4 Musim di Jepang dan Bulan Terjadinya Serta Wisata Terbaik

Musim di Jepang dan Waktunya

Musim di Jepang ➤ Penjelasan tentang musim semi, panas, gugur, dingin di Jepang beserta bulan terjadinya disertai info wisata dan tempat wisata terbaik.

Ngomongin tentang travelling ke Jepang dan mengunjungi sejumlah wisata oke di sana, pasti gak ada habisnya. Karena Jepang punya banyak sekali tempat menarik yang wajib banget kamu kunjungi, Negara Jepang adalah salah satu destinasi favorit para pelancong di seluruh dunia. Tapi sebelum kamu merencanakan untuk pergi ke Jepang, ada baiknya kamu ketahui ada musim apa aja di sana.

Dengan mengetahui musim di jepang apa saja yang terjadi di Jepang dan bulan apa saja musim itu terjadi, maka itu akan memudahkan kamu untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk bepergian ke Jepang. Apalagi buat kamu yang belum pernah melihat keindahan bunga sakura bermekaran di Jepang, harus mencoba datang ke sana saat musim semi tiba.

Daftar 4 Musim di Jepang dan Bulan Terjadinya

Mari kita bahas satu per satu mengenai 4 musim yang ada di Jepang tersebut, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Musim Semi di Jepang

Suasana Musim Semi di Jepang
Suasana Musim Semi di Jepang

Musim semi di Jepang terjadi pada akhir bulan Maret sampai bulan April. Adalah bulan yang sangat baik dan pas untuk menikmati bunga sakura di Tokyo. Di musim semi ini juga biasanya orang-orang menjadi lebih nyaman dalam beraktivitas, karena cuaca dingin berkurang dan hawanya menghangat. Pohon cherry tersebut mekar di berbagai tempat di Jepang, dan bahkan di seluruh negeri. ( Baca: Musim Semi di Jepang: Suasana Iklim, Spot Foto, dan Tradisi Khas )

Menurut warga Jepang musim semi dan musim gugur adalah 2 musim yang cuaca dan hawanya sangat nyaman. Di kedua musim tersebut setiap orang bisa menikmati kehidupan, dengan menikmati bunga-bunga sakura ketika musim semi tiba. untuk mereka musim semi adalah waktunya untuk Hanami, yaitu melihat pohon Cherry yang sedang mekar.

2. Musim Panas di Jepang

Musim panas di Jepang terjadi pada bulan Juli sampai bulan Agustus. Biasanya festival musim panas diadakan di setiap sudut di Negara Jepang, selama bulan Juli dan bulan Agustus. Di festival musim panas tersebut, orang-orang akan berbaris dengan Omikushi atau kuil portabel yang ditaruh di pundak mereka. Ada juga yang disebut dengan Hanabi atau pesta kembang api.

Berdasarkan data dari badan metereologi di Jepang menyebutkan bahwa suhu pada musim panas di Jepang, bisa mencapai 27,6 celcius. Namun biasanya tingkat kelembapannya jauh lebih tinggi. Di musim panas ini ada yang namanya peristiwa musim panas, yang sering disebut dengan Natsu Matsuri atau festival musim panas.

3. Musim Gugur di Jepang

Musim Gugur di Jepang
ak5.picdn.net

Musim gugur di Jepang terjadi pada bulan November setiap tahun. Di bulan November di kota Tokyo, adalah waktunya daun-daun berguguran dan berubah warna menjadi merah dan kuning. Pegunungan dan jalan-jalan sekitarnya seperti dilukis dengan warna yang indah. Ada banyak acara budaya di gelar di musim gugur tersebut. Baca: Musim Gugur di Jepang: Suasana Iklim, Spot Foto dan Pakaian Khas

Hampir sama dengan musim semi, musim gugur di Jepang memiliki hawa dan udara yang nyaman. Panas dan kelembapannya turun, udara pun terasa lebih sejuk dan kering. Musim gugur sama menariknya dengan musim semi, para wisatawan berkumpul di provinsi Nara, Kyoto, dan Kota Nikko untuk menikmati keindahan musim gugur.

Jadwal Musim Gugur di Jepang

DaerahWaktu
KyushuAwal November-akhir November
ShikokuPertengahan November-awal Desember
 ChugokuAwal November-akhir November
KansaiAwal November-awal Desember
ChubuAkhir Oktober-awal Desember
KantoAkhir Oktober-awal Desember
TohokuAwal Oktober-awal November
 HokkaidoAkhir September-akhir Oktober

4. Musim Dingin di Jepang

Musim dingin di Jepang terjadi pada bulan Desember. Di bulan Desember suhu udara naik dengan cepat dan salju pun berjatuhan. Simbol utama dari musim dingin adalah munculnya salju, wow salju menjadi hal yang bikin exicited bagi para traveller yang datang ke Jepang di musim dingin. Suhunya bisa sampai menetap di titik beku, beberapa daerah seperti Hokuriku, Tohoku dan Hokkaido biasanya turun banyak salju. Baca: 10 Aktivitas Musim Dingin di Korea Murah dan Wajib Dicoba

Di daerah Tohoku dan Hokuriku tersebut salju bisa sangat tebal dan meninggi hingga beberapa meter. Sedangkan di sisi pasifik, biasanya salju tidak terlalu banyak, cuaca cerah tetapi udara tetap dingin. Kamu bisa menentukan destinasi sesuai dengan yang kamu inginkan.

Tempat Wisata Terbaik di Jepang

Selain musim, lalu bagaimana dengan tempat wisatanya, ada beberapa tempat yang tidak boleh kamu lewati setiap kali kamu datang ke negeri Sakura ini. Diantaranya yaitu :

1. Universal Studio Jepang

Sebuah taman bermain yang unik, seru dan menyenangkan di Jepang, cocok buat kamu yang datang dengan keluarga dan anak-anak kecil. Ada banyak atraksi menarik di sini salah satunya yaitu wahana yang bertema film seperti Amazing Adventures Of Spiderman, Hollywood Dream, Harry Potter dan Forbiden Journey.

2. Tokyo Tower

Orang bilang belum sah rasanya kalau ke Jepang tapi tidak mengunjungi Tokyo Tower, dari sini kamu bisa melihat pemandangan kota yang spektakuler. Bangunan yang ikonik ini memiliki tinggi mencapai 333 meter. Fungsi utama Tokyo Tower ini adalah sebagai pemancar TV analog, lokal digital dan juga radio.

3. Odaiba

Destinasi wisata di Jepang yang paling menarik dan lengkap adalah Odaiba, di sini terdapat banyak atraksi seru seperti wahana permainan, onsen, tempat kuliner, tempat belanja, tempat pameran, museum, dan lain sebagainya. Kalau kamu berkesempatan datang ke Odaiba, jangan lupa berfoto di depan patung Gundam raksasa ya.

4. Miraikan

Tempat wisata lainnya yang menarik yaitu Miraikan, yaitu Museum Nasional Sains dan Teknologi yang sangat menarik. apalagi ada pertunjukkan robot Asimo yang canggih dan keren.

Demikian artikel tentang Musim di negara Jepang dan Waktunya. Jika ada kesalahan atau saran, silakan berikan di kolom komentar.

Kasih Tanggapanmu Dong