasa digunakan untuk para pelajar baik pertukaran maupun sekedar kursus bahasa Cina di Taiwan secara langsung.

Setiap jenis visa tersebut mempunyai masa berlaku tersendiri, tergantung pada kebutuhan. Ada yang berlaku untuk 14 hari, 30 hari, 60 hari, dan 90 hari. Jika misalnya masa berlaku visa tersebut sudah habis dan urusan Kamu di Taiwan masih belum selesai, maka harus diperpanjang ke pihak bagian imigrasi setempat. Sebaiknya lakukan hal itu sebelum benar-benar habis.

Harga Visa Taiwan

Harga Visa Taiwan

Jika Kamu sudah menentukan jenis visa serta menyertakan berbagai persyaratannya, segera datang ke Taipe Economic and Trade Office atau TETO yang berada di lantai 12 Gedung Artha, Jakarta. Tentu saja Kamu harus membayar permohonan pembuatan visa tersebut ke pihak yang terkait. Adapun harganya cukup bervariasi tergantung pada jenis sebagaimana di berikut:

– USS 50 untuk setiap permohonan single entry
– USS 100 untuk per permohonan multiple entry
– USS 66 per permohonan single entry resident
– USS 132 untuk setiap permohonan multiple entry resident

Lakukan pembayaran di loket kantor TETO secara langsung dan setelah itu Kamu akan mendapat bukti pembayaran serta nomor yang bisa dibuat untuk mengambil visa setelah jadi. Umumnya visa bisa jadi sekitar 3-5 hari.

Demikianlah, jika Kamu hendak ke Taiwan untuk tujuan apapun harus mempunyai visa terlebih dahulu, jika belum maka harus membuatnya ke TETO dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan. Sebagai catatan jangan sampai visa Kamu kehabisan masa berlaku selama di Taiwan, sehingga harus kamu perpanjang agar tidak mengganggu kunjungan atau liburan kamu.

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Taiwan