4 Musim di India

4 Musim di India Beserta Destinasi Wisata Terfavorit

India secara umum mempunyai 4 musim, namun ia termasuk negara yang mempunyai iklim tropis seperti halnya Indonesia. Tak heran jika beberapa orang menyebutnya bahwa India bisa juga mengalami 5 musim dalam satu tahun. Masing-masing mempunyai kondisi tersendiri, khususnya dalam hal suhu atau cuaca. Bahkan 4 musim di India bisa mempengaruhi perjalanan wisata Kamu saat berlibur.

Baca juga:Musim di Arab Saudi Serta Penjelasan dan Tempat Wisata

Musim di India

1. Musim Panas

Musim Panas

Musim panas di India berlangsung selama bulan Mei-Juni. Suhunya bahkan bisa mencapai 45 derajat celcius dan itu sangat panas bagi warga Indonesia. Saat berlaangsung musim panas, matahari akan menampakkan dirinya sangat lama, tidak seperti di Indonesia. Matahari bahkan baru tenggelam pada jam setengah 8 dan terbit sejak jam .

Hal itu bisa menjadi keuntungan bagi Kamu yang berkunjung ke India untuk berwisata yaitu Kamu jadi lebih lama dalam menikmati keindahan alam dan jalan-jalan di alam terbuka. Masyarakat India selalu merayakan dan menyambut musim panas dengan berbagai jenis festival, dimana masing-masing wilayah berbeda seperti Gangaur, Baisakhi, Chitirai, hingga Festival Musim Panas Shimla.

Berikut aku sajikan beberapa tempat wisata yang pas untuk dikunjungi waktu musim panas:

a. Taj Mahal

Merupakan bangunan yang menyerupai masjid dan dibangun selama 22 tahun oleh perintah Raja Shah Jahan sebagai persembahan kepada istrinya, Mumtaz Mahal. Bisa dikatakan bahwa bangunan ini sebagai monument, museum dan tentu saja destinasi wisata khas India.

b. Pantai Goa

Merupakan pantai yang banyak dikunjungi turis yang letaknya menghadap ke Laut Arab. Di sini ada banyak sekali pantai yang bisa Kamu kunjungi seperti Agonda Beach, Calangote Beach, dan Salcete Beach yang sudah dilengkapi dengan penginapan serta spa.

Baca juga: 4 Musim di Taiwan dan Bulan Terjadinya Serta Festival

2. Musim Dingin

Musim Dingin di India

Musim dingin umumnya terjadi sejak Desember sampai Februari. Suhunya bisa mencapai 0 derajat celcius dan itu sangat dingin bagi warga Indonesia. Musim dingin di India Selatan ini tidak sampai memicu turunnya salju dan hanya muncul kabut tebal, khususnya pada pagi hari. Namun India bagian utara bisa terguyur oleh hujan salju sebagaimana di Eropa.

Masyarakat India selalu menyambut datangnya musim dingin dengan berbagai festival lokal maupun internasional. Mayoritas festival yang dilakukan bersifat lokal dan dilakukan di beberapa tempat bersejarah serta alam terbuka. Adapun festival tersebut seperti Rann Ustav, Hornbill, dan Kochi Muziris.

Lalu dimana tempat yang cocok Kamu kunjungi saat musim dingin? Berikut adalah referensinya:

a. Khasmir

Merupakan tempat yang berada di perbatasan India dan Pakistan. Di sini Kamu akan menemukan salju yang menumpuk saat musim dingin tiba. Tentu saja bisa menikmati beberapa permainan seperti sky, naik kereta gantung, hingga pergi ke Danau Dal yang indah.

b. Auli

Terletak di wilayah Uttarakhad yang selalu tertutup oleh salju saat musim dingin tiba. Di sini terdapat banyak spot menarik dan menakjubkan seperti di Nanital dan Binsar.

3. Musim Gugur

Musim Gugur

Musim gugur berlangsung selama bulan September-November. Musim gugur di India umumnya berbeda dengan yang ada di Eropa. Hal itu terlihat dari beberapa pepohonan tampak segar dan masih berdaun hijau. Udara pun sangat sejuk dan segar, sehingga akan membuat Kamu betah di sini.

Saat musim gugur tiba, masyarakat India banyak yang merayakannya dengan festival Diwali. Seperti yang Kamu ketahui festival ini sangat terkenal, dilakukan dengan cara menyalakan lilin, minyak lampu, kembang api, hingga berkunjung ke rumah saudara. Tujuannnya untuk menyambut musim gugur agar tetap terlindungi pula.

Baca juga: Musim Gugur di Jepang: Suasana Iklim, Spot Foto dan Pakaian Khas

Lalu dimana saja tempat yang cocok untuk Kamu kunjungi saat musim gugur tiba? Berikut adalah pilihannya:

a. Lembah Dzuko

Terletak di negara bagian Nagaland yang berupa hamparan pegunungan dan lembah yang sangat luas serta banyak bunga lili bermekaran. Lokasi wisata ini menyguhkan pemandangan yang luar biasa yaitu perpaduan warna hijau dan putih, dimana Kamu bisa mengabadikannya dengan kamera ponsel.

b. Sudarbans

Terletak di selatan di delta Bengali. Ia merupakan hutan bakau terbesar di dunia. Di sini terdapat beberapa jenis binatang seperti burung, harimau, hingga buaya. Namun, juga menawarkan pemandangan yang menarik, khususnya pada saat senja pagi maupun sore.

4. Musim Semi

Musim Semi

Musim semi di India umumnya berlangsung sejak Maret hingga April. Udaranya sangat sejuk dan di beberapa tempat menyajikan pemandangan yang begitu indah, seperti halnya bunga lili yang banyak bertebaran di Lembah Dzuko. Pemandangan semacam itu bisa Kamu temui di pegunungan hingga hutan.

Saat musim semi ini rata-rata suhu di India tidak begitu dingin dan itu bersahabat bagi warga Indonesia, terlebih jika sudah sangat mendekati waktu musim semi. Namun, mulai banyak pepohonan yang memunculkan daunnya kembali, sehingga tampak berwarna-warni. Karena itu, masyarakat India sering merayakannya dengan festival Holi.

Adapun destinasi wisata yang pantang kamu lewatkan saat berkunjung ke India pada musim semi adalah:

a. Valley of Flowers

Terletak di dataran tinggi Himalaya yang menyajikan pemandangan alam sangat menakjubkan. Kamu bisa melihat lebih dari 500 spesies bunga yang bermekaran serta berwarna-warni. Suatu pemandangan yang belum tentu ada di Indonesia.

a. Himachal Pradesh

Merupakan tempat yang dekat dengan Himalaya yang menawarkan pemandangan alam sangat lengkap mulai dari pegunungan, Shimla, dan Manali.

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/India