Cara Naik Pesawat Pertama Kali dan Pengertian Istilah Saat di Bandara

Panduan Cara Naik Pesawat Pertama Kali

Cara Naik Pesawat Pertama Kali ➤ Pengertian boarding pass, boarding time, cara check in di counter bandara, dan beda bagasi serta kabin.

Tidak semua orang bisa naik pesawat dengan mudah ketika akan bepergian, karena tiket pesawat memang lebih mahal dibandingkan dengan harga tiket transportasi darat pada umumnya. Buat kamu yang belum pernah naik pesawat sekali pun, sebaiknya mempersiapkan diri apa saja yang harus dilakukan untuk naik pesawat tersebut.

Mungkin bagi sebagian orang naik pesawat adalah hal yang biasa, lain halnya dengan sebagian orang lainnya yang tidak biasa menggunakan transportasi udara. Pengalaman pertama ini tentu membutuhkan proses yang tidak mudah. Dimulai dari cara memesan tiket, baik langsung membeli di airport maupun secara online, apa yang dibutuhkan pada saat check-in dan masih banyak lagi. Baca: Cara Membuat Paspor: Pengertian, Syarat, dan Biaya Pembuatan

Buat kamu yang baru pertama kali naik pesawat pasti akan mengalami banyak hal yang membingungkan, dalam proses pemesanan tiket sampai saat kamu tiba di bandara. Hal-hal kecil seperti di mana harus menunggu pesawat dan waktu keberangkatan, sampai apa yang harus dilakukan ketika kita sudah berada di dalam pesawat juga harus diketahui dan dipahami lebih dulu.

Bagaimana Cara Naik Pesawat Pertama Kali?

Mulai dari memesan tiket pesawat

Cara naik pesawat pertama kali, berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mulai keberangkatan, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Memesan tiket pesawat terlebih dahulu, lebih baik dilakukan secara online agar lebih praktis.
  2. Memperhatikan peraturan bagasi maskapai penerbangan yang kamu pilih, karena setiap maskapai memiliki kebijakan berbeda-beda. Misalnya berapa Kilogram bagasi maksimal?
  3. Pastikan kamu sudah mengetahui terminal keberangkatan di bandara, agar sesampainya disana tak usah sibuk mencari lagi.

Setelah tiket dan informasi siap, kini saatnya berangkat ke bandara

  1. Bawalah air minum dan makanan kecil, karena jika beli di bandara sangat mahal.
  2. Sebaiknya tiba lebih awal di bandara untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, misalnya 1 atau 2 jam sebelum waktu keberangkatan tiba.
  3. Siapkan bukti pemesanan tiket, cukup melalui HP dan juga kartu identitas yang diperlukan ketika kamu melakukan check-in. Misalnya saja KTP, SIM, Paspor dan sebagainya.
  4. Jangan membawa barang yang terlarang, misalnya senjata tajam, atau bahan yang mudah meledak.
  5. Kemudian check-in sesuai maskapai pesawatmu dan mendaftarkan bagasi jika memang ada. Barang bagasi dan kabin beda lho ya. Bagasi adalah yang nanti diletakkan berpisah dengan tempat dudukmu, misalnya koper. Nah barang kabin adalah barang yang bisa kamu bawa, misalnya tas.
  6. Jika kamu sudah check-in dan sudah memiliki boarding pass maka kamu bisa langsung menuju gate yang tertera di boarding pass, untuk diperiksa oleh petugas.
  7. Saat diperiksa biasanya akan ribet, beberapa barang bawaan terkadang nggak lolos pemeriksaan. Misalnya parfum, powerbank, korek api, pisau, dsb.
  8. Setelah itu pergilah ke dekat pintu masuk (gate) yang tertera di tiket. Usahakan jangan menunggu terlalu jauh, takutnya nggak dengar ketika dipanggil.
  9. Nanti akan dipanggil nomor penerbangan, tujuan, dan nama maskapainya aja. Sampai disini, ikuti penumpang lain aja :D.

Cara masuk ke pesawat terbang

  1. Antre-lah dengan tenang, ambil foto dan selfie seperlunya
  2. Sesaat setelah masuk ke pesawat perhatikan nomor kursi yang akan kamu tempati, yang sudah tertera di boarding pass. Kemudian letakkan barang di kompartemen yang telah disediakan. Setelah itu kamu bisa duduk dengan tenang dan langsung menggunakan sabuk pengaman.
  3. Selama berada di pesawat jangan lupa untuk memperhatikan instruksi yang diberikan oleh pramugari. Untuk kenyamanan dan keselamatan sebaiknya tidak menyalakan handphone ketika sudah berada di pesawat. Instruksi yang biasa diberikan awak kabin diantaranya cara memasang sabuk pengaman, lokasi pintu darurat, pelampung, dan lain-lain.
  4. Setelah tiba di tempat tujuan dan pesawat sudah mendarat dengan selamat, sebaiknya kamu tidak berdiri sampai pesawat benar-benar berhenti.
  5. Setelah pesawat sudah benar-benar berhenti barulah kamu bisa mengambil barang kabin yang tadi diletakkan di kompartemen.
  6. Jika kamu memiliki bagasi yang disimpan di tempat pengambilan bagasi, segera ambil terlebih dahulu. Perhatikan kembali informasi maskapai serta nomor penerbangan yang terdapat di layar agar kamu tidak salah tempat, dalam mengambil bagasi tersebut.
  7. Jika proses pengambilan bagasi sudah dilakukan dan sudah selesai, maka kamu bisa langsung menuju ke pintu keluar bandara.

Apa Yang Dimaksud Dengan Boarding Pass?

Boarding pass adalah hasil print tiket yang dapat diambil setelah melakukan check-in di bandara. Bentuknya kertas putih tergantung dari maskapainya. Di dalamnya tertulis keterangan penting mengenai penerbangan Anda. Misalnya nomor pintu masuk, nomor kursi duduk dan waktu keberangkatan. Nah ini jangan sampai hilang.

Apa Yang Dimaksud Dengan Boarding Time?

Boarding time adalah waktu panggilan untuk masuk ke pesawat. Jadi jika Anda akan naik pesawat, nanti akan dipanggil. Nah itulah boarding time. Tertera juga pada boarding pass kamu.

Demikian artikel mengenai Cara Naik Pesawat Pertama Kali dan Istilah Saat di Bandara. Jika ada kekurangan silakan ditambahkan di kolom komentar.

Kasih Tanggapanmu Dong