Cara Naik Kereta Api

Cara Naik Kereta Api Pertama Kali Panduan Tahun 2019

Kereta api menjadi salah satu alat transportasi darat yang sudah ada sejak dulu. Transportasi ini sangat unik dan relatif berbeda dengan aneka transportasi yang lain. Sehingga, Kamu yang belum pernah naik kereta api wajib mencobanya. Karena ada keseruan tersendiri yang akan didapatkan jika naik kereta api. Dan jika Kamu merasa bingung bagaimana cara naik kereta api pertama kali, simak ulasan berikut ini.

Cara Naik Kereta Api Untuk Pemula

Bagi pemula, tentu akan merasa bingung langkah apa yang harus dilakukan saat naik kereta api. Padahal, sebenarnya caranya sangat sederhana. Mulai dari proses pemesanan tiket, boarding dan seterusnya. Dengan datang ke stasiun kereta api, sebenarnya Kamu bisa bertanya langsung kepada petugas di sana. Akan tetapi, untuk memudahkan berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dijadikan rujukan. Baca: Cara Naik Pesawat Pertama Kali dan Pengertian Istilah Saat di Bandara

1. Pesan Tiket Kereta Api

Cara pertama yang harus dilakukan saat akan naik kereta api adalah dengan memesan tiket keretanya. Untuk pemesanan bagi Kamu masih pemula sebaiknya datang langsung ke stasiun. Tujuannya agar prosesnya lebih mudah karena dipandu secara langsung oleh petugas. Namun, Anda juga bisa memesan tiket secara online di beberapa aplikasi online seperti Traveloka, Tiket.com dan lain sebagainya.

Saat memesan tiket, penting untuk diperhatikan jenis kereta yang Kamu inginkan, apakah kereta dengan kelas ekspress, kelas bisnis ataupun kelas ekonomi. Dan tentu saja antara satu dengan yang lain memiliki harga tiket yang berbeda.

2. Cek Ulang Tanggal Keberangkatan

Cara naik kereta api pertama kali berikutnya adalah dengan mengecek ulang tanggal dan hari keberangkatan. Ini sangat penting agar tidak terjadi kesalahan jadwal. Jika Kamu baru mengetahui kesalahan jadwal di hari keberangkatan, maka sudah tidak bisa menjadwal ulang atau re-schedule kembali.

Namun, jika kesalahan jadwalnya sudah diketahui di depan petugas stasiun, maka Kamu bisa langsung meminta ganti kepada petugas tiket. Untuk pemesanan tiket ini usahakan tidak mendadak agar seatnya masih tersedia. Karena biasanya orang-orang sudah membooking tiket sejak jauh-jauh hari, khususnya untuk bepergian jauh.

3. Cetak Tiket Kereta Api

Tiket Kereta Api

Langkah berikutnya adalah melakukan proses check in. Proses check in dilakukan ketika akan naik kereta sesuai dengan jadwal yang dipilih. Usahakan check in dilakukan setidaknya satu jam sebelum jadwal keberangkatan.

Adapun langkah check in nya adalah dengan mendatangi mesin khusus untuk check in. Setelah itu, masukkanlah kode booking yang ada di struk pembelian tiket. Setelah itu, tekan proses cetak boarding passnya. Kemudian, boarding pass akan di dapatkan dengan isian nama, tanggal keberangkatan, tempat duduk dan lain sebagainya. Sama prosesnya ketika kita ingin naik pesawat : Cara Naik Pesawat Pertama Kali dan Pengertian Istilah Saat di Bandara

4. Masuk ke Gate

Setelah boarding pass Kamu dapatkan, berikutnya tunjukkan boarding pass tersebut beserta kartu identitasnya kepada pihak petugas di stasiun. Langkah ini harus dilakukan saat Kamu akan memasuki bagian dalam stasiun dimana kereta akan datang.

Oleh karena itu, pastikan membawa identitas asli, baik berupa KTP atau SIM yang masih aktif. Karena tanpa kartu identitas, Kamu tidak akan bisa melanjutkan perjalanan. Kemudian, duduklah di bagian dalam stasiun sembari menunggu kereta yang bersangkutan datang.

5. Masuk Gerbong dan Cari Tempat Duduk

Jika keretanya sudah datang, masuklah ke gerbong stasiun sesuai dengan nomor di boarding pass Kamu. Ingat, jangan sampai salah kereta karena terkadang ada beberapa kereta di stasiun. Jika Kamu salah naik kereta, maka tidak akan sampai ke tempat tujuan karena setiap kereta memiliki tujuan yang berbeda. Dan untuk lebih jelasnya, bertanyalah kepada petugas apakah keretanya sudah benar atau belum.

Setelah itu, cari tempat duduk sesuai dengan nomor tempat duduk yang tertera di boarding pass. Dan jangan lupa semua barang bawaan agar tidak ketinggalan di stasiun. Jika sudah, duduklah dengan nyaman di tempat duduk yang ada.

6. Turun di Stasiun Tujuan

Setiap kali kereta api berhenti, pastikan sudah sampai di stasiun mana. Agar stasiun tujuan Kamu tidak terlewati. Terlebih jika Kamu melakukan perjalanan sendiri. Tentu repot jika salah turun stasiun atau terlewat. Namun biasanya petugas kereta api akan mengumumkan akan turun di stasiun mana.

Tips: Buatlah alarm setengah jam sebelum waktu kedatanganmu mengacu pada tiket yang telah kamu cetak. Karena biasanya kereta api sudah tepat waktu.

Jika perjalanan Kamu lumayan jauh, jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman. Atau jika tidak demikian, siapkan uang untuk membeli makanan di kereta untuk menunda lapar, karena makanan di kereta api sedikit lebih mahal.

Beberapa langkah atau cara naik kereta api pertama kali di atas harus benar-benar diperhatikan agar prosesnya tepat. Dan yang terpenting adalah Kamu tidak salah jadwal, salah tempat duduk bahkan salam stasiun tujuan. Karena ini akan membuat Kamu ribet dan bingung nantinya. Jangan lupa untuk memesan tiket kereta api sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

Situs KAI: https://kai.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *