Cara Membuat Paspor: Pengertian, Syarat, dan Biaya Pembuatan

Cara Membuat Paspor Online ➤ Pengertain Paspor, bedanya dengan Visa, biaya pembuatan Paspor dan syarat membuat Paspor di kantor Imigrasi.

Apa itu paspor?

Paspor adalah syarat dan ketentuan setiap orang yang ingin bepergian ke luar negeri. Paspor merupakan dokumen yang paling penting bagi kamu yang ingin bepergian, berlibur atau berkunjung ke luar negeri. Paspor adalah dokumen resmi yang digunakan sebagai identitas pengenal kamu, ketika kamu sedang berada di suatu negara. Dalam kata lain, paspor adalah pengganti KTP ketika di luar negeri.

Apabila kamu akan membuat paspor, maka kamu bisa datang ke kantor imigrasi terdekat dan melakukan aplikasinya disana. Namun sekarang pembuatan paspor ini bisa dilakukan dengan sangat mudah, yaitu dilakukan secara online. Dengan membuat paspor secara online ini, kamu bisa membooking antrian untuk mendapatkan slot ketika melakukan verivikasi berkas, wawancara, dll. Baca juga: Cara Perpanjang Paspor Secara Online Terbaru

Apa bedanya paspor dengan visa?

Apa bedanya paspor dengan visa?
goatsontheroad.com

Pada dasarnya Paspor dan Visa mempunyai fungsi yang sama. Yang membedakan hanyalah wilayah berlakunya. Jadi ada negara yang hanya perlu Paspor saja sudah cukup, seperti negara di ASEAN. Namun ada negara yang harus juga memiliki Visa, seperti negara di Eropa. Nah jika ingin membuat Visa, juga harus memiliki Paspor terlebih dahulu. Begitu.

Syarat Pembuatan Paspor

  • E-KTP asli dan fotocopy x3
  • Akta kelahiran, surat nikah, ijazah terakhir ( asli dan fotocopy x3 )
  • KK asli dan fotocopy x3
  • Materai 6000 x1

Biaya Pembuatan Paspor

Paspor biasa 48 halaman per orang yaitu 300.000
Ganti paspor 48 halaman karena keteledoran 600.000
Ganti paspor 48 halaman disebabkan bencana alam 300.000
Pembuatan paspor 24 halaman per orang yaitu 100.000
Ganti paspor 24 halaman karena keteledoran yaitu 200.000
Ganti paspor 24 halaman disebabkan bencana alam 100.000

Cara Membuat Paspor Online dalam Waktu 10 Menit

1. Kunjungi website resmi bagian imigrasi yaitu imigrasi.go.id

Arahkan kursor ke bagian layanan publik – layanan online, lalu pilihlah layanan paspor online. Jika ternyata pilihan tersebut tidak tersedia maka klik bagian bawah yaitu untuk informasi.

2. Di halaman layanan paspor online tersebut kamu harus memilih Pra Permohonan Personal

3. Isilah formulir pribadi dengan benar

Tulislah keterangan mengenai data diri atau biodata kamu di formulir tersebut, jangan sampai kamu salah mengisikan data tersebut. Untuk bagian jenis permohonan kamu bisa memilih paspor biasa. Sedangkan di bagian kantor imigrasi pastikan kamu sudah memilih kantor yang dekat dengan tempat tinggal kamu.

4. Lakukan pembayaran

Di halaman berikutnya setelah kamu mengisi data pribadi, maka akan ada informasi mengenai pembayaran dan konfirmasi permohonan. Nanti kamu akan menerima bukti pengajuan paspor dan detailnya, mengenai biaya permohonan lewat email kamu. Jika kamu ingin membayar melalui ATM, maka pilih menu pembayaran ATM.

Lalu masukkan nomor permohonan dan juga kode pembayaran, biasanya biaya pembuatan baru atau perpanjangan paspor biayanya hanya 355 ribu di tambah biaya admin sebesar 5 ribu. Jadi totalnya adalah sekitar 360 ribu rupiah.

5. Verifikasi pembayaran

Setelah pembayaran dilakukan maka kamu akan menerima bukti pembayaran, lalu kamu harus mem-foto copy bukti pembayaran tersebut sebanyak 3 lembar. Lalu satukan dengan berkas persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Setelah itu buka kembali website imigrasi, dari link yang diberikan di email untuk proses verifikasi.

Lalu pilihlah tanggal yang telah tersedia untuk datang ke kantor imigrasi pilihan kamu, kemudian kamu akan menerima tanda terima pra permohonan dalam hal pembuatan paspor melalui email. Cetak tkamu terima tersebut lalu bawa ke kantor imigrasi.

6. Mengunjungi kantor imigrasi

Pada tanggal yang sudah ditentukan kamu harus datang ke kantor imigrasi, pastikan semua dokumen persyaratan, kamu terima permohonan dan juga bukti pembayaran sudah dibawa. Pastikan untuk berpakaian rapi tetapi sebaiknya tidak menggunakan kemeja berwarna putih.

7. Melakukan foto, verifikasi berkas, pengambilan biometrik, dan wawancara

Setelah mendaftar secara online kamu hanya akan mengantri untuk sesi wawancara saja, mengenai tujuan dalam membuat paspor. Kemudian pengambilan foto dan verifikasi dokumen akan dilakukan secara bersamaan. Kamu juga harus melakukan pengambilan biometrik seperti sidik jari, lalu kamu bisa mengambil lembar pengambilan paspor.

8. Pengambilan paspor

Proses kerjanya biasanya sekitar 3-4 hari kemudian, barulah kamu bisa mengambil paspor di kantor imigrasi. Atau kamu juga bisa mengecek status permohonan di web imigrasi, dengan pilihan menu status pra permohonan. Jika statusnya sudah selesai dan ada tanggal dan waktu pengambilan, artinya paspor yang kamu buat sudah selesai.

Kamu hanya tinggal mengambilnya di kantor imigrasi lagi, di waktu dan tanggal yang telah ditentukan dan tidak boleh di wakilkan.

Kasih Tanggapanmu Dong