4 Musim di China dan Tempat Wisata Paling Populer

4 Musim di China

China adalah negara yang kaya akan budaya, namun bisa tetap mempertahankan tradisi seiring dengan perkembangan zaman. Ngga heran, makin banyak orang yang memilih China sebagai tempat liburan. Dengan 4 musim, kamu perlu tahu apa yang paling asyik dilakukan per musimnya sehingga kamu bisa membawa perlengkapan yang tepat. Siap merencakan liburan kamu ke musim di China? Simak panduan di bawah ini!

Musim di China dan Tempat Wisata Wajib Dikunjungi

Musim Semi di China

Suasana Musim Semi di China
trover.com

Di bulan-bulan musim semi di China (April dan Mei), suhu di seluruh penjuru China naik dengan cepat dari hari ke hari. Namun, bisa juga terjadi perubahan suhu yang drastis antara siang dan malam. Cuaca saat musim semi cenderung kering. Meskipun bukan waktu terbaik untuk berkunjung ke China, kamu tetap bisa kok jalan-jalan asyik di musim semi. Baca: Musim Semi di Jepang: Suasana Iklim, Spot Foto, dan Tradisi Khas

  1. Rayakan Sister’s Meal Festival dengan Suku Miao

Festival ini adalah salah satu dari dua festival terpenting yang dirayakan oleh etnik minoritas Miao di China Selatan. Sekitar tanggal 21 hingga 23 April, kamu bisa melihat pakaian tradisional berwarna warni, ornament perak, adu banteng, balap kuda, serta mendengar musik tradisional lu sheng.

  1. Rayakan festival pemercikan air bersama Suku Dai

Festival pemercikan air adalah festival paling penting bagi orang etnis Dai di perbatasan Thailand. Beberapa yang bisa kamu lihat di acara ini adalah lomba perahu naga, “memandikan” patung Buddha, serta saling memercikkan air di jalanan. Kalau ingin melihat acara ini, pergilah ke daerah Jinghong di minggu kedua Bulan April.

  1. Hiking di sepanjang Sungai Li

Sungai Li di Guilin adalah salah satu pemandangan paling indah di China, serta paling cocok dinikmati saat musim semi. Ladang di pinggir sungai penuh dengan bunga. Hiking adalah cara terbaik kalau kamu ingin menikmati pemandangan tanpa melewatkan apa pun.

  1. Saksikan bunga bermekaran di Beijing

Bunga di taman-taman Beijing mekar dengan paling indah di musim semi. Beberapa jenis bunga yang bisa kamu lihat adalah magnolia dan lilac. Bahkan, pemandangan ini ngga kalah bagusnya sama sakura yang ada di Jepang.

 

Musim Panas di China

Suasana Musim Panas di China
Pixabay

Musim panas di China yang berlangsung bulan Juni hingga Agustus terasa panjang, panas, serta banyak terjadi hujan. Kecuali di daerah dataran tinggi, rata-rata suhu di siang hari pada musim panas berada di atas 24 derajat Celsius. Walaupun panas, sering juga turun hujan. Sangat wajar jika ada badai di musim panas, dan ini bisa terjadi tiba-tiba. Makanya, aku sarankan untuk membawa payung atau jas hujan.

  1. Resor pegunungan Chengde

Ini adalah salah satu resor paling terkenal di China. Resor ini dulunya dibangun bagi para anggota keluarga kerajaan untuk menikmati musim panas. Di kawasan ini, suhu bisa 3 hingga 5 derajat lebih rendah dari di perkotaan. Kalau kamu benar-benar ngga tahan dengan panasnya jalanan, lebih baik mampir ke tempat ini.

  1. Provinsi Yunnan

Provinsi Yunnan adalah tujuan wisata yang ideal kalau kamu pergi ke China saat musim panas. Karena ketinggiannya 2000 mdpl, Yunnan memiliki suasana seperti musimsemi sepanjang tahun. Di sini kamu bisa menelusuri budaya etnik, pemandangan dataran tinggi yang luar biasa, serta alam yang belum terjamah.

  1. Zhangjiajie National Forest Park

Mungkin kamu pernah melihat pemandangan ini di film Avatar, karena Hallelujah Mountains di film itu terinspirasi dari bagian taman ini yang bernama Heavenly Pillar. Zhangjiajie terkenal dengan pemandangan alam yang masih asri, serta promosi dari pemerintah menjadikannya semakin terkenal. Adanya pepohonan yang rindang di sini bakal bikin kamu merasa sejuk.

  1. Guizhou

Daerah Guizhou yang terletak di China Barat Daya dewasa ini makin terkenal karena bisa menjadi tujuan wisata saat cuaca sedang panas-panasnya. Walau kebanyakan daerah di China menghadapi panas terik, Guiyang tetap sejuk. Bahkan kamu mungkin bakalan perlu selimut di malam hari.

  1. The Golden Summit

Gunung Emei di Provinsi Sichuan terkenal sebagai tujuan wisata di musim panas karena cuaca yang tetap sejuk. Di sini, kamu bisa lihat pepohonan tua, air terjun, dan banyak kuil Buddha. Di gunung ini, suhunya bervariasi di setiap bagiannya. Aku nyaranin banget ke sini, kalau kamu mau wisata yang tetap nyaman di tengah panasnya China.

 

Musim Gugur di China

Suasana Musim Gugur di China
Pixabay

Musim yang berlangsung dari September hingga Oktober ini mungkin adalah musim paling menarik untuk kamu kunjungi. Di musim gugur, buah dan sayuran sedang dipanen. Aku saranin, bawa aja baju-baju yang nyaman dan ringan. Siapkan juga jaket atau baju lengan panjang.  Sebenernya kamu bisa ke mana aja di musim gugur karena cuacanya mendukung, tapi di bawah ini adalah tempat-tempat yangpaling aku rekomendasiin. Baca: Musim Gugur di Jepang: Suasana Iklim, Spot Foto dan Pakaian Khas

  1. Melihat pohon maple

Fragrant Hills Park punya daun maple merah terbaik di China. Yang paling indah adalah saat bagian-bagian pohon kering pada waktu yang beda. Pepohonan pun kelihatan seperti kanvas, dengan warna hijau, kuning, dan merah yang berdampingan. Selain itu, kamu juga bisa coba mengunjungi Gunung Yudu, Kuil Hongluo, dan Gunung Wuling.

  1. Tembok besar China

Tempat wisata yang udah terkenal ini dipagari pepohonan, jadi kamu bisa menyusurinya sambil memandangi daun yang sedang berubah warna. Kamu sebaiknya pergi ke bagian Mutianyu atau Jinshanling kalau mau foto terlihat bagus tanpa kerumunan orang.

  1. Huangshan (Pegunungan kuning)

Deretan pegunungan ini bakal kelihatan bagus banget di musim gugur. Selain pepohonan yang daunnya berubah warna, kamu juga bisa nikmatin matahari terbit, bebatuan yang unik, air terjun, dan pohon pinus yang bentuknya ngga biasa. Karena banyaknya unsur alam di Huangshan, ngga heran kalau tempat ini dijuluki salah satu pegunungan terindah di China.

  1. Melihat bayi panda di Chengdu

Bayi panda biasanya lahir di bulan Agustus, kalau kamu pengen lihat yang lucu-lucu, maka kamu wajib ke Chengdu di musim gugur. Kalau mau, kamu juga bisa jadi relawan sehari di Dujiangyan Panda Base.

 

Musim Dingin di China

Suasana Musim Dingin di China
CHRISTINA PFEIFFER YOUTUBE CHANNEL

Musim dingin di China terjadi pada bulan Desember hingga Februari, ngga main-main. Pasalnya, suhu bisa mencapai di bawah 0 derajat Celsius. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa kok nikmatin berbagai pengalaman seru di musim dingin. Baca: 4 Musim di Eropa dan Bulannya Beserta Keterangan

  1. Yonghegong Lama Temple

Meskipun banyak area dari tempat ini yang ngga dibuka untuk umum, tapi aku sempat merasakan suasana dan indahnya kuil ini. Kamu juga ngga boleh ngelewatin kesempatan ini. Aku saranin ikut tur dengan pemandu, biar kamu tahu apa yang bisa dilihat di sana.

  1. Harbin City

Kota ini mengadakan festival patung salju terbesar di musim dingin. Kalau mau lihat festival ini secara menyeluruh, datang aja sebelum tanggal 5 Januari. Tapi kalau mau datang sebelum itu juga ngga masalah, karena patung-patung udah mulai ada sejak Bulan Desember.

  1. Ski resort

Musim di China memang bukan tempat ski paling terkenal, tapi nyatanya banyak banget tempat ski di sini. Dari yang dekat ibukota sampai di pinggiran, kamu bisa nemuin resor ski di mana-mana. Beberapa resor ski yang aku rekomendasiin adalah Yabuli, Nanshan, dan Xiling.

Referensi musim di China: https://id.wikipedia.org/wiki/Beijing

Kasih Tanggapanmu Dong