10 Aktivitas Musim Dingin di Jepang Asyik dan Murah

Aktivitas Musim Dingin di Jepang

Musim dingin di Jepang emang menantang dan menuntut kita untuk beradaptasi, tapi ini bisa jadi pengalaman yang asyik banget buat kamu. Bayangin aja, Aktivitas Musim Dingin di Jepang suhunya bisa mencapai di bawah 10 derajat Celsius. Pastinya ini dingin banget buat kita yang biasanya tinggal di daerah tropis. Tapi bukan berarti banyak aktivitas asyik yang bisa kamu dapet di Jepang waktu musim dingin, lho. Liat aja di bawah ini!

10 Aktivitas Musim Dingin di Jepang Populer

1. Lihat pemandangan lampu-lampu jalan

Karena Jepang merupakan salah satu negara paling futuristk di dunia, ngga heran kalau lampu-lampu jalanannya aja keren banget. asyiknya, semua ini bisa kamu lihat secara gratis. Faktanya, adanya lampu-lampu ini udah jadi seperti kompetisi di antara distrik-distrik di Jepang. Setiap distrik menawarkan pemandangan yang semakin indah dari tahun ke tahun. Jangan lupa foto-foto yang banyak di sini! Baca: Musim Gugur di Jepang: Suasana Iklim, Spot Foto dan Pakaian Khas

2. Kulineran dengan menu berbeda dengan Indonesia

kuliner jepang

Jalan-jalan ngga akan pernah lengkap tanpa kulineran. Tapi kalau kamu pengen kuliner yang irit budget di musim dingin yang sekaligus bisa bikin kamu ngerasa hangat, cari aja makanan yang namanya Oden. Makanan ini seakan jadi primadona kalau lagi musim dingin di Jepang. Masih belum cukup? Aku saranin pergi ke restoran nabe, semacam all-you-can-eat. Puas-puasin deh, makan di sana. Baca: Daftar 4 Musim di Jepang dan Waktunya Lengkap

3. Sapporo Snow Festival

Sapporo Snow Festival

Ini adalah acara tahunan yang sudah terkenal di seluruh dunia. Di sini, kamu bisa ketemu patung salju tokoh-tokoh seperti Pokemon, Mario, bahkan Donald Trump. Selama lebih dari 70 tahun, festival ini berhasil menarik perhatian semua orang dari seluruh dunia.

Kalau kamu pengen ngerasain serunya acara ini, cepetan booking tiket dari jauh-jauh hari karena harga bakalan semakin naik kalau harinya udah deket. Di sana, jangan lupa cobain ramen khas Sapporo. Kamu ngga perlu takut kesulitan transportasi, karena semua daerah di Jepang punya sistem transportasi yang efisien banget.

4. Mandi di kolam uap air panas

Ini cocok banget buat kamu yang pengen coba lebih dengan penduduk asli Jepang Aktivitas Musim Dingin di Jepang. Cari pemandian (sento) yang bisa kamu temuin di mana-mana, atau cari penginapan yang menyediakan pemandian air panas pribadi. Menurut aku, harganya ngga menguras kantong dan pengalaman yang kamu dapet bakalan sebanding.

5. Berkunjung ke kuil

Karena musim dingin berarti udah deket sama tahun baru, kamu bisa sekalian ngerayain tahun baru ala Jepang – berkunjung ke kuil. Tapi jangan kaget kalau kuil yang populer bakalan rame banget. perayaan tahun baru di Jepang ngga meriah  seperti yang biasa kita lihat, tapi cenderung jadi momen kebersamaan keluarga.

Kalau mau ngeliat acara yang ngga bakal kamu lihat di belahan dunia lain, nonton aja Fox Parade di Oji Inari-Jinja, Tokyo. Topeng maupun face painting rubah adalah cara unik ngerayain tahun baru di Jepang. Baca: Musim Semi di Jepang: Suasana Iklim, Spot Foto, dan Tradisi Khas

6. Mendaki gunung dan lihat matahari terbit pertama

Gunung Fuji Saat Musim Dingin di Jepang

Kamu suka petualangan dan pengen coba sensasi mendaki gunung di tengah malam? Jangan takut buat coba, karena banyak orang di Jepang yang sepemikiran sama kamu. Di malam tahun baru, jalan menuju puncak Gunung Fuji lebih mirip kerumunan di stasiun kereta.

Menonton matahari terbit pertama kali punya sensasi tersendiri, meskipun kamu bakalan dikelilingi sama smartphone bertebaran di mana-mana. Aku saranin  buat booking tur dengan pemandu, biar kamu bisa sampai tujuan tepat waktu.

7. Mengusir roh jahat di acara Setsubun

Perjalanan ke Jepang ngga lengkap tanpa ikut paling ngga satu festival tradisional. Setsubun adalah festival yang diadakan sehari sebelum mulainya musim semi. Dalam festival ini, ada ritual bernama mamemaki yang bertujuan membuang hal-hal buruk dari tahun sebelumnya.

Di acara ini, kacang kedelai dilemparkan ke orang yang didandani sebagai setan sembari meneriakkan “Oni wa soto! Fuku wa uchi!” yang berarti “roh jahat pergi, keberuntungan datang!”. Tradisi ini sudah ada selama lebih dari 600 tahun. Tradisi ini adalah cara unik untuk mengakrabkan diri dengan satu sama lain. Buat kenang-kenangan, beli aja kantong kecil berisi kedelai, atau bahkan replike topeng roh jahat.

8. Belanja dengan harga miring

Yang dimaksud di sini bukan belanja di toko “100 yen”, tapi di toko retail terkemuka yang biasanya memangkas harga habis-habisan di penghujung tahun. Selain itu, ada hal menarik yang bisa kamu coba. Beli “fukubukuro” (kantong keberuntungan). Kamu ngga tau apa yang ada di dalamnya, tapi kamu bisa dapat barang senilai 3x lipat kalau sedang beruntung.

9. Kunjungi tembok salju yang paling terkenal di Jepang

Mungkin kamu udah pernah ngeliat pemandangan ini di internet. Ini adalah semacam jalan yang digali memotong salju dengan bantuan bulldozer dan GPS. Menurut aku, paling nyaman menuju tempat ini lewat jalan utama seperti Shinjuku, tapi selalu cek panduan wisata karena bisa saja terjadi macet.

10. Kunjungi Desa Shirakawago

Shirakawago adalah desa tradisional yang sangat indah,maka tak heran kalau tempat ini masuk dalam daftar warisan budaya dunia UNESCO. Tempat ini selalu menawarkan pemandangan yang indah di musim apa pun, tapi kamu bakal melihat yang paling indah saat musim dingin karena adanya salju putih bersih.

Itulah 10 hal yang bisa kamu coba ketika berkunjung Aktivitas Musim Dingin di Jepang.

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Musim_dingin

Kasih Tanggapanmu Dong