Apply Visa Australia Untuk Freelance atau Wirausaha

Apply Visa Australia Untuk Freelance atau Wirausaha

Visa Australia Untuk Freelance ➤ Cerita saya mengajukan visa Australia sekeluarga untuk wirausaha pengusaha atau freelance.

Saya dan suami wirausaha dan aplikasi visa turis Australia kami sekeluarga (Subclass 600) granted. Horee! Adakah teman-teman yang entrepreneur, wirausaha atau freelance ??? Jangan minder kalau mau apply visa turis ya.

Cara Pengajuan Visa Australia untuk Freelance

Sebelumnya saya sekeluarga memang sudah pernah memiliki visa turis Australia yang diproses melalui travel 3 tahun lalu. Berhubung belakangan ini kami serius berwirausaha, walaupun masih kecil-kecilan kami beranikan diri apply kembali dengan semua data pendukung full pakai keterangan usaha sendiri. Senangnya sekarang bisa apply online, untuk status pekerjaan sebagai wirausaha ini sangat menguntungkan karena kalau harus apply visa lewat agent sudah pasti bhaayy 👋 , berkas kami gak dilirik atau disuruh dilengkapi dulu.

Jika sudah punya visa sebelumnya, apakah dapat menjamin akan diterima?

Kalau sudah pernah punya visa turis Australia apakah menjamin visa turis berikutnya diterima ? Chance nya ada tapi ada beberapa kejadian juga yang ternyata tidak menjamin 100%. Saya mendengar beberapa orang kedapatan visanya ditolak yang sebelumnya bahkan sudah pernah memiliki multiple entry tourist visa dikarenakan beberapa alasan pertimbangan embassy. Tapi asal niat, yakin dan semua data yang diminta ada, pede ajah yuk apply!

Baca: Cara Pengajuan Visa Australia Beserta Syarat dan Biayanya

Suami saya seorang “Leather Artisan” (bah, keren yah sebutannya) padahal bahasa gaul nya mah tukang atau penjahit tas kulit 🤣 Usaha kami bergerak di bidang kerajinan tangan. Punya toko ? Belum. Hanya workshop pribadi saja dan jualannya via online. Tapi kepemilikan toko/ tempat usaha bukan hal mutlak yang akan berpengaruh ke aplikasi visa. So, all online seller, tunjukan gigimu !!! 😬

Dokumen yang diperlukan

Saya coba share dari pengalaman saya, dokumen apa saja yang diperlukan dan apa saja yang disertakan di aplikasi :

Pertama tama, karena apply sekeluarga jadi saya buat group dulu dan namai group saya. Tapi tetap ya isi data di aplikasinya satu persatu atau per orang. Setelah form selesai di isi semua pertanyaannya termasuk untuk anak dibawah 18 tahun ada formulir tambahan 1229 yang harus diisi (saya print, isi dan foto pakai HP terus di upload di aplikasi anak saya).

Setelah mengisi seluruh pertanyaan di form, dibawah ini saya info apa apa saja yang saya upload di bagian attachment (dokumen yang dibutuhkan tiap-tiap orang bisa jadi berbeda):

Data yang wajib:

1. Photograph – Passport

Background putih, kami sekeluarga ambil foto diri pakai hp posisi di teras rumah biar cahayanya bagus. Foto wajah full sampai bagian dada dan rambut rapih tidak menutupi telinga dan muka (kalau pakai kacamata harus dilepas). Foto di crop dan saya pilih size photo 4:3. Jadi selama resolusi camera hp jelas dan tidak buram, bisa hemat biaya ke studio foto deh.

2. Travel Document

Foto paspor bagian depannya yang ada foto wajah dan keterangan detail nomer paspor, masa berlaku, dsb. Di file terpisah saya upload foto yang ada cap imigrasi yang ada di paspor (cuma halaman yang ada cap imigrasinya saja, halaman kosong tidak saya sertakan).

3. National Identity Document (other than passport)

Saya dan suami upload foto SIM A kami (Bisa juga digantikan dengan KTP)

Dokumen Pendukung

Nah dibawah ini data penunjang yang saya sertakan atau upload untuk pengajuan Visa Australia Untuk Freelance:

1. Financial Support

Tidak memakai surat referensi bank hanya pdf e-statement rekening tabungan 3 bulan terakhir (BCA bisa download online dari klikbca) sampai transaksi yang sedang berjalan. Krn transaksi terakhir belum genap sebulan, jadi belum keluar pdf nya akhirnya saya ambil dari mutasi berjalan dan screencapture per halaman dari hp. Saya buatkan file pdf terpisah e-statement per bulan dan setiap file nya dikasih caption : “BCA E-Statement Januari, Februari dst sampai April.” Sengaja hanya pakai satu rekening untuk aplikasi sekeluarga yaitu rekening saya saja karena transaksi usaha sebagian besar ada di rekening itu.

Sebenarnya dalam 3 bulan, dana mengendap di rekening saya tidak stabil, naik turun bahkan saldo terendah pernah dibawah 5 juta tapi traffic keluar masuknya lumayan aktif. Tambahan lain: Foto Credit Card (tampak depannya saja), penting juga sertakan foto statistik/report hasil penjualan kita selama 1-3 bulan terakhir (biasanya online seller punya detail report penjualan dari website marketplace tempat mereka berjualan, di screen capture saja dan lampirkan).

2. Employment Statement Letter (Surat keterangan kerja)

Ini sangat penting. Saran : Buat di word dengan kop surat memakai logo usaha/bisnis kita sendiri. Seluruh pernyataan saya ketik dalam bahasa Inggris dan isinya menyatakan bahwa saya dan suami (sertakan nomer paspor dan tanggal lahir) adalah pemilik usaha atas nama brand Hav****t, dengan detail usaha yang bergerak dibidang handicrafts serta secara singkat menjelaskan bentuk usaha dan sejak kapan usaha tersebut berjalan.

Sertakan website usaha (kalau ada) atau alternatif bisa juga link marketplace tempat kita jualan online. Surat pernyataan cukup satu halaman saja singkat padat jelas dan diakhiri dengan statement kalau keterangan diatas benar dan dapat dipertanggung jawabkan dan berjanji bahwa kami tidak akan menyalahgunakan visa dan akan kembali lagi ke Indonesia. Akhir surat diakhiri dibawahnya dengan nama lengkap dan posisi ditulis sebagai ‘Owner’. Kurang lebih seperti itu dan saya tidak menyertakan materai atau tanda tangan.

3. Itinerary dan Program

Saya buat disusun rapi di word kegiatan apa saja setiap harinya secara singkat dari keberangkatan sampai pulang (intinya sih mengarang bebas, saya belum yakin mau berkegiatan apa di Australia jadi ambil contoh itinerary singkat dari google). Note: Tiket pesawat saya lampirkan (ini tidak wajib) karena sudah tergoda beli pas promo Gledek Petir menyambar jadi saya sertakan pdf tiket asli. Bookingan hotel saya book dari Agoda dan Booking.com yang statusnya free cancellation. Begitu visa didapat saya batalkan semua dan sesuaikan akomodasi dengan actual plan saya.

4. Group List

Cukup buatkan table nama peserta yang berpergian lengkap dengan data paspor dan tgl lahir masing-masing.

Apakah perlu SIUP dan NPWP?

Saya tidak menyertakan SIUP / NPWP. Tidak masalah untuk case saya tapi ada baiknya bisa disertakan juga untuk melengkapi berkas.

1. Supaya meyakinkan, sebagai data dan bukti bukti penunjang, saya sertakan foto-foto prodak kami supaya mrk punya gambaran jenis usaha apa yang kita kerjakan.

2. Karena jualannya semua berbasis online lewat marketplace bahkan lewat IG dan FB juga, jadi jangan ragu sertakan screencapture foto profile IG dan FB Page usaha kalian (kalau ada), juga kalau ada sertakan review review customer/ pembeli dari marketplace tempat kita jualan karena itu yang saya lakukan.

3. Alamat usaha ? Saya pakai alamat rumah sebagai detail alamat workshop nya. Biar meyakinkan lagi, saya upload foto ruang kerja kami sewaktu suami lagi asik lesehan di lantai sambil ngoprek orderan customer. 🤣

Saya baca-baca ada yang menyertakan bukti kepemilikan aset di Indonesia seperti rumah, kendaraan, dsb. Kalau saya hanya menyertakan file pdf surat keterangan dari sekolah anak saya (Letter of Acceptance) yang menyatakan anak saya masuk sekolah SD tahun ajaran 2019/2020 ini. Ini saya asumsikan sudah cukup sebagai salah satu alasan bahwa kami tidak akan overstay.

Harga Visa Australia

Sudah oke semua data saya review sekali lagi dan submit, membayar dengan cc sebesar Aud $141/orang. Boleh pakai cc sodara / kenalan kalau tidak punya cc atas nama sendiri.

Mereview teman teman yang posting sebelumnya, kebanyakan hasil status visa turis online didapat express dalam 1-5 hari kerja. Saya menunggu dua minggu lebih, tapi thanks God akhirnya terima surat cinta juga ♥️

Visa sudah ditangan, Juni kemarin akhirnya kami berangkat dan explore Australia selama 3 minggu (10 hari spesial dihabiskan untuk campervan roadtrip di Tasmania).

Puji syukur 3 tahun kedepan bisa irit biaya 4 orang kalau mau balik dan berlibur ke Aussie lagi karena di-granted untuk 3 tahun.

Semoga prosedur yang sama untuk para wirausaha kurang lebihnya berlaku untuk apply visa turis negara lainnya. Semangat yaa para pejuang visa, semoga aplikasi visa turis kalian juga disetujui 🙏🙏🙏

Foto sebagai pelengkap postingan sekaligus yang saya sertakan di aplikasi visa kami. Hidup entrepreneurs! 😁

***

Artikel Backpacker ke Hong Kong ini merupakan kiriman dari Tianri Viduari di group Backpacker International